Gadget

Masih Belum Aktif, Android 12 Bawa Fitur Pencarian Sistem

Pengguna baru dapat mengakses fitur pencarian sistem ini pada menu pencarian aplikasi dan widget.

Amelia Prisilia

Android 12. (Google)
Android 12. (Google)

Hitekno.com - Mengikuti keinginan penggunanya, Android 12 dikabarkan membawa fitur pencarian sistem pada perangkat-perangkat yang digunakan. Masih belum aktif dan terus digarap hingga masuk versi final, kapan pengguna dapat mencicipi sistem operasi baru ini?

Hingga saat ini, pengguna baru dapat mengakses fitur pencarian sistem ini pada menu pencarian aplikasi dan widget. Sedangkan pencarian di homescreen dapat dilakukan dengan menggunakan fitur pencarian yang lama.

Dilansir dari GSM Arena, pada folder aplikasi, pengguna Android 12 akan menemukan keyboard untuk mengetik dan mencari berbagai hal yang ingin diketahui secara mudah dan praktis.

Fitur pencarian sistem di Android 12 ini menampilkan pintasan aplikasi dan orang, kontak lengkap dengan percakapan yang ada, pengaturan, tips dan sejumlah kontrol lainnya yang memudahkan penggunaan.

Untuk pengguna Android 12 yang tidak ingin mengakses seluruh sistem pencarian yang ditampilkan, pengguna bisa langsung menonaktifkan beberapa kategori yang muncul di laman tersebut.

Android 12. (Google)
Android 12. (Google)

Kehadiran fitur pencarian sistem pada Android 12 ini menunjukan bahwa Google terus berinovasi untuk mengembangkan sistem operasi bentukannya ini. Sayangnya, sebelum fitur ini hadir, pengguna harus sangat bersabar hingga versi final diperkenalkan.

Fitur pencarian sistem ini sebelumnya disematkan oleh Apple pada deretan perangkatnya yang bekerja dengan dukungan iOS. Mengaplikasikan fitur yang sama, kini Google mendatangkan fitur pencarian sistem tersebut ke Android 12 yang hadir dengan sejumlah peningkatan.

Masih digarap oleh Google, fitur pencarian sistem yang ada di Android 12 ini akan terus dikembangkan guna menghadirkan fitur sempurna yang memanjakan pengguna Android nantinya. Nantikan hingga ada konfirmasi resmi mengenai perilisan Android 12 ini ya.

Berita Terkait