Gadget

5 Tips Memilih HP untuk Main Game, Cari Mana yang Cocok

Ini salah satu HP untuk main game yang menarik.

Agung Pratnyawan

Oppo Reno6. (Oppo Indonesia)
Oppo Reno6. (Oppo Indonesia)

Hitekno.com - Sedang cari smartphone gaming yang cocok untuk menemani keseharian? Ponsel cerdas saat ini memang mengalami perkembangan yang signifikan. Termasuk HP untuk main game mana yang cocok.

Oppo Indonesia melalui rilisnya membagikan tips untuk memilih HP untuk main game yang cocok untuk kamu.

Tidak hanya digunakan untuk mengakses layanan streaming dan media sosial saja, smartphone juga dijadikan sebagai sarana untuk bermain game. Mulai dari game ringan, game dengan grafis menarik hingga game berat kini mulai jamak dimainkan para gamer di perangkat smartphone.

Namun permasalahan yang sering terjadi adalah pengguna abai dengan kemampuan perangkatnya. Tanpa memperhatikan spesifikasi hardware yang ada, smartphone seringkali dipaksa untuk menjalankan game berat.

Tentu saja hasilnya akan mengecewakan dan justru membuat gawainya cepat rusak. Untuk bisa menikmati akses bermain game secara lancar, kencang, dan tanpa terjadinya lag, kamu membutuhkan jenis smartphone yang memiliki spesifikasi memadai dan fitur pendukung untuk bermain game.

Tentunya, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dalam memilih smartphone yang mumpuni untuk bermain gaming. Kamu tidak perlu harus membeli ponsel khusus gaming namun perhatikan spesifikasinya cukup mendukung untuk beragam game kekinian.

Sebagai contoh perangkat Oppo Reno6 yang sebenarnya mengunggulkan fitur kamera sebagai kekuatan utama, ternyata juga bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk mendukung aktivitas mobile gaming.

Oppo Reno6. (Oppo Indonesia)
Oppo Reno6. (Oppo Indonesia)

Perangkat Oppo Reno6 membawa sejumlah fitur gaming yang menarik dan fungsional seperti berikut ini:

1. Quick Start Up

Fitur ini untuk mempersingkat waktu pemuatan game. Pengguna tidak perlu membuka lagi game dari jendela publisher atau pemuatan ulang data game karena Quick Startup mampu merekam permintaan untuk menyimpan game favorit hingga lebih dari 48 jam.

Dampaknya, acara nge-game pun akan makin lancar dan cepat. Biasanya fitur ini sangat cocok digunakan bagi pemain game PUBG: Battlegrounds dan sejenisnya.

2. Bullet Screen Message

Fitur ini membantu kamu untuk tetap berkonsentrasi ke game yang sedang berlangsung tanpa terganggu oleh notifikasi chat yang muncul secara tiba-tiba. Bullet Screen Message ini dapat menyamarkan notifikasi chat menjadi teks berjalan di layar dengan tampilan transparan agar tidak mengganggu jalannya permainan.

Sistem akan secara otomatis mengubah bubble chat seperti chat atau komentar di live stream menjadi teks transparan yang berjalan di layar dari arah kanan ke kiri. Sejumlah aplikasi chatting dan perpesanan pun sudah mendukung fitur ini seperti SMS, WhatsApp, Line, Messenger, dan Telegram.

3. Game Floating Window

Fitur ini cukup berguna bagi kamu yang ingin bermain game namun tetap ingin membuka aplikasi lain di saat bersamaan. Selain itu, kemampuan uniknya yakni bisa mengecilkan tampilan game akan membantu pengguna untuk bisa mengakses aplikasi lain di latar.

Dengan fasilitas multitasking ini, pengguna bisa melakukan kegiatan lain seperti mengecek media sosial atau sekadar berselancar internet di saat game sedang berjalan.

4. Game Focus Mode

Fitur yang sangat mendukung aktivitas gaming di Oppo Reno6 yang telah bersistem ColorOS 11.1 adalah hadirnya Game Focus Mode. Adanya mode ini memungkinkan pemain untuk berkonsentrasi hanya ke permainan.

Saat mode aktif, maka semua fungsi seperti notifikasi, navigasi, telepon masuk, setelan, bahkan Game Assistant akan diblok oleh sistem. Pemain akan terbebas dari segala gangguan dan smartphone pun akan terasa seperti sebuah konsol khusus untuk gaming.

5. Kapasitas Memori Ideal

RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory) atau sering disebut memori internal menjadi hal yang tidak kalah penting untuk dipertimbangkan saat memilih sebuah smartphone gaming.

Pasalnya, beberapa game terbaru mewajibkan smartphone memiliki ukuran memori cukup besar dan ditambah file-file update yang membutuhkan ruang penyimpanan lebih besar.

Oppo Reno6 memiliki RAM 8GB LPDDR4X dan penyimpanan 128GB UFS 2.1, serta teknologi RAM Expansion, yang memungkinkan sebagian penyimpanan internal untuk digunakan sebagai memori jangka pendek apabila kapasitas RAM habis.

Pada dasarnya, RAM 8GB pada Oppo Reno6 dapat dilengkapi dengan tambahan pilihan memori 2GB/3GB/5GB saat dibutuhkan. Meski sebagian memori dialihkan, beberapa aplikasi yang dibuka bersamaan di Oppo Reno6 tetap bisa berjalan dengan lancar tanpa kendala lag.

Itulah tips memilih HP untuk main game menurut Oppo Indonesia yang memudahkan kamu.

Berita Terkait