Gadget

Cara Mematikan Autocorrect di iPhone Agar Tidak Mengganggu

Begini cara mematikan autocorrect di iPhone

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi iPhone dengan jaringan 5G. (unsplash/Frederik Lipfert)
Ilustrasi iPhone dengan jaringan 5G. (unsplash/Frederik Lipfert)

Hitekno.com - Chatting merupakan hal yang sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan di era digital seperti sekarang. Saat melakukan chatting kamu pasti pernah mengalami salah ketik atau typo. Tak sedikit kasus salah ketik ini karena perubahan teks secara otomatis dari smartphone.

Itu artinya fitur autocorrect pada smartphone kamu masih dalam keadaan aktif. Autocorrect atau yang kadang disebut autotext merupakan sebuah fitur yang hadir pada perangkat iOS, guna mengoreksi kata yang salah ketik.

Tetapi fitur ini mungkin akan menjadi pengganggu ketika kamu ingin mengetikan kata sendiri dan tidak ada pada daftar bahasa iOS. Terlebih jika kamu terbiasa mengetik kata-kata pendek atau sebuah singkatan. Cara mematikan autocorrect di iPhone menjadi solusi yang tepat. Berikut cara mematikan autocorrect di iPhone yang HiTekno.com rangkum dari Apple Support.

Ilustrasi iPhone. (unsplash/Bagus Hernawan)
Ilustrasi iPhone. (unsplash/Bagus Hernawan)

Cara Mematikan Autocorrect di iPhone
• Cara mematikan autocorrect di iPhone pertama, masuk ke 'Settings' dan pilih menu 'General'
• Dalam menu 'General', pilih opsi 'Keyboard' dan gulir laman ke bawah hingga terdapat opsi 'Auto-Correction'
• Kamu dapat mengetuk opsi tersebut untuk segera menonaktifkan fitur Autocorrect pada keyboard.

Menggunakan Teks Prediktif

Dengan teks prediktif, kamu dapat menulis dan menyelesaikan seluruh kalimat hanya dengan beberapa ketukan. Saat sedang mengetik, kamu dapat melihat pilihan kata dan frasa yang mungkin akan kamu ketik selanjutnya, berdasarkan percakapan kamu sebelumnya, gaya penulisan, dan bahkan situs web yang kamu kunjungi di Safari.
Untuk menyalakan atau mematikan teks prediktif, sentuh dan tahan ikon emoji atau ikon bola dunia. Ketuk Pengaturan Papan Ketik, lalu nyalakan Prediktif. Atau, buka Pengaturan > Umum > Papan Ketik, lalu nyalakan atau matikan Prediktif.

Mengatur Penggantian Teks

Dengan penggantian teks, kamu dapat menggunakan pintasan untuk mengganti frasa yang lebih panjang. Jika kamu memasukkan pintasan pada kolom teks, frasa akan otomatis menggantikannya. Misalnya, Anda dapat mengetik "GM", dan "Good Morning" (Selamat Pagi) akan secara otomatis menggantikannya.

Untuk mengelola penggantian teks, ketuk Pengaturan > Umum > Papan Ketik > Penggantian Teks. Untuk menambahkan penggantian teks, ketuk ikon tambah, lalu masukkan frasa dan pintasan. Setelah selesai, ketuk Simpan. Untuk menghapus penggantian teks, ketuk Edit, ikon hapus lalu Hapus. Untuk menyimpan perubahan, ketuk Selesai.

Bagaimana mudah bukan? Dengan dimatikannya fitur autocorrect berarti iPhone kamu tidak akan lagi memperbaiki kesalahan mengetik. Keputusan mematikan fitur autocorrect memang tepat, terutama bagi kamu yang sering menulis dalam bahasa slang atau berbeda. 

Kontributor: Afifah Cinthia Pasha

Berita Terkait