Gadget

Peran Penting Data Scientist di Tokopedia, Apa Tugasnya?

Muhammad Chaerul Ismi berbagi kisah mengenai pekerjaannya selama ini sebagai Senior Data Scientist Tokopedia.

Amelia Prisilia

Upaya Tokopedia Dukung Talenta Digital Indonesia. (Tokopedia)
Upaya Tokopedia Dukung Talenta Digital Indonesia. (Tokopedia)

Hitekno.com - Sebagai rangkaian dari Tokopedia START Summit 2021, Tokopedia menghadirkan virtual media group interview bersama sejumlah media. Duduk bersama tim HiTekno, Muhammad Chaerul Ismi selaku Senior Data Scientist Tokopedia.

Dalam interview dengan tim HiTekno, Muhammad Chaerul Ismi berbagi kisah mengenai pekerjaannya selama ini sebagai Senior Data Scientist di salah satu e-commerce terbesar di Indonesia, Tokopedia.

Sebagai seorang Senior Data Scientist di Tokopedia, Muhammad Chaerul Ismi memiliki tugas penting untuk menghasilkan inovasi yang dapat memperkuat sistem dan bisnis yang ada di e-commerce ini.

Salah satu inovasi penting yang menjadi tugasnya sebagai Senior Data Scientist terkait dengan melakukan rangking model pada deretan produk yang relevan dengan kebutuhan penggunanya.

Ranking model di Tokopedia jelas saja sangat berkaitan erat dengan sistem rekomendasi yang terbagi dalam dua tahap yaitu pencocokan atau mixing dan rangking.

Tokopedia Play. (Tokopedia)
Tokopedia Play. (Tokopedia)

Untuk menampilkan hasil yang diinginkan oleh pengguna, seorang Senior Data Scientist perlu menciptakan sistem yang dapat digunakan untuk melakukan pencocokan atau mixing sebelum kemudian menampilkan produk-produk sesuai rangking yang ada.

Diakui oleh Muhammad Chaerul Ismi, proses rangking di Tokopedia ini mengacu pada kebiasaan pengguna saat menggunakan e-commerce tersebut.

Sebagai seorang Senior Data Scientist, dirinya juga kerap kali mengalami sejumlah kendala. Namun, kendala-kendala ini dapat ditangani dengan menggunakan data-data yang ada sebelumnya.

Muhammad Chaerul Ismi, Senior Data Scientist Tokopedia. (Tokopedia)
Muhammad Chaerul Ismi, Senior Data Scientist Tokopedia. (Tokopedia)

Usai memahami mengenai market place Tokopedia, seorang Senior Data Scientist perlu mencari solusi dengan menggunakan tools yang ada. Sebagai informasi, total data yang dikelola di Tokopedia mencapai 550 juta produk dan 100 juta user.

Inovasi terbaru yang baru saja didatangkan oleh tim Data Scientist Tokopedia adalah dengan menghadirkan fitur yang memungkinkan seller untuk mengatur review dari buyer di kolom ulasan.

Tim Data Scientist di Tokopedia juga berperan penting dalam melakukan kurasi produk palsu yang belakangan ini menjadi sorotan pemerintah dan masyarakat.

Ilustrasi Tokopedia. (Tokopedia)
Ilustrasi Tokopedia. (Tokopedia)

Mengenai kebocoran data yang selama ini ditakutkan, Muhammad Chaerul Ismi mengaku jika hal tersebut sangat bertentangan dengan prinsip Tokopedia yang berbasis kepercayaan.

Mengenai profesi pekerjaan ini, Muhammad Chaerul Ismi menyebut bahwa kebutuhan Data Scientist di era digital sekarang ini sangat dibutuhkan apalagi untuk sektor teknologi industri yang berbasis digital.

Virtual media group interview bersama Muhammad Chaerul Ismi selaku Senior Data Scientist Tokopedia ini diselenggarakan sebagai bagian dalam event tahunan START Summit dengan tema 'Transforming Indonesia Through Technology'.

Event kedua dari Tokopedia ini digelar secara virtual melalui kanal Tokopedia Play, Official YouTube Inside Tokopedia dan situs Tokopedia Academy pada Sabtu, 3 Juli 2021 lalu pukul 09.00 sampai 18.00 WIB.

Berita Terkait