Gadget

Mengenal JAKI, Aplikasi Smart City dari Pemerintah DKI Jakarta untuk Warga

JAKI menghadirkan berbagai layanan di perangkat pengguna.

Amelia Prisilia

Aplikasi JAKI. (HiTekno.com)
Aplikasi JAKI. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Unit Pengelola Jakarta Smart City, menghadirkan aplikasi JAKI untuk warganya. Mengenal lebih jauh mengenai aplikasi JAKI, simak ulasan tim HiTekno di bawah ini.

Aplikasi Jakarta Kini atau JAKI ini resmi dirilis pada tahun 2019 lalu dan terus digunakan oleh warga ibu kota hingga saat ini. JAKI secara umum memberikan informasi mengenai layanan bagi seluruh warga yang ada di Pemprov DKI Jakarta.

Melansir dari situs resminya, JAKI menghadirkan berbagai layanan di perangkat pengguna. Aplikasi ini kemudian didesain ramah dan dapat diakses oleh siapa pun, di mana pun dan kapan pun.

Deretan fitur di aplikasi JAKI

Dalam aplikasi ini, kamu akan menemukan sejumlah fitur andalan dari pemerintah seperti JakWarta yang berisi berbagai berita terbitan langsung dari Pemprov DKI Jakarta atau JakRespons yang menjadi laman laporan warga mengenai layanan yang ada.

Aplikasi JAKI. (HiTekno)
Aplikasi JAKI. (HiTekno.com)

Fitur lainnya dari aplikasi JAKI ini adalah JakPangan yang berisi berbagai informasi mengenai harga pangan di Jakarta. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur JakPantau yang bisa digunakan untuk memantau kondisi banjir di ibu kota.

Laman JakSiaga menghadirkan sejumlah informasi yang dapat digunakan untuk melakukan pengaduan darurat seputar Jakarta. Fitur JakWifi juga disediakan untuk memberikan informasi mengenai jaringan WiFi yang ada di lokasi tersebut.

Selain sejumlah fitur di atas, aplikasi JAKI ini juga menyediakan JakPenda, JakIspu untuk melakukan cek kualitas udara, JakSurvei dan LaporVideo.

Di tengah masa pandemi akibat virus corona saat ini, Pemprov DKI Jakarta lalu bekerja sama dengan sejumlah pihak untuk memberikan informasi terkait vaksin, tes mandiri, tempat tidur Rumah Sakit hingga contact tracking.

Aplikasi JAKI. (HiTekno)
Aplikasi JAKI. (HiTekno.com)

Aplikasi JAKI turut menyediakan berbagai informasi mengenai layanan masyarakat seperti akses MRT, Transjakarta, dompet digital nasabah Bank DKI, perizininan di Jakarta, presensi online untuk PNS hingga fitur untuk membaca buku dari HP.

Cara download aplikasi JAKI

Untuk bisa mencicipi aplikasi JAKI karya Pemprov DKI Jakarta, kamu hanya perlu mengunduh aplikasi ini melalui Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iOS.

Aplikasi JAKI. (HiTekno)
Aplikasi JAKI. (HiTekno.com)

Jika sudah masuk di laman aplikasi tersebut, kamu bisa langsung melakukan download dan membuka aplikasi ini untuk kemudian membuat profil dan mengatur lokasi tinggal di daerah Jakarta.

Saat profil sudah diatur, semua fitur yang tersedia di aplikasi JAKI ini dapat langsung kamu gunakan secara gratis guna kepentingan sehari-hari bagi warga Jakarta.

Sebagai warga Jakarta, aplikasi JAKI adalah solusi pintar di tengah masa sulit akibat pandemi yang melanda saat ini. Jangan lupa untuk segera mengunduh aplikasi ini ya.

Berita Terkait