Gadget

Fast Charging 160 W, Infinix Concept Phone 2021 Isi Daya dalam 10 Menit

Wow, bodi belakang Infinix Concept Phone 2021 bisa berubah warna secara otomatis!

Rezza Dwi Rachmanta

Infinix Concept Phone 2021. (Instagram/ infinixid)
Infinix Concept Phone 2021. (Instagram/ infinixid)

Hitekno.com - Infinix resmi mengenalkan sebuah konsep dari HP flagship mereka yang akan datang. Mengusung nama sebagai Infinix Concept Phone 2021, perangkat diklaim dapat mengisi daya hanya dalam waktu 10 menit saja.

Dalam demo yang diunggah oleh akun resmi Twitter Infinix, perusahaan memamerkan saat HP berkapasitas 4.000 mAh sedang melakukan pengisian daya. Sebagai informasi, Infinix Concept Phone 2021 merupakan perangkat yang dulunya dibocorkan sebagai Infinix Zero X.

Kita bisa melihat bahwa Infinix Concept Phone 2021 yang dibekali fitur fast charging 160 W mampu mengisi baterai 4.000 mAh dari 0 hingga 100 persen hanya dalam waktu 10 menit saja.

Dilansir dari GSMArena, sistem Ultra Flash Charge dibangun di sekitar baterai 8C, yang memiliki resistansi internal 18 persen lebih rendah dibandingkan dengan baterai 6C.

Angka yang disebut "C-rate" ini menunjukkan seberapa cepat baterai lithium dapat diisi atau dikosongkan. Perusahaan mengembangkan Super Charge Pump, yaitu teknologi yang mengubah tegangan masuk dari port USB-C menjadi tegangan masuk ke baterai itu sendiri.

Bodi belakang Infinix Concept Phone 2021. (Twitter/ Infinix_Mobile)
Bodi belakang Infinix Concept Phone 2021. (Twitter/ Infinix_Mobile)

Pompa atau Pump ini menawarkan efisiensi 98,6 persen. Sebagai perbandingan, sistem 125 W Oppo memiliki tiga pompa paralel yang mencapai efisiensi 98 persen.

Angka lebih tinggi lebih baik karena poin persentase yang tersisa menjadi 100 persen akan berubah menjadi panas. Infinix Concept Phone 2021 memiliki 20 sensor suhu yang tersebar di sekitar perangkat.

Tugas mereka adalah memastikan bahwa suhu perangkat tetap di bawah 40 derajat Celcius. Jika melebihi, atau perangkat merasakan tegangan yang lebih tinggi dari yang diharapkan atau interferensi elektromagnetik, perlindungan keamanan akan bekerja untuk menghindari kerusakan.

Fitur-fitur Infinix Concept Phone 2021. (Infinix)
Fitur-fitur Infinix Concept Phone 2021. (Infinix)

Perusahaan mengklaim bahwa terdapat 60 mekanisme perlindungan keamanan. Dalam demo yang beredar, perangkat dapat terisi 0 hingga 18 persen hanya dalam waktu 1 menit.

Kemudian melaju 58 persen dalam kurun waktu 5 menit. Akhirnya perangkat terisi penuh 100 persen hanya dalam 10 menit. Pengukuran suhu nampak berada pada kisaran 37,3 persen.

Infinix Concept Phone dapat mengisi daya dalam waktu 10 menit. (Twitter/ Infinix_Mobile)
Infinix Concept Phone dapat mengisi daya dalam waktu 10 menit. (Twitter/ Infinix_Mobile)

Beberapa fitur pada Infinix Concept Phone 2021 adalah teknologi perubahan warna, layar AMOLED 6,67 inci FHD+ (melengkung di kedua sisi), wireless charging 50 W, fast charging 160 W, dan lensa periskop yang mendukung zoom 60x.

Teknologi perubahan warna memungkinkan panel belakang tetap menyala hingga dimatikan. Dari kata "NOW", huruf "O" akan bersinar saat perangkat sedang diisi daya.

Sementara seluruh panel belakang dapat berubah dari abu-abu perak menjadi biru muda sebagai bentuk pemberitahuan bila ada panggilan masuk atau aktivitas sejenisnya.

Fitur perubahan warna itu didasarkan pada teknologi electrochromic dan electroluminescent. Seperti namanya, Infinix Concept Phone 2021 dengan fast charging 160 W masih sekadar konsep sehingga belum tersedia secara komersial (video demo bisa dilihat melalui link ini).

Berita Terkait