Gadget

POCO X3 GT Lolos Sertifikasi TKDN, Ini Bocoran Spesifikasinya

POCO X3 GT diprediksi mengusung chipset kencang dari MediaTek.

Rezza Dwi Rachmanta

Logo POCO. (YouTube/ POCO Global)
Logo POCO. (YouTube/ POCO Global)

Hitekno.com - Beberapa hari yang lalu seorang leaker membocorkan bahwa perangkat POCO terbaru telah lolos sertifikasi di Federal Communications Commission (FCC) Amerika Serikat. Kini, nomor model yang sama dan mengarah ke POCO X3 GT juga telah terpampang di situs resmi TKDN.

Perangkat dengan nomor model 21061110AG diketahui telah lolos sertifikasi dengan mengantongi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) sebanyak 30 persen.

Bernomor sertifikat "1802/SJ-IND.8/TKDN/5/2021", perangkat ini diharapkan menjadi HP baru dari POCO yang mengusung harga terjangkau.

Berdasarkan bocoran dari leaker bernama Abhishek Yadav (@yabhishekhd), model 21061110AG telah muncul di FCC dengan membawa merek POCO X3 GT.

Berdasarkan informasi dari leaker, POCO X3 GT akan mengusung chipset MediaTek Dimensity 1100 5G yang dipasangkan dengan RAM 6 GB atau RAM 8 GB. Terdapat dua pilihan memori internal yang disediakan termasuk 128 GB dan 256 GB.

POCO X3 GT lolos sertifikasi TKDN. (tkdn.kemenperin.go.id)
POCO X3 GT lolos sertifikasi TKDN. (tkdn.kemenperin.go.id)

Dilihat dari beberapa spesifikasi intinya, HP baru POCO tersebut diprediksi sebagai varian global dari Redmi Note 10 Pro 5G yang dikenalkan di China beberapa waktu lalu.

Perangkat akan datang dengan membawa baterai berkapasitas 5.000 mAh serta dukungan fitur fast charging 67 W. Dikutip dari GSMArena, harga POCO X3 GT diprediksi bakal dibanderol mulai dari 300 euro atau Rp 5,1 juta.

Prediksi harga tersebut terpaut cukup jauh jika dibandingkan banderol Redmi Note 10 Pro 5G di China. Saat debut pertama kali, varian Redmi Note 10 Pro 5G varian memori terendah (6GB/64GB) dapat dibeli dengan harga 1.599 yuan atau Rp 3,6 juta.

POCO X3 GT lolos sertifikasi FCC. (Twitter/ yabhishekhd)
POCO X3 GT lolos sertifikasi FCC. (Twitter/ yabhishekhd)

Meski begitu, harga untuk model di Eropa dan Amerika Serikat memang terkenal lebih mahal jika dibandingkan banderol harga di beberapa pasar Asia seperti China, India, dan Indonesia.

Apabila sudah masuk ke Indonesia, harganya kemungkinan besar lebih murah jika dibandingkan pasar Eropa. POCO X3 GT membawa layar IPS LCD 6,6 inci beresolusi Full HD+ (1080 x 2400) dengan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass Victus.

Mendukung sistem fabrikasi 6 nm, chipset MediaTek Dimensity 1100 yang menjadi dapur pacu POCO X3 GT diharapkan membawa performa kencang di kelasnya.

Harga Redmi Note 10 Pro 5G dibanderol mulai Rp 3 jutaan. (Xiaomi China)
Harga Redmi Note 10 Pro 5G dibanderol mulai Rp 3 jutaan. (Xiaomi China)

Chipset tersebut mendukung fitur True Dual 5G (5G SA + 5G SA) yang diklaim dapat memberikan pengalaman pengguna 5G yang lebih konsisten dengan layanan VoNR berkualitas serta konektivitas terbaik.

MediaTek Dimensity 1100 mempunyai konfigurasi octa-core yang terdiri dari 4 super core Arm Cortex-A78 (hingga 2.6 GHz) + 4 core hemat daya Cortex-A55 (hingga 2 GHz).

Situs Kimovil menyebutkan bahwa skor AnTuTu dari beberapa perangkat dengan MediaTek Dimensity 1100 menembus lebih dari 600 ribu poin. Mengingat perangkat sudah lolos sertifikasi, POCO X3 GT diprediksi meluncur dalam waktu dekat.

Berita Terkait