Gadget

Kisruh Infinix vs Xiaomi, Saling Serang di Media Sosial

Makin memanas saja perselisihan dua brand ini.

Agung Pratnyawan

Alvin Tse CEO Xiaomi Indonesia. (Xiaomi)
Alvin Tse CEO Xiaomi Indonesia. (Xiaomi)

Hitekno.com - Xiaomi Indonesia dan Infinix Indonesia sedang memanas, konflik keduanya berujung saling serang di media sosial. Bagaimana dua brand ini bisa saling bersitegang?

Ternyata berawal dari unggahan iklan yang saling membanding-bandingkan antara smartphone. Dari sana berujung dengan komentar panas, bahkan Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse sampai ikut menanggapi.

Terlihat dalam postingan, Infinix Indonesia membandingkan spesifikasi Infinix Hot 10S dengan sebuah smartphone. Diduga sebagai Redmi 9T yang menjadi andalan Xiaomi.

Iklan tersebut diunggah akun @ffarliani screenshot berisi dua foto iklan Infinix Hot 10S yang membandingkan dengan smartphone lain.

Diduga ponsel tersebut adalah Redmi 9T, meski pihak Infinix tidak menyebut nama pesaing dan hanya menuliskan '9T' di latar belakangnya.

Cuitan netizen soal iklan Infinix. [Twitter]
Cuitan netizen soal iklan Infinix. [Twitter]

 

Screenshot tersebut menuliskan spesifikasi Infinix Hot 10S, mulai dari baterai 6.000mAh, layar 6,82 HD+ Drop Notch (90Hz), Helio H85, opsi penyimpanan 4GB/64GB dan 6GB/128GB, kamera 48MP Super Night Scape, 8 MP kamera selfie, AI Face Unlock & Fingerprint, dan harga mulai Rp 1.699.000.

Kemudian pembandingnya yang disebut 'Katanya Jawara' tertulis spesifikasi baterai 6.000mAh, 6,53 HD Plus Dot Drop, Snapdragon 662, opsi penyimpanan 4GB/64GB dan 6GB/128GB, 48 MP AI Quad Camera, 8 MP kamera depan, fingerprint, dan harga mulai Rp 1.899.000.

Hingga bos Xiaomi Indonesia ini pun turun tangan memberikan tanggapan pada iklan Infinix Indonesia tersebut. Rupanya, kisruh perbandingan HP baru ini sebenarnya bermula dari unggahan Poco di Instagram pada akhir Mei lalu.

Saat itu, mereka membandingkan Poco M3 dengan ponsel entry-level yang diduga Infinix Hot 10S. Seperti iklan Infinix sebelumnya, Poco juga tidak menyebut nama ponsel pesaing.

Namun, jika diperhatikan lebih detail, background tersebut menuliskan Hot 10S yang mengarah ke produk Infinix.

Cuitan Alvin Tse. [Twitter]
Cuitan Alvin Tse. [Twitter]

 

Konten menampilkan beberapa keunggulan Poco M3 seperti layar 6,53 inci FHD+, Coring Gorilla Glass 3, panel belakang yang tidak meninggalkan jejak sidik jari.

Selain itu ada triple AI camera 48MP/2MP/2MP, Qualcomm Snapdragon 662, penyimpanan UFS 2.2, Infra red blaster, USB-C dengan fast charging 18W, dan garansi 15 bulan.

Sementara spesifikasi ponsel yang diduga Infinix Hot 10S menampilkan layar 6,82 HD+ kaca depan, panel plastik di belakang, triple camera 48MP/2MP/AI Lens,

Dilengkapi dengan Helio G85, penyimpanan e.MMC 5.1, tidak ada infra red blaster, Micro USB 2.0 10W, dan garansi 12 bulan.

Secara tidak langsung, Poco M3 disebut lebih unggul dari ponsel Infinix Hot 10S. Berikut keterangan akun Instagram Poco di unggahan tersebut.

"Halo, sob! Di postingan ini lo bisa liat nih kenapa #POCOM3 pantes banget disebut sebagai #EntryLevelKiller! Di kelasnya, POCO M3 bener-bener ngasih fitur di atas rata-rata yang pastinya memastikan lo dapetin pengalaman yang mengesankan! Liat aja nih detail spek dan perbandingannya sama 'tetangga" sebelah. Langsung keliatan deh mana yang bener-bener bikin segmen Entry-level naik kelas," kata Poco.

Iklan Poco. [Instagram]
Iklan Poco. [Instagram]

 

Beberapa hari setelahnya, akun Infinix membalas perbandingan tersebut. Mereka membandingkan Infinix Hot 10S dengan ponsel yang diduga milik Xiaomi lainnya, Redmi 9T.

Iklan tersebut menuliskan spesifikasi Infinix Hot 10S, mulai dari baterai 6.000mAh, layar 6,82 HD+ Drop Notch (90Hz), Helio H85.

Memiliki opsi penyimpanan 4GB/64GB dan 6GB/128GB, kamera 48MP Super Night Scape, 8 MP kamera selfie, AI Face Unlock & Fingerprint, dan harga mulai Rp 1.699.000.

Kemudian pembandingnya yang disebut 'Katanya Jawara' tertulis spesifikasi baterai 6.000mAh, 6,53 HD Plus Dot Drop, Snapdragon 662.

Dengan opsi penyimpanan 4GB/64GB dan 6GB/128GB, 48 MP AI Quad Camera, 8 MP kamera depan, fingerprint, dan harga mulai Rp 1.899.000.

Berikut isi iklan Infinix Hot 10S yang diunggah di akun Instagram.

Iklan Infinix yang bikin heboh. [Instagram]
Iklan Infinix yang bikin heboh. [Instagram]

 

"Udah gak perlu dilema lagi. Lengkap dengan spesifikasinya, Infinix HOT 10S hadir memang untuk jadi pilihan pas buat kalian yang anti banget sama nge-lag! Performa ngebut dari Helio G85 ini makin maksimal dengan Dar-link Ultimate Game Booster yang cuma ada di Infinix HOT 10S bikin makin pede buat tunjukkin skill gaming kamu. Apalagi makin powerfull dengan layarnya 90Hz Ultra Smooth dan baterai jumbo 6000 mAh yang sudah support 18W fast charging. Di harga yang siap bersaing ini juga Infinix HOT 10S udah no debat buat jadi pilihan. #InfinixHOT10S #GamingAntiNgeLag"

Unggahan Infinix ini kemudian ramai di Instagram. Terpantau iklan perbandingan ini mendapatkan 37,5 ribu like dan 3.463 komentar.

Sayangnya, iklan Infinix ini justru mendapat kecaman dari Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse. Ia menilai iklan tersebut menyesatkan karena salah mencantumkan spesifikasi yang sebenarnya dari Redmi 9T.

"Jika mereka mengacu pada Redmi 9T kami, tidak tahu kenapa mereka memasukkan spesifikasi yang salah: layar FHD+, Snapdragon 662 11nm, stereo speakers, UFS 2.1, 2.2, LPDDRX4x, 48MP Real Quad Camera, face unlock, 18W fast charging, dan lainnya!" tegas Alvin dalam komentarnya di unggahan Infinix, yang kemudian komentarnya diduga disembunyikan Admin Infinix.

Itulah ketegangan Xiaomi Indonesia dan Infinix Indonesia yang saling serang dengan postingan di media sosial. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait