Gadget

Apple Batasi Aplikasi Memakai RAM di iPad Pro M1, Padahal Kapasitas Besar

iPad Pro M1 sendiri punya RAM 16 GB, tapi kenapa Apple membatasi cuma 5GB saja yang bisa digunakan aplikasi?

Agung Pratnyawan

iPad Pro M1. (Apple)
iPad Pro M1. (Apple)

Hitekno.com - Apple telah menghadirkan iPad Pro M1 yang memiliki varian RAM besar. Namun siapa sangka, malah ada pembatasa aplikasi untuk memakai banyak RAM.

Menurut laporan terbaru, Apple membatasi aplikasi hanya bisa menggunakan RAM sampai 5GB saja di perangkat iPad Pro M1.

Dilaporkan Apple Insider, Senin (31/5/2021), hal ini pertama kali diungkap oleh developer Procreate. Ia menyebut aplikasi edit gambar yang dites di iPad Pro 12,9 inci M1 baru ini memang bekerja lebih cepat dari sebelumnya.

Namun, RAM yang diizinkan Apple hanya dibatasi hingga 5GB. Padahal iPad Pro M1 tersebut memiliki RAM maksimum 16GB.

Procreate sendiri mencoba mengetes aplikasi tersebut dengan layer maksimum hingga 115, lebih tinggi dari yang sebelumnya dengan layer hanya 90.

Penggunaan RAM iPad Pro M1. [Twitter]
Penggunaan RAM iPad Pro M1. [Twitter]

 

Batas RAM tersebut memang tidak berpengaruh ke peningkatan kinerja dalam aplikasi, namun dapat membatasi apa yang pengguna lakukan dengan aplikasi lain.

Apple sendiri belum berkomentar mengenai batasan RAM pada perangkat tersebut. Namun, perusahaan secara rutin menguji seberapa cepat iPad Pro dalam beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya.

Jika salah satu aplikasi menggunakan RAM maksimum, maka kecepatan peralihan tersebut akan dibatasi. iPad Pro 12,9 inci terbaru ini hadir dengan versi penyimpanan 1TB dan 2TB dengan RAM hingga 16GB.

Meskipun tidak ada aplikasi yang memakan RAM lebih dari 5GB, tapi kapasitas RAM besar bisa memungkinkan pengguna untuk melanjutkan beberapa aplikasi tanpa harus memulainya dari awal.

Belum diketahui apa maksud Apple dalam membatasi aplikasi untuk memakai RAM lebih dari 5GB di iPad Pro M1. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait