Gadget

6 Merek HP Lokal, Asli Indonesia Tapi Tak Banyak yang Tahu

Dari enam merek HP lokal ini, mana yang belum kamu ketahui?

Agung Pratnyawan

Merek HP lokal. (HiTekno.com)
Merek HP lokal. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Pasar HP di Indonesia memang didominasi merek asing, sebut Saja Samsung dan Apple. Belum lagi dari China seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, Realme. Namun tahukah kamu ada merek HP lokal yang memang asli dari Indonesia?

Sayangnya memang merek HP lokal ini sudah tidak lagi masuk dalam lima besar di Tanah Air menurut berbagai lembaga riset pasar. Terlebih makin banyaknya produk luar negeri yang membanjiri bahkan di kelas HP murah.

Tak heran kalau sedikit orang yang mengetahui merek-merek lokal ini. Karena dari kelas flagship hingga HP murah lebih banyak didominasi brand-brand asing dibandingkan dalam negeri.

Simak berikut ini ada enam merek HP lokal asli Indonesia yang belum banyak orang ketahui.

1. Advan

Advan G9Pro.(Advan)
Advan G9Pro.(Advan)

 

Merek satu ini memang sempat masuk ke peringkat lima besar di pasar Indonesia namun sayangnya kini tergurus. Meski begitu, Advan masih rajin mengeluarkan seri-seri barunya.

Merek ini juga cukup agresif di kelas HP murah, dengan meluncurkan Advan G9Pro yang dibekali RAM 6 GB, empat kamera belakang dan baterai 5.200. Sebelumnya ada Advance G5 yang mengusung desain stylish.

Tak hanya di HP, merek lokal ini menghadirkan sejumlah inovasi. Seperti terbaru hadirnya mobile POS, mengkombinasikan scanner, printer, dan payment dalam satu perangkat touch screen.

Advan juga meluncurkan produk menarik lainnya, seperti TWS Star Go 2, smartwatch Star Go R1, Advan Stylus Pen, sejumlah tablet. Tidak ketinggalan featured phone dengan KaiOS.

2. Mito

Mito Z5. (Mito)
Mito Z5. (Mito)

 

Merek yang tidak kalah membumi, namun sayangnya mulai keteteran digempur brand asing. Merek HP lokal ini memang awalnya fokus para pasar entry level, terutama smartphone di bawah Rp 1 jutaan.

Selain itu, Mito juga memiliki sejumlah produk tablet. Namun kini, merek lokal ini mulai melebarkan pasar dengan mengincar pasar wearable device, seperti smartwatch dan smartband.

Mito menghadirkan smartwatch Gear 10 dan Gear 20, jam tangan pintar dengan harga promo cuma Rp 150 ribu saja. Untuk seri atasnya ada Mito Gear 50Pro yang bisa didapatkan dengan harga promo Rp 499.000 saja.

Mau lebih murah lagi, ada Mito Fitband1 yang cuma Rp 100 ribuan. Juga Mito Gear W2, smartwatch anak yang harganya terjangkau. Nampaknya merek lokal ini menjadi salah satu pilihan menarik untuk perangkat wearable device murah.

3. Evercoss

Review Evercoss Tera S6. (HiTekno.com)
Review Evercoss Tera S6. (HiTekno.com)

 

Awalnya banyak yang menyangka bukan merek HP lokal, namun ternyata Evercoss asli Indonesia. Dulunya bernama Cross Mobile hingga 2013 merubah namanya menjadi Evercoss sampai sekarang.

Evercoss juga pemain di pasar HP murah dari harga Rp 1 jutaan hingga di bawah Rp 1 juta. Juga menghadirkan tablet murah ke pasar Indonesia. Menariknya, merek lokal ini juga merambah ke gadget lainnya.

Yakni memasarkan smartwatch anak Evercoss B5, yang dilengkapi kamera selfie untuk video call dan mendukung jaringan 4G. Juga ada smartband Evercoss Honor Band 3 yang beragaya elegan.

4. Polytron Mobile

Polytron Prime 7 Pro. (Polytron)
Polytron Prime 7 Pro. (Polytron)

 

Nama Polytron memang sudah sangat terkenal sebagai merek produk elektronik. Namun tahukah kamu, kalau perusahaan yang berdiri sejak 1975 di Kudus ini juga punya lini smartphone.

Dengan nama Polytron Mobile, sempat meluncur sejumlah smartphone dan telepon seluler. Meski sekarang tidaklah begitu produktif meluncurkan produk barunya di jajaran HP.

Meski begitu, mereka masih memasarkan bluetooth headphone yang cukup murah. Juga ada setup box untuk Mola TV, juga speaker bluetooth. Padahal sebelumnya, seri Polytron Prime pernah meramaikan pasar HP murah di Indonesia.

5. Axioo

Ketangguhan smartphone Axioo Titan. (Axioo)
Ketangguhan smartphone Axioo Titan. (Axioo)

 

Merek satu ini memang lebih terkenal dalam urusan laptop, namun siapa sangka pernah meluncurkan HP juga. Salah satunya adalah Titan, smartphone heavy duty yang memiliki perlindungan ekstra. Bahkan berbahan almunium dan karet.

Saat ini Axioo lebih banyak menghadirkan produk-produk yang memang jadi kekuatannya, yakni perangkat PC. Seperti All in One PC dan laptop yang memang lebih membesarkan namanya.

Merek lokal ini juga sempat meramaikan pasar tablet Tanah Air. Dan pada awal pandemi melanda, Axioo sempat menawarkan inovasi pengukuran suhu tubuh sekaligus pengenal wajah tanpa kontak.

6. Digicoop

Merek HP lokal Digicoop. (Instagram/ digicoop_id)
Merek HP lokal Digicoop. (Instagram/ digicoop_id)

 

Salah satu merek HP lokal yang sempat meramaikan pasar HP murah Indonesia, namun sayangnya mulai menghilang namanya. Padahal di masanya sempat jadi solusi HP 4G cuma Rp 300 ribu saja.

Itulah enam merek HP lokal asli Indonesia yang belum banyak diketahui banyak orang. Ada beberapa yang masih bertahan dan terus mengeluarkan HP baru, namun sayangnya ada juga yang telah menghilang.

Berita Terkait