Gadget

Bakal Tutup Bisnis Smartphone, LG Siapkan Jaringan 6G pada 2029

LG Electronics telah mejalin kerja sama dalam pengembangan jaringan 6G mendatang.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi jaringan 6G. (YouTube/ Phonly)
Ilustrasi jaringan 6G. (YouTube/ Phonly)

Hitekno.com - LG Electronics mungkin akan menyerah untuk bisnis smartphone, namun tidak meninggalkan teknologi seluler. Karena perusahaan ini malah menyiapkan jaringan 6G secara komersial.

Di saat banyak pihak sedang berupaya untuk menyiapkan kehadiran dan melakukan migrasi ke 5G, LG sudah sejak dini menyiapkan teknologi lebih lanjut.

Perusahaan asal Korea Selatan ini sampai mengklaim untuk siap meluncurkan teknologi jaringan 6G paling cepat pada 2029 mendatang.

Dikutip dari HT Tech, Jumat (26/3/2021), laporan mengatakan, LG Electronics telah menandatangani perjanjian dengan perusahaan elektronik asal Amerika Serikat, Keysight dan universitas asal Korea, Korean Advanced Institute of Science and Technology (KAIST).

Dalam perjanjian tersebut, ketiganya sepakat bakal bekerja sama untuk mengembangkan teknologi jaringan 6G.

Logo LG. [Shutterstock]
Logo LG. [Shutterstock]

 

Selain itu, ketiganya juga kini tengah mengerjakan pengembangan frekuensi terahertz untuk jaringan 6G. Penelitian teknologi baru ini ditargetkan selesai pada 2024.

Namun komersialisasi jaringan 6G tidak akan segera dimulai dalam waktu dekat setelah penelitian. Mereka sepakat akan menghadirkannya pada 2029.

Sebagaimana diketahui, penerapan komersial jaringan 5G sendiri dimulai pada 2019. Setelah dua tahun, memang masih banyak negara yang belum menerapkan 5G, termasuk Indonesia.

Meski 5G belum merata, sepertinya pengembangan 6G memang tidak menutup kemungkinan bakal segera muncul dalam waktu dekat.

Di lain sisi, LG Electronics juga berencana untuk menutup bisnis smartphone miliknya. Namun tidak meninggalkan pengembangan jaringan 6G mendatang. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait