Gadget

Mirip Galaxy Fold 2, Penampakan HP Lipat Xiaomi Bocor ke Publik

HP lipat Xiaomi diprediksi bakal membawa layar yang dibuat oleh Samsung Display.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Logo Xiaomi di gedung perkantoran. (Xiaomi)
Logo Xiaomi di gedung perkantoran. (Xiaomi)

Hitekno.com - Banyak bocoran yang beredar membuat HP lipat Xiaomi cukup dinantikan tahun ini. Kabar dari seorang leaker mengklaim bahwa HP lipat Xiaomi memiliki desain struktur mirip Samsung Galaxy Fold 2.

Pada awal kuartal pertama 2021, muncul rumor mengenai HP lipat Xiaomi yang menjalankan antarmuka MIUI 12. Kabar lain berdatangan di mana leaker membocorkan bahwa Xiaomi, Oppo, dan Vivo siap merilis HP lipat tahun ini.

Bocoran terbaru datang dari leaker populer Digital Chat Station. Melalui akun Weibo, ia mengklaim bahwa HP lipat Xiaomi akan mengadopsi desain struktur internal yang mirip Samsung Galaxy Z Fold 2.

Desain itu juga termasuk bagian engselnya. Dilansir dari Gizmochina, sebagian besar HP dengan layar lipat di pasaran saat ini menggunakan satu bentuk desain engsel.

Strukturnya juga mendukung gerakan lipat berulang dari layar fleksibel. Namun engsel juga merupakan kelemahan utama pada HP yang dapat dilipat saat ini.

Bocoran HP lipat Xiaomi. (Weibo via Gizmochina)
Bocoran HP lipat Xiaomi. (Weibo via Gizmochina)

 

Beberapa kecacatan yang pernah ditemukan pada Galaxy Z Fold awal diketahui dapat mengurangi daya tahan HP. Engsel yang rusak bisa menyebabkan partikel debu masuk ke ponsel.

"Bagaimanapun, skema lipat internal dari J18 tidak secerdas Huawei Mate X2 dan struktur internalnya mirip Samsung Galaxy Fold 2," tulis Digital Chat Station melalui akun Weibo-nya.

Selain desain engsel, aspek penting lain adalah gaya lipatnya. Dalam hal ini, ada desain lipat ke dalam (in-folding) dan desain lipat ke luar (out-folding).

Kedua orientasi tersebut menghadirkan metode penggunaan dan ketahanan layar yang berbeda.

Bocoran HP lipat Xiaomi. (Weibo)
Bocoran HP lipat Xiaomi. (Weibo)

 

Rumor sebelumnya telah mengisyaratkan bahwa HP lipat pertama Xiaomi akan mengadopsi desain lipat yang dapat melindungi panel layar fleksibel dari kerusakan dengan lebih baik.

Menurut bocoran, HP lipat Xiaomi akan menggunakan panel OLED lipat yang dipasok Samsung, dengan ukuran 8,03 inci. Perangkat diprediksi akan dilengkapi layar sekunder 6,38 inci di bagian belakang.

Masih belum diketahui terkait rincian chipset hingga varian memorinya. Namun yang banyak dinantikan dari HP lipat Xiaomi adalah soal harga.

Perusahaan dikenal merilis ponsel flagship dengan harga miring sehingga HP lipat Xiaomi cukup menarik untuk dinantikan.

Berita Terkait