Gadget

Bocoran Anyar Samsung Galaxy Watch 4, Kapan Dirilis?

Samsung Galaxy Watch 4 diprediksi membawa fitur kesehatan terbaru.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi foto: Samsung Galaxy Watch3. (Samsung)
Ilustrasi foto: Samsung Galaxy Watch3. (Samsung)

Hitekno.com - Samsung diprediksi sedang bersiap merilis smartwatch anyar dalam waktu dekat. Leaker mengklaim bahwa Samsung Galaxy Watch 4 bakal dikenalkan tak lama lagi.

Saat ini, jajaran smartwatch Samsung pada seri sebelumnya termasuk Galaxy Watch 3 dan Galaxy Watch Active 3.

Leaker populer bernama Ice Universe (@UniverseIce) membocorkan bahwa dua smartwatch Samsung dapat meluncur pada kuartal kedua 2021. Kedua smartwatch itu termasuk Samsung Galaxy Watch 4 dan Samsung Galaxy Watch Active 4.

Terkait rincian bulannya, perangkat diprediksi akan dikenalkan pada kisaran April hingga Juni 2021. Perlu diketahui, biasanya smartwatch seri Galaxy dikenalkan pada Agustus, bersama dengan jajaran HP flagship Galaxy Note.

Dikutip dari Gizmochina, kali ini Samsung dispekulasikan berencana meluncurkan smartwatch lebih awal dari siklus biasanya.

Bocoran Samsung Galaxy Watch 4. (Twitter/ UniverseIce)
Bocoran Samsung Galaxy Watch 4. (Twitter/ UniverseIce)

 

Perangkat dapat dikenalkan sebelum peluncuran Apple Watch Series 7 agar memiliki keunggulan di segmen tersebut. Kemungkinan Samsung dan Apple bersiap untuk memperkenalkan fitur yang akan memantau kadar glukosa darah pengguna.

Terkait peluncuran yang lebih cepat, kemungkinan Samsung berambisi menjadi perangkat pertama dengan fitur baru tersebut.

Terdapat rumor yang menyatakan bahwa Samsung dapat membuang OS Tizen-nya dan memilih Google Wear OS pada smartwatch yang akan datang.

Jika rumor itu benar, maka Galaxy Watch 4 bisa menjadi perangkat wearable pertama Samsung yang menggunakan Google Wear OS.

Samsung Galaxy Watch3. (Samsung)
Samsung Galaxy Watch3. (Samsung)

 

Menurut firma riset Counterpoint, Samsung menyumbang sekitar 10 persen pangsa pasar smartwatch global pada 2020.

Angka itu jauh di belakang Apple yang menyentuh pangsa pasar 40 persen. Dengan perubahan besar pada perangkat, perusahaan Korea Selatan tersebut setidaknya dapat mengejar ketertinggalan dari pemimpin pasar.

Perusahaan sepertinya juga bakal memanfaatkan momentum apabila bocoran peluncuran yang dimajukan terbukti benar. Samsung Galaxy Watch 3 sendiri memiliki chipset Exynos 9110 yang disokong RAM 1 GB dan memori internal 8 GB.

Beberapa spesifikasi lain termasuk layar Super AMOLED 1,4 inci, sertifikasi IP68, lapisan pelindung Corning Gorilla Glass DX, baterai 340 mAh dan Bluetooth 5.0. Samsung Galaxy Watch 4 diharapkan membawa peningkatan spesifikasi terkait chipset dan fitur-fitur kesehatan lainnya.

Berita Terkait