Gadget

Aplikasi Clubhouse Segera Hadir ke Android?

Inilah tanda-tanda Clubhouse akan hadir ke Android.

Agung Pratnyawan

Aplikasi Clubhouse. (HiTekno.com)
Aplikasi Clubhouse. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Aplikasi Clubhouse untuk saat ini masih eksklusif bagi pengguna iOS seperti di iPhone saja. Lalu bagaimana nasib pengguna Android?

Pengembang aplikasi berbasis audio ini memang punya rencana untuk mengembangkan layanannya ke Android pula. Namun pengguna harap bersabar, tak secepat itu bisa menghadirkannya.

Meski begitu, mulai ada kabar terkini yang mengisyaratkan kalau aplikasi Clubhouse segera bisa diakses oleh para pengguna Android.

Beberapa waktu lalu, aplikasi Clubhouse resmi mempekerjakan pengembang software Android, Mopewa Ogundipe.

Ogundipe sendiri telah menjalankan berbagai peran untuk pengembangan software Android sejak 2014, mulai Khan Academy, Medium, hingga Instagram.

"Hari ini adalah hari pertama saya di @joinClubhouse," tulis Ogundipe dalam akun Twitter, dikutip dari CNBC, Rabu (24/2/2021).

"Jika anda mengenal saya, anda mungkin tahu bahwa saya memiliki opini tentang aplikasi khusus iOS. Jadi saya sangat senang bisa bergabung dengan tim untuk menghadirkan pesta ke Android," tambah Ogundipe dalam tweetnya.

Aplikasi Clubhouse. (HiTekno.com)
Aplikasi Clubhouse. (HiTekno.com)

 

Pengembangan Clubhouse untuk digunakan di Android dilakukan setelah mendapatkan pendanaan baru dari perusahaan modal ventura Andreessen Horowitz pada Januari.

Pendanaan yang diterima Clubhouse berkisar 100 juta dolar AS atau Rp 1,4 triliun dan menjadikan Clubhouse bernilai 1 miliar dolar AS atau Rp 14 triliun.

Sebagai informasi, Clubhouse adalah sebuah aplikasi berbasis audio yang diluncurkan pada Maret 2020. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya bisa berkumpul di chatroom untuk membicarakan berbagai topik.

Selama pandemi, Clubhouse menjadi salah satu aplikasi yang mengalami perkembangan karena banyak orang mencari cara untuk terhubung sambil tetap terisolasi satu sama lain.

Aplikasi ini menduduki peringkat teratas Apple App Store di negara-negara seperti Jerman, Italia, Jepang, dan Turki.

Pada pertemuan internal baru-baru ini, Paul Davison dan Rohan Seth selaku pendiri Clubhouse mengatakan aplikasi kini memiliki dua juta pengguna mingguan.

Aplikasi Clubhouse. (HiTekno.com)
Aplikasi Clubhouse. (HiTekno.com)

 

Setelah mendaftar ke Clubhouse, pengguna dapat membuat room untuk membahas berbagai topik. Alih-alih video atau teks, Clubhouse lebih identik dengan obrolan berbasis audio.

Clubhouse berhasil menarik perhatian dari kalangan artis seperti Drake, Tiffany Haddish, hingga Jared Leto. Mereka bergabung dalam berbagai obrolan dan menggunakan aplikasi untuk mempromosikan karyanya.

Sejauh ini, aplikasi tersebut hanya tersedia untuk pengguna iOS. Terlepas dari eksklusivitas Apple, Clubhouse telah menjangkau lebih dari 10 juta pengguna aktif mingguan.

Itulah kabar terkini dari aplikasi Clubhouse yang dilaporkan bakal hadir untuk pengguna Android. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait