Gadget

Cara Menginstall Aplikasi di Laptop, Pemula Wajib Coba!

Sebagai pemula, cara menginstall aplikasi di laptop ini perlu kamu tahu.

Dinar Surya Oktarini | Amelia Prisilia

Ilustrasi laptop. (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi laptop. (Pixabay/Free-Photos)

Hitekno.com - Laptop yang kekinian saat ini menyediakan layanan untuk mengunduh aplikasi secara gratis di perangkat tersebut. Biar pemula tidak bingung lagi, berikut cara menginstall aplikasi di laptop dengan mudah dan praktis

Sebelum menginstall aplikasi, pengguna perlu untuk mengunduh aplikasi yang diinginkan melalui sejumlah layanan yang tersedia. Di laptop, pengguna biasanya mengunduh aplikasi melalui Microsoft Store.

Layanan Microsoft Store sengaja diaadakan oleh pihak sistem operasi laptop untuk memudahkan penggunanya dalam mengunduh aplikasi yang diinginkan.

Kegunaan Microsoft Store di laptop memiliki fungsi yang sama dengan Google Play Store yang ada di HP atau perangkat Android pada umumnya. Untuk bisa mengunduh aplikasi yang diinginkan, pengguna perlu masuk ke laman aplikasi tersebut melalui pilihan 'install'.

Jika proses install telah dilakukan, pengguna hanya perlu membuka file download yang tersimpan di folder laptop yang ada. Jika sudah membuka file tersebut, tampilan mengenai aplikasi tersebut lalu akan muncul.

Ilustrasi laptop Surface. (Pixabay/ athree23)
Cara menginstall aplikasi di laptop. (Pixabay/ athree23)

 

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memilih 'Next' untuk melanjutkan ke tahapan berikutnya. Proses install lalu akan berlangsung hingga kemudian perintah 'Install Now' muncul.

Setelah perintah tersebut, pengguna nantinya akan diminta untuk menemukan lokasi file aplikasi untuk tersimpan di laptop dalam waktu yang lama.

Sebelum selesai, pada beberapa aplikasi akan muncul sejumlah pengaturan yang harus pengguna pilih sesuai keinginan masing-masing. Jika semua proses sudah berjalan, pengguna hanya perlu untuk memilih pilihan 'Finish' untuk mengakhiri proses install yang berlangsung.

Untuk menginstall aplikasi di laptop, selain mengunduh aplikasi melalui Microsoft Store, pengguna juga bisa mengunduh aplikasi tersebut melalui 3 cara lainnya seperti yang di bawah ini.

1. Cara download aplikasi di laptop Mac

Ilustrasi MacBook Air. (Apple)
Cara menginstall aplikasi di laptop. (Apple)

 

Untuk mendownload aplikasi di Mac, pengguna perlu masuk ke App Store. Cara kerja ini tidak jauh berbeda dengan mengunduh aplikasi via App Store di iPhone. Setelah menemukan aplikasi yang diinginkan, pengguna hanya perlu memilih 'Get' untuk mengunduh aplikasi tersebut.

2. Cara download aplikasi di laptop dengan Google Chrome Extension

Ilustrasi laptop Surface dari Microsoft. (Windows Central)
Cara menginstall aplikasi di laptop. (Windows Central)

 

Menggunakan Google Chrome Extension, pengguna perlu menambahkan Aplication Downloader Extension di Google Chrome. Cukup mudah, untuk mengunduh aplikasi, pengguna perlu mencari aplikasi yang diinginkan melalui extension aplikasi dan mengunduhnya aplikasi yang dibutuhkan.

3. Cara download aplikasi di laptop dengan browser

Ilustrasi laptop dengan merek HP. (Pixabay/ StockSnap)
Cara menginstall aplikasi di laptop. (Pixabay/ StockSnap)

 

Cara lainnya untuk mendownload aplikasi di laptop adalah melalui browser. Untuk cara ini, pengguna perlu masuk ke browser seperti Mozilla Firefox atau Google Chrome. Pengguna lalu perlu mencari situs resmi aplikasi yang diinginkan untuk kemudian masuk ke bagian 'download'. Melalui sejumlah tahap, aplikasi lalu akan terinstall.

Sangat membantu untuk para pemula, itu tadi cara menginstall aplikasi di laptop yang bisa kamu coba lakukan dengan mudah dan praktis.

Berita Terkait