Gadget

LG Patenkan Desain "HP Gulung" Anyar, Bawa Layar Sekunder?

Desain HP flagship ini membawa layar ganda dengan tampilan unik.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi logo LG. (BGR)
Ilustrasi logo LG. (BGR)

Hitekno.com - Tak hanya layar lipat, namun HP baru dengan layar gulung diprediksi menjadi tren pada beberapa waktu ke depan. LG dikabarkan telah mengajukan paten mengenai "HP layar gulung" anyar dengan desain unik.

Bukan hanya layar gulung biasa, namun desain HP juga dilengkapi dengan layar sekunder yang ditempatkan pada bodi bagian belakang.

Menurut laporan dari blog teknologi LetsGoDigital, saat ini LG telah mengajukan paten desain baru ke CNIPA (China National Intellectual Property Administration).

Paten untuk HP baru ini menampilkan 24 sketsa yang menampakkan perangkat dari berbagai sudut.

HP layar ganda tersebut memiliki layar besar fleksibel di bagian depan, yang dapat diperpanjang dari satu sisi.

Desain HP layar gulung LG. (Lets Go Digital)
Desain HP layar gulung LG. (Lets Go Digital)

 

Hal itu membuat ukuran keseluruhannya meningkat 40 persen lebih besar jika dibandingkan bentuk awal yang masih compact. Di bagian belakang, kita bisa melihat layar sekunder lebih kecil yang ditemukan pada bawah modul kamera.

Ini masih sebatas paten dan masih belum diketahui apakah perangkat hanya akan berakhir sebagai prototipe atau mungkin sebuah HP yang bisa dirilis secara komersial.

Dikutip dari Gizmochina, LG telah meluncurkan smart TV dengan layar gulung pada CES 2019. Sepertinya perusahaan sedang mempersiapkan HP baru dengan teknologi yang hampir mirip.

Sebelumnya, perusahaan juga telah mengenalkan LG Rollable. Perangkat memiliki layar berukuran 6,8 inci dalam bentuk paling kecil, dan bisa diperluas menjadi 7,4 inci.

LG pamerkan HP layar gulung di CES 2021. (GSM Arena)
LG pamerkan HP layar gulung di CES 2021. (GSM Arena)

 

Kali ini LG sepertinya ikut menambahkan mengenai tampilan di fitur fotografi. Paten anyar membuat layar utama dapat semakin luas apabila ditarik di samping.

Sementara layar sekunder kemungkinan menawarkan fungsi terkait fotografi mengingat kita tidak melihat adanya kamera depan.

Meski telah dipamerkan pada CES 2021, LG Rollable Phone hingga kini juga masih belum jelas mengenai kelanjutannya. Meski begitu, paten anyar LG mengenai HP layar gulung ini bisa menjadi semacam pembeda di kelas flagship apabila dirilis secara komersial nanti.

 

Berita Terkait