Gadget

Samsung Galaxy S21 Dibongkar, Terungkap Lebih Gampang Diperbaiki

Meski begitu, Samsung Galaxy S21 masih tetap sulit untuk dibongkar.

Agung Pratnyawan

Samsung Galaxy S21. (Samsung Indonesia)
Samsung Galaxy S21. (Samsung Indonesia)

Hitekno.com - Samsung Galaxy S21, HP flagship terbaru yang langsung mencuri perhatian saat diluncurkan. Termasuk membuat penasaran seperti apa isinya jika dibongkar, apakah lebih mudah untuk melakukan perbaikan?

Tim dari iFixit pun melakukan teardown dari HP flagship Samsung ini untuk melihat seperti apa isinya. Setelah Samsung Galaxy S21 dibongkar diungkap kalau lebih mudah diperbaiki jika dibandingkan seri sebelumnya.

Yakni Samsung Galaxy S20 yang tergolong tidak mudah untuk melakukan reparasi. Namun pada HP flagship baru ini, ada perubahan internal yang dilakukan perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

Hasil Samsung Galaxy S21 dibongkar iFixit, didapati kalau beberapa bagian mudah untuk dilepas. Terutama beberapa komponen yang terbuat dari plastik, sehingga tidak perlu khawatir sampai pecah ketika memperbaikinya.

Termasuk layar yang rata memudahkan dalam melepaskan komponen lainnya. Juga membantu memudahkan dalam melepaskan kabel display dan beberapa komponen dibandingkan dengan generasi pendahulunya.

Samsung Galaxy S21. (iFixit)
Samsung Galaxy S21. (iFixit)

 

Meski begitu, bukan berarti semua komponen dari Samsung Galaxy S21 mudah untuk dilepas dalam perbaikan. Masih ada beberapa bagian yang menyulitkan jika harus ada reparasi pada HP flagship ini.

Seperti kebanyakan smartphone lainnya, dalam penggantian baterai dan layar memang butuh perhatian khusus. Terutama bagian baterai, Samsung tidak menggunakan tab tarik melainkan menempelkannya.

Singkatnya, bagian belakang Samsung Galaxy S21 mudah untuk dilepaskan tanpa perlu takut untuk memecahkan kacanya. Layar datarnya lebih membantu melepaskan komponen di sisi-sisinya.

Meski lebih mudah diperbaiki dibandingkan Samsung Galaxy S20, bukan berarti gampang untuk melakukan reparasi. Masih banyak komponen yang sulit untuk dilepaskan dari HP flagship baru tersebut.

Hasil Samsung Galaxy S21 dibongkar, iFixit memberikan nilai 4 dari 10 untuk kemudahan reparasinya. Terlihat kalau perangkat baru ini masih tergolong sulit jika dibandingkan banyak HP lainnya.

Itulah hasil pembongkaran Samsung Galaxy S21 yang mendapati lebih mudah melakukan perbaikan jika dibanding S20. Namun tetap terhitung sulit jika dibandingkan HP lainnya yang sudah meluncur di pasaran.

Berita Terkait