Gadget

Cara Melacak HP yang Hilang, Super Praktis Tanpa Panik

Berikut cara melacak HP yang hilang.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

Ilustrasi Cara Melacak HP yang Hilang. (pexels/Daria)
Ilustrasi Cara Melacak HP yang Hilang. (pexels/Daria)

Hitekno.com - Tidak bisa dipungkiri jika kini HP menjadi salah satu perangkat yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari penggunanya. Namun, terkadang karena kecerobohan, kamu justru sering kehilangan HP. Super praktis tanpa panik, berikut cara melacak HP yang hilang.

Kehilangan HP untuk beberapa keadaan jelas saja tidak bisa dihindari begitu saja, hal tersebut biasanya terjadi karena keteledoran atau justru karena kamu memang sedang apes saja.

Beruntung beberapa vendor HP saat ini menyediakan fitur-fitur yang bisa digunakan untuk melacak HP saat penggunanya kehilangan perangkat yang ia gunakan. Hal ini justru menjadi masalah jika perangkat yang kamu gunakan tidak menyediakan fitur untuk melacak HP.

Saat mengalami hal apes ini, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menangani HP hilang. Super praktis tanpa perlu panik sama sekali, berikut cara melacak HP yang hilang.

1. Cara melacak HP yang hilang melalui email

Ilustrasi email. (Pixabay/Rawpixel)
Cara melacak HP yang hilang. (Pixabay/Rawpixel)

 

Google secara khusus telah menciptakan sistem operasi yang mengharuskan pengguna untuk memasukkan email agar HP dapat digunakan. Untuk melacak HP yang hilang melalui email, kamu perlu masuk ke laman Gmail melalui browser.

Setelah laman Gmail telah terbuka, pengguna perlu memilih ikon 'titik sembilan' di sisi atas kanan untuk masuk ke akun Google. Selanjutnya, pilih pilihan 'Find your Phone' untuk mengakses Google Map yang dapat melacak posisi HP.

2. Cara melacak HP yang hilang melalui Find My Device

Ilustrasi iPhone 8. (Pixabay/bycoo32)
Cara melacak HP yang hilang. (Pixabay/bycoo32)

 

Bagi pengguna iOS, Apple menyediakan fitur 'Find My Device' untuk mengakses lokasi terakhir perangkat yang digunakan saat hilang.

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu masuk ke aplikasi tersebut melalui email untuk kemudian mengakses lokasi terakhir dari perangkatmu tersebut.

3. Cara melacak HP yang hilang melalui Google ADM

Ilustrasi HP. (pexels/Adrianna)
Cara melacak HP yang hilang. (pexels/Adrianna)

 

Cara lainnya untuk melacak HP yang hilang adalah melalui Google ADM. Kamu hanya perlu masuk ke ADM melalui gadget lainnya. Usai memasukkan email dan kata sandi, pengguna dapat langsung menemukan lokasi HP yang sebelumnya hilang ini.

4. Cara melacak HP yang hilang melalui Google Maps

Ilustrasi Google Maps. (Unsplash/ NESA by Makers)
Cara melacak HP yang hilang. (Unsplash/ NESA by Makers)

 

Cara berikut ini bisa diandalkan walaupun HP sedang dalam kondisi mati. Caranya adalah dengan membuka aplikasi Google Maps, kemudian pilih ikon dengan garis tiga di pojok kiri atas.

Langkah berikutnya adalah dengan memasukkan akun di 'Add Account'. Saat tampilan Google Maps telah terbuka, kamu perlu untuk memilih 'Your Timeline' agar proses pelacakan HP yang hilang akan segera dimulai.

Cukup praktis tanpa perlu panik, itu tadi 4 cara melacak HP yang hilang dengan mudah. Saat mengalami hal yang sama, kamu bisa mencoba beberapa cara di atas ya.

Berita Terkait