Gadget

Samsung Galaxy S21 Ultra Dukung S Pen, Bagaimana Nasib Galaxy Note?

Ternyata dukungan S Pen pada SamsungGalaxy S21 Ultra ini beda dengan Galaxy Note.

Agung Pratnyawan

Samsung Galaxy S21 Ultra mendukung S Pen. (Samsung Indonesia)
Samsung Galaxy S21 Ultra mendukung S Pen. (Samsung Indonesia)

Hitekno.com - Samsung telah meluncurkan HP flagship baru mereka yang terdiri dari trio perangkat, yakni Samsung Galaxy S21 Ultra, S21 Plus, dan S21.

Ketiganya resmi dikenalkan pada acara Galaxy Unpacked belum lama ini. Salah satu yang menarik adalah dukungan stylus S Pen pada Samsung Galaxy S21 Ultra.

Salah satu varian tertinggi, Samsung Galaxy S21 Ultra, membawa perubahan besar untuk seri Samsung Galaxy S. HP flagship ini menjadi smartphone pertama yang mendukung Stylus S Pen seperti seri Galaxy Note atau Galaxy Tab.

Taufiqul Furqan selaku Product Marketing Manager Samsung Mobile, PT Samsung Electronics Indonesia menyatakan, dukungan Stylus S Pen pada Galaxy S21 Ultra bukan berarti menggantikan seri Galaxy Note.

Menurutnya, kedua HP flagship Sasmung tersebut memiliki pangsa pasar berbeda-beda.

Samsung Galaxy S21 Ultra mendukung S Pen. (Samsung Indonesia)
Samsung Galaxy S21 Ultra mendukung S Pen. (Samsung Indonesia)

 

"Galaxy S21 Ultra dan Galaxy Note tetap punya target market berbeda. Kami memfungsikan Galaxy Note untuk produktivitas. Jadi ponsel ini dikhususkan untuk mereka untuk mendukung pekerjaannya," jelas Taufiq dalam konferensi pers virtual, Selasa (19/1/2021).

Ia mengungkapkan, dukungan S Pen untuk Galaxy Note dan Samsung Galaxy S21 juga berbeda. Untuk Galaxy Note, Samsung telah memasukkan perangkat yang langsung kompatibel dimasukkan ke dalam ponsel.

Sementara untuk Samsung Galaxy S21 Ultra, Samsung menjual S Pen secara terpisah. Artinya, tambah Taufiq, keberadaan S Pen untuk Galaxy S21 Ultra ini hanya kebutuhan opsional pengguna.

"S21 Ultra sebenarnya lebih mengutamakan kamera. Makanya S Pen lebih opsional. Namun apabila pengguna menginginkan S Pen sebagai pendukung tambahan, mereka bisa membeli perangkat tersebut. Jika tidak mau, ya tidak apa-apa, kan opsional saja," pungkasnya.

Sebagai seri S pertama dengan dukungan stylus, apakah membuat Samsung Galaxy S21 Ultra sebagai pengganti seri Galaxy Note? (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait