Gadget

CES 2021, Asus Kenalkan Sederet Monitor Gaming hingga Konten Kreator

Tak hanya produk baru, Asus pamerkan beragam teknologi monitor.

Agung Pratnyawan

Asus ROG Swift PG32UQ - monitor gaming untuk PS5 dan Xbox Series X. (Asus)
Asus ROG Swift PG32UQ - monitor gaming untuk PS5 dan Xbox Series X. (Asus)

Hitekno.com - Dalam helatan Consumer Electronics Show (CES) 2021, Asus mengenalkan sederet produk baru. Termasuk dikenalkan pula beberapa monitor gaming hingga monitor untuk konten kreator selama gelaran CES 2021 ini.

Perusahaan asal Taiwan ini hadir dengan berbagai penawaran di seluruh seri Gaming, ProArt, dan ZenScreen untuk memenuhi kebutuhan para gamer, konten kreator, sampai dengan profesional bisnis.

Menurut studi yang dilakukan oleh firma riset pemasaran TrendForce, Asus diproyeksikan mencapai peningkatan pengiriman monitor sebesar 40% year-on-year, menjadikannya berada di tingkat pertumbuhan tertinggi di antara 10 merek monitor teratas untuk tahun 2020.

Apa saja yang ditawarkan Asus dalam CES 2021 ini, termasuk untuk monitor gaming dan konten kreator.

Untuk Gamers

Monitor gaming Asus PG279QM. (Asus)
Monitor gaming Asus PG279QM. (Asus)

 

Asus memperkenalkan monitor gaming dengan berbagai macam pilihan ukuran seperti 28-, 32- dan 43-inci 144 Hz HDMI 2.1 untuk para gamer PC dan konsol. Sangat ideal untuk PC gamers, layar ini mendukung kartu grafis terbaru untuk game 4K yang stabil dengan kecepatan refresh di atas 100 Hz.

DisplayPort 1.4 Display Stream Compression (DSC) memungkinkan visual 4K melalui satu koneksi DisplayPort 1.4 dengan mengompresi dan mendekompresi setiap frame dengan cepat, tanpa kehilangan kualitas gambar yang terlihat.

Gamer konsol dapat terhubung ke konsol generasi terbaru melalui HDMI 2.1 untuk game 4K pada 120 Hz. Layar ini juga menampilkan teknologi Variable Refresh Rate dan mode Auto-Low-Latency.

Asus ROG Swift PG32UQ adalah monitor tanpa bingkai tiga sisi dengan panel IPS UHD 4K 32 inci dengan kecepatan refresh 144 Hz dan waktu respons gambar bergerak (MPRT) 1 ms. Selain itu, ia juga memiliki 98% ruang warna DCI-P3 serta ketepatan VESA DisplayHDR 600, Asus Extreme Low Motion Blur (ELMB) Sync, dan teknologi Asus Variable Overdrive.

Asus ROG Strix XG43UQ adalah monitor gaming 43 inci 4K UHD (3840 x 2160) dengan refresh rate 144 Hz untuk visual gaming yang sangat halus. Monitor ini menawarkan sejumlah fitur, termasuk DSC, Asus ELMB SYNC, dan High Dynamic Range (HDR).

Asus ELMB SYNC menghilangkan noda dan blur, menghasilkan visual bergerak yang lebih tajam sehingga gameplay lebih lancar dan responsif. Terakhir, monitor ini memiliki ketepatan DisplayHDR 1000 dan gamut warna DCI-P3 90% untuk performa warna dan kontras yang luar biasa.

Yang terkecil dari ketiganya, Asus TUF Gaming VG28UQL1A adalah monitor 4K UHD 28 inci dengan desain tiga sisi tanpa bingkai dan panel Fast IPS dengan kecepatan refresh 144 Hz dan waktu respons 1 ms. Ini fitur teknologi kecepatan refresh variabel untuk permainan supersmooth, bersama dengan 125% sRGB dan 90% DCI-P3 gamut warna, kepatuhan VESA DisplayHDR 400, ELMB SYNC dan teknologi Variable Overdrive.

Didesain untuk para gamer kompetitif, ROG Swift PG279QM adalah monitor WQHD 27 inci dengan panel Fast IPS 240 Hz dengan 1 ms (GTG). Monitor Ini dilegkapi dengan fitur prosesor G-SYNC dengan Reflex Latency Analyzer (RLA), ketepatan DisplayHDR 400 dan DCI-P3 95%.

Monitor gaming ini juga dilengkapi perangkat lunak GamePlus dan GameVisual eksklusif Asus yang memberikan keuntungan dalam game kepada para gamer. PG279QM memiliki pencahayaan Aura Sync dan dapat dipasangkan dengan produk lain yang kompatibel dengan Aura Sync untuk membuat pengaturan game dengan tampilan terpadu. Selain itu, monitor ini kompatibel dengan ROG Desk Mount Kit.

Asus  ROG Strix XG16AHP-W yang ringkas dan ringan adalah monitor gaming IPS FHD 15,6 inci portabel dengan kecepatan refresh 144 Hz dan teknologi sinkronisasi adaptif untuk gameplay yang mulus. Pada monitor ini disematkan baterai built-in berkapasitas tinggi 7800 mAh yang mampu bertahan hingga tiga jam saat digunakan bermain game pada 144 Hz, dan juga memiliki kemampuan pengisian cepat yang mampu bertahan hingga dua jam penggunaan setelah satu jam mengisi ulang.

Monitor gaming ini dilengkapi port USB-C dan mikro HDMI untuk kompatibilitas dengan perangkat seluler, laptop, konsol game, kamera, dan lainnya. Penyangga lipat dan ROG Tripod yang dibundel memberikan posisi tampilan yang ideal untuk bekerja atau bermain.

Untuk Konten Kreator

Monitor Asus PA148CTV. (Asus)
Monitor Asus PA148CTV. (Asus)

 

Asus ProArt Display PA148CTV adalah monitor portabel IPS FHD 14 inci dengan panel anti-glare dan multitouch kapasitif 10 titik. Didesain khusus untuk para kreator, dilengkapi Asus Dial dan Virtual Control Panel untuk menyediakan pintasan yang meningkatkan produktivitas dan hotkey yang dapat diprogram yang bekerja secara mulus dengan perangkat lunak Adobe yang didukung termasuk Photoshop, Lightroom Classic, Premiere Pro, dan After Effects. PA148CTV adalah monitor portabel Terverifikasi Calman pertama di dunia dan memiliki gamut warna 100% sRGB dan 100% Rec.709.

Monitor Asus ini telah dilakukan pra-kalibrasi pabrik dengan akurasi warna Delta E <2. Panel Kontrol Virtual menawarkan kenop penyesuaian, penggeser, tombol, roda, serta tombol pintas yang dapat diprogram untuk penyesuaian yang lebih rinci dan tepat.

Asus Dial adalah dial fisik di bagian belakang layar yang memungkinkan pengguna mengontrol perangkat lunak Adobe yang kompatibel dan kontrol Microsoft Surface Dial, memungkinkan penyesuaian sambil tetap fokus pada suatu tugas.

Pengontrol tampilan di layar (OSD) terintegrasi memungkinkan penyesuaian monitor yang cepat dan mudah. Pengguna dapat memanfaatkan perangkat lunak ProArt Preset yang telah diinstal sebelumnya untuk menyesuaikan gamut warna atau menggunakan ProArt Palette untuk mengakses pengaturan tampilan lainnya.

Asus PA148CTV memiliki dua port USB-C yang mengirimkan sinyal audio-visual dan input daya melalui satu kabel, sedangkan port HDMI mikro menyediakan koneksi ke berbagai sumber input.

Soket tripod memungkinkannya dipasang pada tripod, atau penyangga yang dapat disesuaikan dapat digunakan untuk menopang monitor guna mendapatkan sudut pandang dan posisi kerja yang ideal, bahkan saat dalam perjalanan. PA148CTV memiliki pelapis kulit untuk portabilitas yang elegan.

Monitor Asus ProArt Display PA329CV adalah monitor 32 inci 4K UHD (3840 x 2160) yang dilengkapi panel IPS dengan gamut warna 100% sRGB. Monitor ini telah Terverifikasi Calman serta pra-kalibrasi dari pabrik untuk memberikan akurasi warna Delta E <2, dan juga sesuai dengan VESA DisplayHDR 400. Selain itu, perangkat lunak ProArt Preset dan ProArt Palette telah dimuat sebelumnya untuk penyesuaian warna yang cepat dan mudah.

Asus  PA329CV memiliki serangkaian opsi konektivitas, termasuk dua HDMI, satu DisplayPort, dan satu port USB-C Mode Alt DisplayPort, pengiriman daya 90 watt dan transfer data super cepat. Desain ergonomisnya mencakup penyangga empat arah yang dapat disesuaikan, tombol fungsi di fasia depan, dan penyangga dudukan meja penjepit C.

Untuk Kebutuhan Bisnis

Mintor Monitor Asus MB16ACV. (Asus)
Mintor Monitor Asus MB16ACV. (Asus)

 

Asus ZenScreen MB16ACV adalah layar portabel FHD 15,6 inci dengan panel anti-glare dan desain bezel yang sangat sempit. Monitor ini telah dilapisi dengan perawatan perak ionik anti bakteri tahan lama yang menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur dengan mencegah adhesi hingga 99,9%, memenuhi standar JIS Z 2801 dan ISO 22196 Aktivitas Antimikroba dan Pengujian Khasiat.

Monitor Asus ini menjaga area utama monitor tetap bersih dan higienis untuk mengurangi potensi penyebaran bakteri berbahaya. Monitor ini kompatibel dengan semua laptop dengan port USB Type-C atau Type-A 3.0, dan menggunakan solusi sinyal hybrid yang menangani sinyal audio-visual dan pengiriman daya.

Penyangga ergonomis menopang monitor pada permukaan datar apa pun, memungkinkan penyesuaian kemiringan untuk sudut pandang yang nyaman. Untuk kenyamanan tambahan, ZenScreen MB16ACV kompatibel dengan dudukan ulir standar 1 / 4, memungkinkannya digunakan dengan tripod konvensional atau dipasang ke dudukan meja dengan mudah.

Berita Terkait