Gadget

Samsung Kembangkan Sensor Kamera HP 600 MP

Tak hanya resolusi tinggi, Sensor kamera HP ini juga memiliki ukuran besar.

Agung Pratnyawan

Samsung Galaxy Note20 Ultra. (Samsung)
Samsung Galaxy Note20 Ultra. (Samsung)

Hitekno.com - Samsung tidak hanya produsen smartphone dan produk elektronik lainnya, namun juga membua komponen hingga sensor kamera HP. Paling baru bahkan dikembangkan sensor kamera beresolusi super tinggi.

Tak tanggung-tanggung, perusahaan asal Korea Selatan ini disebutkan kalau menyiapkan sensor kamera HP beresolusi sampai 600 MP.

Dikutip dari GSM Arena, Selasa (8/12/2020), sensor 600MP yang dikerjakan ini bakal menghadirkan video dengan format 4K dan 8K. Dengan sensor ini juga, Samsung mengupayakan agar video yang dimainkan bisa di-zoom tanpa merusak kualitas.

Meski begitu, ada risiko menghadirkan Sensor ISOCELL 600MP. Perusahaan asal Korea Selatan ini harus menyelesaikan masalah pada kapasitas serta benjolan kamera.

Sebab, sensor kamera HP 600MP yang dihasilkan bakal memakan 12 persen area smartphone. Sensor ini juga akan menghasilkan tonjolan setebal 22m.

Bocoran kamera Samsung dengan sendor 600MP. [Twitter]
Bocoran kamera Samsung dengan sendor 600MP. [Twitter]

 

Sebagai perbandingan, Galaxy Note 20 memiliki ketebalan 8,3 mm. Akan sangat aneh apabila sebuah tonjolan kamera saja memiliki ketebalan hingga 22mm.

Untuk itu, dikutip dari Phone Arena, Senin (8/12/2020), Samsung dikabarkan akan menggunakan teknologi binning piksel ISOCELL yang memastikan tonjolan kamera tidak akan terlalu besar.

Rencana Samsung membuat sensor 600MP ini sebenarnya sudah dilontarkan sejak awal tahun. Saat itu, Yongin Park selaku Executive Vice President of Samsung's sensor business unit mengungkapkan bahwa perusahaan ingin membuat sensor kamera yang dapat melampaui mata manusia.

Sebagai informasi, ukuran sensor mata manusia memiliki sensor sekita 576 megapiksel.

Namun, Park mengatakan bahwa membuat sensor itu bukanlah hal mudah. Sebab, menghasilkan terlalu banyak piksel pada sensor membutuhkan ukuran yang besar. Apabila dipaksakan, seperti mengurangi ukuran piksel per unit misalnya, maka itu akan membuat gambar menjadi kusam.

Itulah kabar terbaru yang menyebutkan kalau Samsung bersiap membuat sensor kamera HP beresolusi 600 MP. (Suara.com/ Dicky Prastya).

Berita Terkait