Gadget

HP Pertama dengan Kamera Under Display, ZTE Axon 20 5G Dirilis Global

Selain kamera under display, ZTE Axon 20 5G juga membawa desain eksklusif.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

ZTE Axon 20 5G Extreme Edition. (ZTE)
ZTE Axon 20 5G Extreme Edition. (ZTE)

Hitekno.com - Beberapa waktu lalu, muncul bocoran bahwa ZTE akan menjadi produsen pertama yang merilis HP dengan kamera under display. Terbukti kebenarannya, kini perusahaan telah resmi memasarkan ZTE Axon 20 5G secara global.

Melalui keterangan resmi, mereka bakal meluncurkan ZTE Axon 20 5G di luar China sebentar lagi. Ini berarti ZTE Axon 20 5G juga termasuk HP kamera under display pertama yang dipasarkan secara komersial.

Pengiriman awal akan dimulai pada 21 Desember 2020. Dikutip dari GSM Arena, HP baru ini dibekali layar OLED 6,92 inci beresolusi Full HD Plus (2460 × 1080 piksel).

Perangkat membawa desain tipis dan elegan mengingat ketebalannya hanya 7,98 mm. ZTE Axon 20 dibekali chipset Snapdragon 765G yang dipasangkan dengan RAM 6 GB dan RAM 8 GB.

HP baru ini tersedia dalam dua varian memori internal yaitu 128 GB dan 256 GB. Terdapat baterai 4220 mAh yang didukung Qualcomm Quick Charge 4+ dan fast charging 30 W melalui port USB-C.

ZTE Axon 20 5G dengan kamera under display. (ZTE)
ZTE Axon 20 5G dengan kamera under display. (ZTE)

 

Perangkat membawa empat kamera belakang berkonfigurasi 64 MP (Primer, Ultra-High Pixel) + 8 MP (Ultrawide, 120 derajat) + 2 MP (Depth Sensor) + 2 MP (Macro). Kamera depan tersembunyi di bawah layar dengan sensor 32 MP (Wide).

Perusahaan juga merilis ZTE Axon 20 5G Extreme Edition yang membawa desain khusus. HP eksklusif tersebut memiliki bodi belakang yang dilapisi kulit imitasi berwarna oranye.

ZTE Axon 20 5G Extreme Edition. (ZTE)
ZTE Axon 20 5G Extreme Edition. (ZTE)

 

Panel belakang sama seperti varian versi standar, yaitu menggunakan kaca lengkung 3D dengan desain struktur sepuluh lapis.

Spesifikasinya mirip, hanya saja terdapat peningkatan pada bagian memorinya sehingga HP eksklusif ini memiliki RAM 12 GB + memori internal 256 GB.

Teknologi kamera under display milik ZTE Axon 20 5G. (ZTE)
Teknologi kamera under display milik ZTE Axon 20 5G. (ZTE)

 

Pada situs resminya, mereka mengklaim bahwa ini merupakan HP pertama di dunia dengan kamera under display yang dilengkapi layar OLED spesial.

Klaim mereka sepertinya benar mengingat produsen lain baru mengenalkan prototipe dan belum merilis secara komersial.

ZTE akan merilis ke beberapa pasar termasuk Britania Raya, Uni Eropa, Jepang, Korea Selatan, Thailand, Malaysia, Filipina, Uni Emirate Arab, Ukraina, Arab Saudi dan Afrika Selatan.

Varian warna ZTE Axon 20 5G. (ZTE)
Varian warna ZTE Axon 20 5G. (ZTE)

 

Masih belum diketahui apakah ZTE juga merilis Axon 20 5G ke luar beberapa negara tersebut termasuk Indonesia.

Perusahaan juga belum memberikan keterangan mengenai harga varian standarnya.

Namun ZTE Axon 20 5G Extreme Edition akan dibanderol sebesar 532 dolar AS atau Rp 7,5 juta. HP pertama dengan kamera under display ini cukup menarik mengingat desain sensornya bisa membuat layar benar-benar lapang.

Berita Terkait