Gadget

Tangkap Gambar Hitam dan Putih, Leica Rilis Monochrom Q2

Kamera dengan lensa monochrom ini makin diminati para fotografer.

Dinar Surya Oktarini

Kamera Leica Monochrom Q2. (Leica)
Kamera Leica Monochrom Q2. (Leica)

Hitekno.com - Produsen kamera Leica, kali ini kembali merilis kamera yang tak biasa, seperti M10-D yang tidak memiliki layar LCD sama sekali atau berbagai generasi kamera M Monochrom yang hanya hanya menangkap gambar hitam putih.

Kini perusahaan akan merilis kamera yang menangkap gambar hitam putih dengan merilis kamera Leica Monochrom Q2 baru.

Kamera Leica Q2 Monochrom adalah kamera Monochrom autofokus pertama perusahaan dengan semua model sebelumnya telah didasarkan pada pengukur jarak Seri-M.

Seperti yang sudah diprediksi, Kamera Leica Monochrom ini Q2 ini memiliki desain, penanganan, jendela bidik, sistem fokus otomatis, prosesor, baterai, perangkat lunak dan banyak lagi hal yang sama.

Kamera Leica Monochrom Q2. (Leica)
Kamera Leica Monochrom Q2. (Leica)

 

Dilansir dari laman The Verge, perbedaan kamera Leica Q2 Monochrom ini memiliki sensor full-frame 47 megapiksel hitam-putih yang dapat menangkap rentang dinamis yang lebih luas dan memiliki sensitivitas cahaya rendah yang lebih baik daripada sensor warna pada Q2 standar.

Tak hanya itu, Leica juga mengklaim dapat menangkap hingga 13 stop cahaya, dua stop lebih banyak daripada model warna dan rentang ISO-nya berkisar dari 100 hingga 100.000.

Leica sendiri juga mengatakan memiliki resolusi efektif yang lebih tinggi daripada sensor warna, meskipun memiliki jumlah piksel fisik yang sama, karena kurangnya array filter warna.

Kamera Monochrom Q2 ini benar-benar digarap serius oleh Leica dan sepenuhnya didesan ualng sensor di dalamnya, termasuk lensa mikro yang memfokuskan cahaya pada setiap piksel.

Hal ini yang memungkinkan kamera hitam-putih bekerja lebih baik pada sensitivitas tinggi dan menagkap rentang dinamis yang lebih luas.

Kamera jenis ini lantas banyak disukai oleh banyak fotografer sejak dirilis pada tahun 2012 karena kemampuannya untuk menangkap nada dan detail yang lebih baik daripada gambar berwarna yang diubah menajdi hitam putih.

Kamera Leica Monochrom Q2 ini tersedia pada 10 November dan dibanderol 5.995 dolar US atau sekitar Rp 84 juta.

Berita Terkait