Gadget

Benarkah RAM dan Resolusi dari Kamera Tentukan Canggihnya Sebuah HP?

Sebelum menentukan membeli smartphohe biasanya ada 2 tipe orang dengan cara penentuan yang berbeda.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi fotografi. (Pixabay/StockSnap)
Ilustrasi fotografi. (Pixabay/StockSnap)

Hitekno.com - Ketika Anda ingin membeli smartphone, biasanya ada 2 tipe orang dengan cara penentuan yang berbeda. Pertama adalah orang yang setia dengan sebuah brand, biasanya ini adalah pengguna iPhone yang hanya berpikir ingin upgrade iPhone lamanya dengan iPhone seri terbaru.

Tipe kedua adalah orang yang mementingkan spesifikasi, terutama pada besarnya ram dan resolusi kamera tersebut. Biasanya ini adalah pengguna android yang terkesima dengan smartphone yang memiliki performa yang powerfull di atas kertas, sehingga smartphone terkesan canggih, futuristic dan anti lelet.

Tipe kedua inilah yang suka membandingkan besaran performa suatu handphone. Meskipun bukan merupakan sesuatu yang mutlak keliru, memakai besaran angka untuk membandingkan smartphone terkesan terburu-buru menghakimi performa gadget tersebut.

Teruntuk Anda yang ingin hunting smartphone di e-commerce ketika diskon akhir tahun nanti, sebelumnya Anda harus tahu dulu kalau ada promo cicilan 0% dari Kredivo yang bisa Anda manfaatkan untuk kredit HP tanpa uang muka pada pada 10-12 November mendatang. Promo ini khusus kredit HP tanpa uang muka dengan tenor 3 dan 6 bulan secara online di e-commerce favorit Anda.

Ilustrasi HP. (pexels/Daria)
Ilustrasi HP. (pexels/Daria)

 

Selain soal promo akhir tahun, Anda juga jangan sampai terbuai oleh besaran RAM dan resolusi kamera saja ketika memilih smartphone. Mengapa? Mari kita bahas secara lengkap.

RAM
RAM atau Random Access Memory merupakan tempat penyimpanan data yang bersifat sementara pada suatu perangkat elektronik. Ia akan bekerja ketika perangkat diaktifkan. Data yang ada di dalamnya akan dihapus ketika perangkat tersebut dimatikan. Bila diibaratkan, RAM adalah jalan raya, aplikasi adalah mobil dan memori adalah garasi. Jika semakin luas jalan
raya, semakin banyak mobil yang bisa berlalu lalang di tempat tersebut. Lalu, seberapa pentingkah RAM pada smartphone Anda? John Poole, seorang pakar IT dari GeekBench mengatakan rata-rata orang menggunakan 9 aplikasi per hari hingga 30 aplikasi per bulannya. Dengan demikian seharusnya kapasitas RAM yang terpakai hanya 2,3GB per hari. Jadi tidak terlalu penting RAM besar untuk penggunaan keseharian. Banyak orang yang beranggapan bahwa semakin besar RAM semakin cepat performanya itu salah besar. Performa smartphone itu dipengaruhi oleh chipset, grafis dan prosesornya. Jadi, jangan menyimpulkan bahwa semakin besar RAM di suatu HP, semakin cepat juga performa HP tersebut, ya!

Resolusi Kamera

Ilustrasi fotografi makanan. (Pixabay/Stocksnap)
Ilustrasi fotografi makanan. (Pixabay/Stocksnap)


Sebagaimana kita tahu, jika ada smartphone baru yang keluar, spesifikasi kamera biasanya disuguhkan oleh besarnya piksel. Megapiksel sendiri memiliki arti satu juta piksel. Piksel adalah kotak kecil yang disatukan seperti potongan puzzle atau mozaik untuk menyusun foto hasil jepretan sebuah kamera. Jika Anda membandingkan smartphone yang memiliki 10 megapiksel dan 2 megapiksel, jelas gambar yang diambil lebih jernih 10 megapiksel, karena 10 megapiksel mampu menyusun 10 juta kotak sedangkan 2 megapiksel hanya mampu menyusun 2 juta kotak. Alhasil, semakin
besar megapiksel, semakin tajam dan jelas hasil foto tersebut. Tapi, apakah semakin besar resolusi kamera adalah satu-satunya patokan kualitas kamera?

Jawabannya adalah tidak, karena Anda juga harus memperhatikan sensor pada kamera tersebut. Kamera yang memiliki sensor kecil akan mempersulit piksel untuk menangkap cahaya lebih banyak. Begitupun sebaliknya, kamera dengan sensor yang lebih besar akan menghasilkan gambar dengan noise yang lebih sedikit. Meski dengan pengaturan ISO tinggi,
gambar tidak akan noise jika kamera smartphone-mu memiliki sensor yang bagus. Jadi, besaran megapiksel kamera bukan patokan bagus tidaknya sebuah kamera pada smartphone, ya! Tetap setelah membaca in Anda jadi tidak memperdulikan resolusi kamera juga. Setidaknya jika ingin mendapatkan photo bagus, smartphone tersebut memiliki resolusi
kamera 8 megapiksel.

Selain ukuran megapiksel dan sensor kamera yang bisa membuat hasil foto jadi lebih baik, jangan lupa juga pertimbangkan fitur-fitur lain. Contohnya dukungan pengambilan gambar low light, image stabilizer, ukuran aperture yang besar, fitur optical zoom, kemampuan mengatur ISO, fitur HDR, panorama hingga dukungan format file RAW. Dan jangan lupa yang terpenting adalah Anda sebagai man behind the gun! Dengan skill fotografi yang mumpuni dan terus dilatih, maka hasil foto yang Anda hasilkan akan jauh lebih baik.

Berita Terkait