Gadget

Siapkan Origin OS, Vivo Siap Gantikan Funtouch?

Origin OS diprediksi meluncur sebelum akhir tahun 2020.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Logo Vivo. (Vivo)
Logo Vivo. (Vivo)

Hitekno.com - Vivo dikabarkan sedang mengembangkan perangkat lunak internal baru yang disebut Origin OS. Rumor yang beredar menyatakan bahwa perangkat lunak itu dapat menggantikan Funtouch OS yang dimiliki Vivo.

Sebagai informasi, akhir tahun lalu Vivo mengumumkan Funtouch OS 10, yang diluncurkan bersama dengan Vivo X30.

Namun pandemi menunda rencana mereka untuk memberikan update pada banyak HP keluaran lama.

Awalnya, perusahaan merencanakan untuk beralih ke JoviOS sebelum mereka malah meninggalkan proyek tersebut. Dikutip dari GSM Arena, perangkat lunak Origon OS sedang dipersiapkan untuk dirilis pada HP baru milik Vivo.

Menurut kabar dari leaker populer bernama Digital Chat Station, ia mengklaim bahwa itu adalah singkatan dari "Original OS" atau "OS asli".

Ilustrasi Funtouch OS milik Vivo. (GSM Arena)
Ilustrasi Funtouch OS milik Vivo. (GSM Arena)

 

Digital Chat Station menjelaskan bahwa Origon OS akan menjadi peningkatan besar dari Funtouch saat ini.

"Sistem baru Blue Factory, Origin OS, telah berkembang pesat, dan memiliki semua yang seharusnya tersedia, dan diharapkan menjadi salah satu eselon pertama UI yang disesuaikan untuk Android," tulis Digital Chat Station pada cuitan di akun Twitter-nya.

Laporan dari Gizchina, Origin OS diprediksi akan meluncur sebelum akhir tahun 2020.

Bocoran mengenai Origin OS yang dirumorkan menjadi pengganti Funtouch OS. (Twitter/ StationChat)
Bocoran mengenai Origin OS yang dirumorkan menjadi pengganti Funtouch OS. (Twitter/ StationChat)

 

UI terbaru ini diharapkan akan tiba pada November atau Desember 2020. Bocoran mengklaim bahwa Origon OS akan meluncur bersama dengan HP baru Vivo X60 series.

Penamaan "Sistem operasi asli" sepertinya mencoba memberi tahu kita bahwa sistem tersebut asli dan pekerjaan atau sistemnya masih cukup awal. Ini memberi tahu kita bahwa UI Vivo tersebut akan sangat berbeda dibandingkan pendahulunya.

Pada kuartal terakhir 2020, manajer proyek Funtouch OS mengumumkan versi baru dari sistem HP yang menggunakan JoviOS. Namun tidak ada berita mengenai kelanjutannya sehingga Origin OS ini kemungkinan dapat menjadi UI terbaru dari Vivo.

Berita Terkait