Gadget

Bocoran Paten Desain HP Layar Lipat Xiaomi, Mirip Samsung?

Xiaomi telah mengajukan paten HP layar lipat ini di badan paten China.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi logo Xiaomi. [Shutterstock]
Ilustrasi logo Xiaomi. [Shutterstock]

Hitekno.com - Kabar terbaru, Xiaomi telah mengajukan banyak paten desain HP layar lipat. Salah satunya disebut-sebut memiliki penampakan mirip dengan perangkat Samsung.

Menurut LetsGoDigital, perusahaan asal China tersebut telah mengajukan paten ini sejak awal tahun 2020. Xiaomi mulai mendaftarkan paten HP layar lipat ini di CNIPA (China National Intellectual Property Administration) sejak 2 Januari.

Paten tersebut telah dipublikasikan Selasa kemarin. Dari tampilannya dan deskripsi di situs CNIPA, sudah pasti smartphone yang bisa dilipat.

Anehnya, desainnya terlihat sangat mirip dengan perangkat lipat Samsung Galaxy dengan desain lipat ke dalam. Selain itu, penutup depan memiliki layar sekunder dan pengaturan tiga kamera belakang.

Sebagaimana melansir laman Gizmochina, Rabu (21/10/2020), keduanya mirip dengan Galaxy Fold generasi pertama 2019. Selain itu, engsel vertikalnya sangat mirip dengan Fold tetapi dengan desain lebih datar.

Logo Xiaomi di gedung perkantoran. (Xiaomi)
Logo Xiaomi di gedung perkantoran. (Xiaomi)

 

Namun, ada bedanya. Layar yang lebih besar dari ujung ke ujung dan tidak memiliki potongan di pojok kanan atas seperti "Lipat".

Ada garis vertikal di sisi kanan layar lebar. Mungkin untuk sensor kamera dengan senter atau pemindai wajah. Strip ini menyerupai salah satu paten sebelumnya dari Xiaomi.

Menariknya adalah layar besarnya terletak tepat di dalam bingkai yang mengelilinginya. Ini membuatnya terlipat dan rata, tidak seperti lubang kecil yang tersisa di Galaxy Fold.

Jadi, Anda bisa membayangkan keseragamannya, dan untuk meletakkannya dalam perspektif, itu harus diletakkan rata jika diletakkan terbalik di atas permukaan.

Sayang, tidak ada info lain tentang ini dan mengingat ini adalah paten, hanya akan melihat skema 3D. Samsung saat ini menjadi pemimpin smartphone lipat dan Galaxy Z Fold 2 terbaru menjadi titik referensi bagi banyak orang. Huawei telah keluar dengan Mate X, dan Mate Xs, desain Xiaomi belum melewati pengujian dan belum mendapatkan terobosan.

Itulah kabar terbaru dari paten HP layar lipat yang diajukan Xiaomi. Apakah perusahaan ini akan segera meluncurkannya? (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait