Gadget

Jadi Andalan iPhone 12 Series, Ini Fungsi Fitur MagSafe

MagSafe kini dihidupkan kembali oleh Apple untuk perangkat iPhone 12 Series.

Agung Pratnyawan | Amelia Prisilia

iPhone 12. (Apple)
iPhone 12. (Apple)

Hitekno.com - Keluarga Apple baru saja merilis perangkat barunya yaitu iPhone 12 Series. Menimbulkan banyak pro dan kontra terkait kedatangannya, iPhone 12 Series cukup menarik dengan fitur MagSafe yang menjadi andalannya.

Sebelumnya, fitur MagSafe tersedia untuk beberapa perangkat Apple lainnya. Sejumlah MacBook edisi lama diketahui mengandalkan fitur ini untuk perangkatnya.

Dua perangkat MacBook lama yang menggunakan fitur MagSafe antara lain MacBook Air dan MacBook Pro. MagSafe pada perangkat tersebut berupa port khusus dengan ujung tembaga dan bantuan magnet untuk pengisian daya.

Mengutip The Verge, MagSafe kini dihidupkan kembali oleh Apple untuk perangkat iPhone 12 Series. Namun, kedatangan fitur ini tentu berbeda dengan kedatangan sebelumnya pada perangkat MacBook.

Mengadaptasi konsep MagSafe pada MacBook, Apple lalu menyematkan fitur ini untuk iPhone 12 Series. Dengan MagSafe, pengguna dapat mengisi daya secara nirkabel hanya dengan memanfaatkan kekuatan magnet.

MagSafe di iPhone 12 Series. (Apple)
MagSafe di iPhone 12 Series. (Apple)

 

Untuk memanfaatkan fitur MagSafe pada iPhone 12 Series ini Apple menyematkan ring magnet di balik casing belakang perangkat tersebut. Ring magnet ini berfungsi untuk mengisi daya pada deretan perangkat iPhone 12 Series.

Kehadiran MagSafe menawarkan berbagai keunggulan. Bila sebelumnya pengisian daya hanya 7,5 watt, nantinya MagSafe mampu mengalirkan daya hingga 15 watt. Kehadiran MagSafe jelas menambah kelebihan iPhone 12 Series dari keluarga Apple.

Lebih lanjut, Apple menyebut bahwa iPhone 12 Series ini bisa diisi daya dengan menggunakan beberapa aksesoris lainnya seperti standing wireless charger dari berbagai brand.

Walaupun menimbulkan pro dan kontra karena rilis tanpa charger dan earphone, kehadiran MagSafe pada iPhone 12 Series cukup menjadi keunggulan perangkat ini sehingga berpengaruh pada ketertarikan pengguna membeli perangkat tersebut.

Berita Terkait