Gadget

Ada yang Baru, Deretan Fitur WhatsApp Ini Akan Dirilis 2020

Ada beberapa kabar terkait fitur WhatsApp yang mungkin akan hadir di perangkat kamu di 2020 ini.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi WhatsApp. (Unsplash/Mika Baumeister)
Ilustrasi WhatsApp. (Unsplash/Mika Baumeister)

Hitekno.com - Aplikasi WhatsApp selalu merilis beberapa fitur terbaru untuk penggunanya, mungkin salah satu dari kalian bahkan belum pernah mencoba semuanya. 

Dilansir dari laman The Sun, ada beberapa kabar terkait fitur WhatsApp yang mungkin akan hadir di perangkat kamu tahun ini. 

Mode Liburan WhatsApp

Ini akan berguna bagi orang-orang yang telah mengarsipkan obrolan tetapi belum menghapusnya.

Mengarsipkan orang dapat membuat daftar obrolan Anda terlihat lebih teratur, tetapi begitu mereka mengirim pesan lagi, mereka akan muncul kembali di bagian obrolan Anda.

Ilustrasi penggunaan WhatsApp. [Shutterstock]
Ilustrasi penggunaan WhatsApp. [Shutterstock]

"Saat ini, WhatsApp menawarkan pengguna kemampuan untuk mengarsipkan obrolan, tetapi ketika pesan baru tiba, pemberitahuan akan muncul untuk pengguna. Mode Liburan tampaknya menonaktifkan kemampuan ini dan bekerja pada fitur ini dilaporkan setahun yang lalu, tetapi WhatsApp tampaknya telah meninggalkannya," tulis Gadgets360.

WhatsApp tampaknya mengerjakan ini lagi dalam versi beta aplikasinya, banyak melegakan pengguna yang tidak ingin menghapus obrolan tetapi juga tidak ingin berada di dalamnya.

Ini berbeda dengan membisukan obrolan karena obrolan yang dibungkam masih dapat terlihat di bagian obrolan Anda dan mengingatkan Anda tentang orang yang tidak ingin Anda ajak bicara.

Desain obrolan yang berbeda

Jika Anda pernah mengirim pesan ke orang yang salah maka ini bisa menjadi fitur yang bagus.

WhatsApp dilaporkan sedang mengerjakan fitur untuk pengguna iPhone yang memungkinkan mereka memiliki latar belakang berbeda untuk obrolan berbeda.

Saat ini, jika Anda mengubah latar belakang WhatsApp, semua obrolan Anda akan berubah menjadi sama.

"Ini adalah langkah besar dari WhatsApp, yang tidak pernah diizinkan untuk menyesuaikan obrolan tertentu. Kami berharap dapat melihat lebih banyak fitur serupa di masa mendatang, misalnya kemungkinan untuk memilih pengaturan unduh otomatis yang berbeda dalam obrolan yang berbeda," tulis WABetaInfo.

Pesan WhatsApp yang terhapus sendiri

WhatsApp tampaknya telah membangun fitur yang pasti akan dinikmati oleh pecinta selingkuh, yakni pesan yang terhapus sendiri.

Fitur WhatsApp. [Twitter]
Fitur WhatsApp. [Twitter]

Aplikasi ini sedang menguji jenis pesan baru yang secara otomatis menghapus dirinya sendiri untuk berhenti mengintip dari obrolan Anda.

Pertama kali dibuat oleh Snapchat dan kemudian "dicolek" oleh Instagram, posting yang menghapus otomatis, memungkinkan pengguna untuk mengatur batas waktu berapa lama pesan mereka ditampilkan.

Ini membantu menjaga obrolan benar-benar pribadi, karena percakapan Anda disembunyikan bahkan jika seseorang mengetahui kode sandi ke ponsel Anda.

WhatsApp sekarang sedang menguji versinya sendiri di Android, menurut WAbetaInfo. Situs ini menjaring kode versi awal WhatsApp untuk menemukan fitur yang akan datang sebelumnya.

Meskipun saat ini tidak tersedia untuk semua orang, WhatsApp sedang menguji fitur tersebut pada sekelompok kecil pengguna. Ini kemungkinan akan diluncurkan untuk semua orang di kemudian hari.

Fitur ini akan berfungsi di obrolan grup dan percakapan satu lawan satu. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkannya atau mengubah batas waktu sebelum penghapusan di pengaturan.

Alat anti-catfishing

Catfishing bisa menjadi bagian dari masa lalu karena WhatsApp dilaporkan membuat kemampuan pencarian gambar terbalik untuk aplikasi tersebut.

Fitur 'Search by Image' yang baru belum tersedia karena masih diuji tetapi orang-orang yang mendaftar untuk menjadi penguji beta WhatsApp pada akhirnya dapat mengaksesnya.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengklik gambar yang dikirim melalui WhatsApp dan mencarinya di Google untuk memverifikasi sumbernya.

Hal ini dapat membantu mengurangi penyebaran berita palsu serta mempersulit orang untuk mengelabui orang lain dengan menggunakan gambar yang bukan dari mereka.

Ilustrasi penggunaan WhatsApp. [Shutterstock]
Ilustrasi penggunaan WhatsApp. [Shutterstock]

WhatsApp beta untuk Android 2.19.73 dikatakan sebagai versi alat olahpesan yang sedang diuji kemampuannya untuk melakukan pencarian gambar Google terbalik langsung dari aplikasi.

Aplikasi ini menggunakan Google Custom Search untuk memberikan kemampuan mesin pencari.

Bisukan fitur selamanya

Whatsapp dikatakan sedang mengerjakan fitur baru yang dapat menghentikan Anda menerima pemberitahuan yang mengganggu.

Fitur ini akan berguna bagi orang-orang yang terjebak dalam grup WhatsApp yang tidak dapat mereka tinggalkan.

Platform obrolan saat ini memberi pengguna opsi untuk menonaktifkan grup atau individu selama delapan jam, satu minggu, atau satu tahun.

Ponsel Anda akan tetap berdering jika menerima panggilan dari kontak yang dinonaktifkan, tetapi tidak akan memberi notifikasi.

Namun, @WABetaInfo mengklaim bahwa WhatsApp berencana memiliki opsi "bisukan selalu". Itu berarti Anda bisa tetap tidak menyadari obrolan Anda yang dibungkam selamanya.

Hanya karena suatu fitur diuji dalam versi beta WhatsApp, tidak berarti itu pasti akan diluncurkan ke arus utama. Jika Anda tidak sabar menunggu fitur ini, Anda selalu dapat menonaktifkan obrolan setiap tahun.

Untuk melakukan ini, masuk ke obrolan WhatsApp yang tidak Anda inginkan pemberitahuannya. Klik nama di atas dan Info Kontak akan muncul. Kemudian cari "Mute" dan pilih "1 year".

Ilustrasi blokir WhatsApp. [Shutterstock]
Ilustrasi WhatsApp. [Shutterstock]

Anda dapat menggunakan proses yang sama untuk menyuarakan kapan saja.

Cara mendapatkan WhatsApp beta

Untuk mengunduh WhatsApp beta untuk ponsel cerdas Anda, pergi ke Google Play dan mencari WhatsApp. Gulir ke bawah halaman sampai Anda melihat "Menjadi Penguji Beta".

Ketuk tombol "Saya Ikut" lalu klik "Gabung" untuk mengonfirmasi. Sekarang yang harus Anda lakukan hanyalah menunggu pembaruan ke versi beta aplikasi.

Mengunduh WhatsApp beta di iOS adalah proses yang jauh lebih rumit dan berisiko, jadi ini tidak disarankan. 

Tetapi WhatsApp Beta bisa diunduh melalui di perangkat komputer di situs Google Play. (Suara.com/Dythia Novianty)

Berita Terkait