Waspadai Pencurian Data Pribadi di HP, Ini Tips Mengatasinya

Inilah cara Oppo menjaga privasi pengguna agar data pribadi pengguna aman.

Agung Pratnyawan
Senin, 31 Agustus 2020 | 17:00 WIB
Oppo Watch. (Oppo Indonesia)

Oppo Watch. (Oppo Indonesia)

Hitekno.com - Tindak pencurian data pribadi di HP mulai marak terjadi. Terlebih makin banyaknya pemakaian HP atau smartphone dalam keseharian, tidak terbatas jadi alat komunikasi saja.

HP sendiri telah banyak digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas, mulai dari alat bantu dalam melakukan pekerjaan, peranti hiburan, alat rekam, hingga asisten pribadi.

Bahkan saat ini smartphone sering digunakan sebagai dompet digital. Ketika fungsi smartphone menjadi alat untuk bertransaksi digital maka perlu diimbangi dengan sistem keamanan yang mumpuni. Hal ini untuk mencegah pencurian data dan informasi rahasia milik penggunanya.

Baca Juga: Kece Abis, Begini Hasil OOTD di Malam Hari Pakai Oppo Reno4

Data pribadi yang ada di smartphone berpotensi untuk dicuri secara digital melalui beragam teknik serangan siber (cyber attack) seperti phising, malware, atau aplikasi jahat atau justru dengan teknik konvensional seperti smartphone spying atau mengintip layar.

Berbagai informasi yang terdapat di sana seperti data pribadi, uang di dalam aplikasi, atau daftar kontak dapat dengan mudah disebarkan atau disalahgunakan oleh penjahat siber. Hal ini yang menjadi perhatian Oppo untuk melindungi privasi dan data pengguna smartphone.

Untuk memberikan privasi yang lebih baik, Oppo memperkenalkan teknologi Smart Spying Prevention yang ada di Oppo Reno4. Teknologi ini akan menyembunyikan isi notifikasi saat ada orang lain memandang layar smartphone yang sedang dibuka oleh pengguna.

Baca Juga: Kolaborasi dengan Rinaldy Yunardi, Ini Harga Aksesori Eksklusif Oppo Reno4

Untuk memfungsikan fitur Smart Spying Prevention, maka pengguna perlu mendaftarkan wajah terlebih dahulu agar kamera smartphone mengenalinya sebagai pemilik ponsel yang sah. Setelah fitur tersebut aktif, pengguna tidak perlu merasa khawatir terhadap kemungkinan isi dari notifikasi aplikasi pada ponsel cerdas bisa diintiip oleh orang lain ketika berada di dalam transportasi publik.

OPPO Reno4. (dok. Oppo)
OPPO Reno4. (dok. Oppo)

Ketika pengguna meng-install aplikasi baru, kadang mereka tidak sadar ada beberapa aplikasi yang membutuhkan persetujuan untuk mengakses hal-hal sensitif pada smartphone seperti kontak, kamera untuk mengambil foto, dan lokasi.

Bahkan beberapa aplikasi memerlukan akses ke data pribadi lebih banyak lagi yang seringkali diabaikan oleh pengguna dengan sukarela memberikan akses izin untuk bisa mengambil data pribadi mereka.

Baca Juga: Antusiasme Tinggi,Pemesanan Oppo Reno4 Melonjak di Bandung

Pada perangkat Oppo Reno4, pengguna tidak perlu khawatir terhadap kemungkinan buruk tersebut karena adanya fitur Personal Information Protection.

Saat fitur ini diaktifkan, maka sistem akan secara otomatis menentukan beberapa aplikasi berbahaya yang mencoba membaca informasi pribadi dan memberikan informasi berupa data kosong untuk menghindari kebocoran data.

Pengguna dapat mengaktifkan fitur ini dengan menuju opsi [Settings] > [Privacy] > [Personal Information Protection] > alihkan ke [Smart Protection] untuk diaktifkan. Ketika sudah aktif, sistem akan terotomatis melindungi Riwayat Panggilan, Kontak, Pesan, serta Kegiatan pengguna.

Baca Juga: Ramai Peminat, Pre-order Oppo Reno4 Ludes dalam 3 Menit

Berkaitan dengan pembayaran digital yang kian jamak, Oppo juga memberikan opsi perlindungan data berupa Payment Protection. Fitur ini akan melakukan pemindaian otomatis terhadap aplikasi pembayaran dan melindunginya dari ancaman pembobolan data.

Masih terkait dengan pembayaran digital, Oppo juga menyediakan fitur Secure Keyboard. Pada fitur ini, perangkat akan secara otomatis akan mengganti keyboard bawaan ke Oppo Secure keyboard ketika pengguna perlu memasukkan informasi sensitif. Oppo Secure keyboard tidak akan merekam informasi yang dimasukkan oleh pengguna seperti password, terkoneksi ke jaringan internet atau fitur autocomplete.

Sekarang ini, kita hampir setiap waktu terhubung dengan smartphone sehingga perlu kesadaran untuk selalu memproteksinya dari berbagai potensi buruk seperti pencurian data pribadi.  Semakin banyak aplikasi baru pada perangkat smartphone, maka semakin banyak pula informasi pribadi yang diberikan melalui aplikasi tersebut.

Untuk itulah kamu memerlukan perangkat smartphone yang dapat melindungi data dan privasi sepanjang waktu.

Berita Terkait
TERKINI

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB

Ini beberapa fitur unggulanPOCO M6 Pro yang diklaim memberikan pengalaman lebih bagi anak muda....

gadget | 12:00 WIB

Harga Samsung Galaxy A05s masih terjangkau, cek berapa sekarang....

gadget | 10:48 WIB

Jika Anda sedang mencari komputer tanpa CPU, Anda bisa cek 4 komputer dari Acer berikut ini....

gadget | 12:44 WIB

Mulai 2 Maret 2024, Vivo V30 sudah dapat diperoleh di seluruh gerai resmi dan mitra Vivo Indonesia....

gadget | 09:48 WIB

Cek seperti apa Huawei FreeBuds Pro 3 ini....

gadget | 18:50 WIB

Samsung akan terus mengembangkan Galaxy Buds Series untuk memberikan kualitas audio dengan kecerdasan dan konektivitas t...

gadget | 15:29 WIB

Redmi Note 13 Series resmi rilis, cek apa saja yang masuk....

gadget | 15:22 WIB

Cek dulu daftar harga Redmi Note 13 Series ini, resmi dihadirkan ke Indonesia....

gadget | 16:26 WIB

Laptop gaming bertema kucing, cek seperti apa Colorfire Meow....

gadget | 18:33 WIB

POCO Indonesia membekali HP baru ini dengan layanan after sales yang memadai....

gadget | 18:09 WIB

Redmi Note 13 Series dipastikan akan meluncur Februari 2024, cek apa yang ditawarkan....

gadget | 17:59 WIB
Tampilkan lebih banyak