Gadget

Cara Menghentikan Google Melacak Lokasi, Tak Lagi Merasa Dipantau

Pelacakan lokasi berguna untuk memberi tahu informasi tentang suatu tempat terdekat. Tapi fitur ini menimbulkan risiko masalah privasi.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Google Maps. (Pixabay/deepanker70)
Ilustrasi Google Maps. (Pixabay/deepanker70)

Hitekno.com - Bagaimana cara menghentikan Google melacak lokasi kamu? Terlebih untuk yang sangat memperhatikan privasi agar tidak jatuh ke tangan-tangan tidak beranggungjawab.

Seperti diketahui, pelacakan lokasi berguna untuk memberi tahu informasi tentang suatu tempat terdekat.

Tapi fitur ini menimbulkan risiko masalah privasi. Untungnya, Google memungkinkan pengguna menghentikan pelacakan lokasi baik di menggunakan browser ataupun ponsel.

Dilansir dari The Verge, Jumat (28/8/2020), berikut cara menghentikan Google melacak lokasi pengguna:

1. Menghentikan pelacakan Google menggunakan browser

Ilustrasi Google Account. [Shutterstock]
Ilustrasi Google Account. [Shutterstock]

 

Buka alamat https://myactivity.google.com/ > pilih Kontrol Aktivitas yang ada di menu sebelah kiri > gulir ke bawah melalui berbagai aktivitas dan pilih yang ingin pengguna nonaktifkan.

Ini mungkin memakan waktu cukup lama, terutama jika pengguna ingin melakukan penelitian tentang apa yang akan terpengaruh.

Aktivitas yang tercantum yang akan mengungkapkan lokasi pengguna mencakup Aktivitas Web & Aplikasi dan Histori Lokasi. Pengguna mungkin ingin mencentang Sertakan Rekaman Audio yang ada di bawah opsi Aktivitas Web & Aplikasi.

Pengguna juga dapat menghapus Informasi Perangkat, Histori YouTube, dan Personalisasi Iklan yang menggunakan riwayat untuk memilih iklan yang akan dilihat.

Anda mungkin telah mencegah pengumpulan data lainnya. Jika ingin menghapus semua atau beberapa informasi yang telah dikumpulkan, kembali ke halaman Aktivitas Saya dan klik opsi Hapus Aktivitas Menurut di menu sebelah kiri.

Pengguna akan melihat pop-up window yang memungkinkan untuk menghapus aktivitas berdasarkan periode waktu, seperti satu jam terakhir, satu hari terakhir, sepanjang waktu, atau Custom Range untuk rentang tanggal dan waktu tertentu.

Jika memilih antara sepanjang waktu atau Custom Range, pengguna dapat memfilter info tersebut tergantung pada layanan. Setelahnya, klik Berikutnya.

Kemudian akan mendapatkan pratinjau dari beberapa aktivitas yang akan dihapus. Jika setuju dengan pilihan, klik Hapus.

2. Menghentikan pelacakan Google di perangkat Android

Google Maps di ponsel Android. [Shutterstock]
Google Maps di ponsel Android. [Shutterstock]

 

Buka Pengaturan > pilih Akun dan ketuk akun email Google pengguna. Jika ada lebih dari satu akun yang terdaftar, pilih salah satu yang ingin pengguna ubah pengaturannya.

Ketuk menu Akun Google > gulir ke bawah ke Kelola Data & Personalisasi Anda > lihat di bawah Kontrol Aktivitas. Pada halaman ini, pengguna dapat menonaktifkan atau menjeda pelacakan berbagai aktivitas.

Jika menginginkan kontrol yang lebih terperinci atas aktivitas kontrol, pengguna dapat menggulir ke bawah dan memilih opsi Kelola Kontrol Aktivitas Anda. Sekarang Anda akan memiliki akses ke halaman yang sangat mirip dengan halaman web Kontrol Aktivitas.

itulah cara menghentikan Google Melacak Lokasi ke mana saja kamu pergi. Selamat mencoba. (Suara.com/ Lintang Siltya Utami).

Berita Terkait