Gadget

Review Redmi Note 9, HP Cantik Luar Dalam

Tidak hanya hadir dengan desain cantik, Redmi Note 9 dibekali fitur dan spesifikasi menarik.

Agung Pratnyawan

Redmi Note 9. (HiTekno.com)
Redmi Note 9. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Redmi Note 9 hadir sebagai andalan baru Xiaomi Indonesia untuk kelas Rp 2 jutaan. Bagaimana review Redmi Note 9 ini, apakah laya beli?

HP baru ini hadir sebagai penerus Redmi Note 8 yang laris manis di pasaran. Bukan tanpa alasan, HP tersebut merupakan salah satu yang terbaik di kelas Rp 2 jutaan.

Bisakah Redmi Note 9 meneruskan kesuksesan Redmi Note 8 sebagai raja dikelas yang ramai HP-HP menarik ini? Itulah yang diulas dalam Review Redmi Note 9 ini.

HiTekno.com menguji HP baru Xiaomi Indonesia ini dengan versi tertingginya, yakni Redmi Note 9 RAM 6 GB dan memori internal 128 GB.

Secara spesifikasi, Redmi Note 9 benar-benar menarik. Bukan cuma dari chipset yang diusungnya, namun pada kelengkapan fitur yang ditawarkan.

Spesifikasi Redmi Note 9

OS: Android 10, MIUI 11
Chipset: MediaTek Helio G85 (12nm)
CPU: Octa-core (2x2.0 GHz Cortex-A75 & 6x1.8 GHz Cortex-A55)
GPU: Mali-G52 MC2
RAM: 4 GB, 6 GB
Internal Memori: 64 GB, 128 GB
Layar: 6.53 inci, 2340 x 1080 piksel, 19.5:9 ratio
Kamera utama: 48 MP, f/1.8 + 8 MP, f/2.2 + 2 MP, f/2.4 + 2 MP, f/2.4
Kamera depan: 13 MP, f/2.3
Baterai: 5.020 mAh
Konektivitas: USB Type-C, Wi-Fi 802.11, Bluetooth 5.0
Jaringan: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Dimensi: 162.3 x 77.2 x 8.9 mm
Berat: 199 g
Warna: Forest Green, Polar White, Midnight Grey

Cek harga Redmi Note 9 terbaru di sini:
Shopee
Lazada
Bukalapak
Eraspace

Namun apa yang menarik dari HP baru ini bukan cuma pada spesifikasi. Simak baik-baik review Redmi Note 9 dari HiTekno.com berikut ini.

Desain

Redmi Note 9. (Xiaomi Indonesia)
Redmi Note 9. (Xiaomi Indonesia)

 

Desain yang diusung Redmi Note 9 ini terlihat sangat berbeda dari seri sebelumnya. Tentunya membuat HP andalan Xiaomi Indonesia ini tampil segar.

Tersedia tiga opsi warna, yakni: Forest Green, Midnight Grey, Polar White. Bagi penggemar warna hitam, sudah banyak beredar case protektor untuk HP ini.

Pengalaman pertama memegangi Redmi Note 9 terasa besar. Berkat layar 6,67 inci yang tidak terpotong poni, karena sudah menggunakan punch hole sebagai tempat kamera selfie.

Redmi Note 9. (HiTekno.com)
Redmi Note 9. (HiTekno.com)

 

Di sisi belakang kita bisa melihat modul kamera yang besar, ditambah fingerprint scanner yang menyatu. Karena mengumpul di satu tempat, membuat tampilan belakang jadi lebih bersih.

Ukuran body yang besar ini tidak begitu terasa mengganggu berkat bentuk body belakang yang melengkung. Juga membuatnya terasa bukan HP murahan.

Meski begitu, Redmi Note 9 ini masih memakai frame berbahan plastik. Juga terasa berat karena memakai baterai berkapasitas besar.

Performa

Redmi Note 9. (HiTekno.com)
Redmi Note 9. (HiTekno.com)

 

HP baru andalan Xiaomi Indonesia ini menggunakan SoC atau chipset MediaTek Helio G85. Yup, ini memang MediaTek namun bukan chipset sembarangan.

Untuk seri G seperti yang digunakan Redmi Note 9 ini memang ditujukan untuk main game. Karena itu punya performa yang tinggi untuk berbagai keperluan.

Apakah MediaTek panas? Pada HP ini memang terasa hangat saat dipakai main game cukup lama. Terutama di dekat kamera belakang terasa ada peningkatan suhu.

Hangat, namun tidak akan menyakiti tangan pengguna. Dan tidak menjadi gangguan berarti di tangan ketika bermain game berjam-jam.

Dalam review Redmi Note 9 ini, HiTekno.com menguji dengan tiga aplikasi benchmark untuk melihat seberapa performa jika dibandingkan HP lain.

Yang pertama, AnTuTu Benchmark digunakan sebagai aplikasi penguji yang populer. Selain itu juga memberikan pengujian yang cukup menyeluruh dari CPU, GPU, Memory, dan lain-lain.

Aplikasi kedua, digunakan Geekbench 5 untuk melakukan pengujian performa yang berfokus pada CPU. Baik untuk single core performa maupun multi core.

Yang ketiga adalah aplikasi 3DMark yang berfokus untuk pengujian GPU dan kemampuan grafis dari Redmi Note 9 dan HP pembandingnya.

Jika dibandingkan Asus Zenfone Max Pro M2 yang memakai Qualcom Snapdragon 660, Redmi Note 9 nampak meninggalkan jauh dari pengujian AnTuTu Benchmark.

Hasil pengujian AnTuTu Benchmark Redmi Note 9. (HiTekno.com)
Hasil pengujian AnTuTu Benchmark Redmi Note 9. (HiTekno.com)

 

Begitu juga Geekbench 5, CPU pada MediaTek Helio G85 meninggalkan jauh Snapdragon 660 di single core. Begitu juga untuk multi core.

Hasil pengujian Geekbenh Redmi Note 9. (HiTekno.com)
Hasil pengujian Geekbenh Redmi Note 9. (HiTekno.com)

 

Untuk pengujian 3DMark Sling Shot Extreme, nampak memang GPU Mali-G52 MC2 memang punya performa tinggi baik untuk API OpenGL maupun Vulkan.

Hasil pengujian 3DMark Sling Shot Extreme Redmi Note 9. (HiTekno.com)
Hasil pengujian 3DMark Sling Shot Extreme Redmi Note 9. (HiTekno.com)

 

Pengalaman Main Game

Yup, tidak ada masalah berarti untuk main game dengan Redmi Note 9. Diuji dengan beberapa game berat dan populer bisa dijalankan lancar.

PUBG Mobile, jalan di Smooth Ultra bisa jalan lancar. Call of Duty Mobile lancar di grafis Medium, frame rate High tanpa ada masalah.

HiTekno.com juga menguji pada game Blade&Soul Revolution juga Black Desert Mobile, dua game dengan grafis memukau. Redmi Note 9 bisa menjalankan lancar di medium.

Honkai Impact 3rd pun bukan jadi kendala bagi game ini, walaupun belum bisa ke grafis maksimumnya.

Pengalaman main game juga ditunjang dengan layar luas, sehingga lebih nyaman. Ditambah baterai berkapasitas besar sehingga main game lebih lama.

Kamera

HP ini disematkan empat kamera belakang yang tersusun secara persegi. Ditambah kamera utamanya memiliki resolusi 48 MP dengan ukuran sensor besar.

Namun keunggulan kamera belakang ini bukan cuma pada jumlah, dan angka-angka saja. Namun pada kelengkapan lensa yang memberikan pilihan beragam.

Kamera belakang Redmi Note 9 terdiri dari sensor 48 MP f/1.79 + 8 MP f/2.2 ultrawide + 2 MP makro f/2.4 + 2 MP f/2.4 depth sensor.

Hasil kamera Redmi Note 9. (kiri: Redmi Note 9, kanan: Asus Zenfone Max Pro M2). [HiTekno.com]
Hasil kamera Redmi Note 9. (kiri: Redmi Note 9, kanan: Asus Zenfone Max Pro M2). [HiTekno.com]

 

Kehadiran kamera ultrawide memberikan pilihan sudut yang lebih lebar. Hasilnya pun cukup baik, baik secara indor maupun outdor.

Kamera ultrawide di HP ini bukan sekadar gimik, karena memang hasil fotonya cukup baik. Meski cuma 8 MP, kualitasnya bisa diandalkan.

Hasil kamera Redmi Note 9. (kiri: normal, kanan: ultrawide). [HiTekno.com]
Hasil kamera Redmi Note 9. (kiri: normal, kanan: ultrawide). [HiTekno.com]

 

Kamera makro dan depth sensor bukan jadi kekuatan utama, namun ada saja sudah bagus. Karena memang hasil fotonya jauh dari dua sensor lainnya.

Untuk sensor utama ketika diaktifkan mode 48 MP, menghasilkan foto menakjubkan. Bukan cuma soal detail, namun memiliki dynamic range.

Meski terlihat menawan, kamera belakang ini masih punya kelemahan. Yakni urusan white balance yang meleset jika tidak mengaktifkan fitur AI.

Hasil kamera Redmi Note 9. (kiri: Redmi Note 9, kanan: Asus Zenfone Max Pro M2). [HiTekno.com]
Hasil kamera Redmi Note 9. (kiri: Redmi Note 9, kanan: Asus Zenfone Max Pro M2). [HiTekno.com]

 

Untuk indor dengan cahaya cenderung kurang, kamera ini masih bisa diandalkan. Terlebih karena diafragma dan ukuran sensor yang cukup besar. Jika masih kurang, masih ada LED flash.

Untuk video, bisa merekam dengan resolusi 1080p 30fps. Dan masih mendukung 720p 30fps, juga slow motion 720p 120 fps. Meski tak istimewa, namun cukup.

Redmi Note 9 disematkan kamera selfie 13 MP f/2.25 yang banyak digunakan perangkan Xiaomi selama ini. Soal kualitas, tidak perlu diragukan lagi.

Baterai dan Charger

Redmi Note 9. (HiTekno.com)
Redmi Note 9. (HiTekno.com)

 

Redmi Note 9 dilengkapi baterai berkapasitas 5.020 mAh. Kapasitas yang cukup untuk pemakaian sederhana, bisa lebih dari sehari.

Untuk pemakaian cukup intens pun cukup irit. Dari pagi hingga sore tidak perlu cari-cari charger karena kehabisan baterai.

Xiaomi Indonesia juga membekali HP ini dengan kepala charger 22,5 watt dan memakai port USB type-C. Sedangkan Redmi Note 9 sendiri hanya mendukung fast charging 18 watt.

Untuk pengisian daya, memang sudah memakai fast charging. Namun masih terasa lamban karena HP ini hanya menjalankan di 18 watt saja.

HiTekno.com mencoba mengisi baterai dari habis sampai penuh, membutuhkan waktu lebih dari 2 jam 45 menit. Nampak membutuhkan waktu lama untuk mengisi baterai sebesar ini.

Namun menariknya, di 1 jam pertama HP ini sudah 50 persen. Setelahnya proses pengisian akan diperlambat, karena untuk menjaga keamanannya.

Kelengkapan

Redmi Note 9. (HiTekno.com)
Redmi Note 9. (HiTekno.com)

 

Xiaomi Indonesia masih mempertahankan berbagai kelengkapan dan fitur kesukaan para fans. Dari dual SIM dengan dedicated slot MicroSD, bukan hybrid SIM.

Ditambah masih adanya IR Blaster, jack audio 3,5 mm, USB type-C, sensor yang lengkap. Dari accelerometer, gyro, proximity, dan compass.

Redmi Note 9 juga memberikan konektivitas Bluetooth 5.0, Wifi 802.11a/b/g/n/ac. Dual SIM yang dipakai juga mendukung VoLTE HD, namun masih 4G bukan 5G.

Satu fitur yang menarik adalah FM Radio yang bisa dinyalakan tanpa harus memasangkan headset. Memudahkan untuk mencari hiburan tanpa pakai koneksi internet.

Namun yang disayangkan tidak ada NFC di HP baru ini. Untuk yang mencari fitur tersebut, baru ditemukan di Redmi Note 9 Pro yang lebih mahal.

Harga

  • Redmi Note 9 RAM 4 GB + 64 GB: Rp 2.499.000 (promo Rp 2.399.000)
  • Redmi Note 9 RAM 6 GB + 128 GB: Rp 2.899.000 (promo Rp 2.799.000)

Cek harga Redmi Note 9 terbaru di sini:
Shopee
Lazada
Bukalapak
Eraspace

Kelebihan Redmi Note 9

  • Desain keren
  • Performa tinggi
  • Lancar main game berat
  • Kamera lengkap dan handal
  • Baterai awet
  • IR Blaster
  • Sensor lengkap
  • FM Radio tanpa headset

Kekurangan Redmi Note 9

  •  Tidak ada NFC
  • Fast charging lambat

Kesimpulan

Redmi Note 9 punya performa yang andalan, terutama untuk main game lancar tanpa masalah. Fitur kesukaan fans juga masih dipertahankan.

Andalan lain HP baru ini ada di sisi kamera belakang yang tidak hanya lengkap, namun juga handal di berbagai situasi. Ditambah baterai yang awet.

Dengan harga kurang dari Rp 3 juta, Redmi Note 9 menawarkan desain fresh dan handal di berbagai situasi. Tidak hanya cantik dari luar, namun juga dari dalam.

Itulah review Redmi Note 9 dari HiTekno.com, HP cantik luar dalam yang handal di kelas Rp 2 jutaan. Layak jadi penerus kesuksesan Redmi Note 8!

Berita Terkait