Gadget

Review Redmi 8A Pro, HP Murah Meriah dan Sederhana

Redmi 8A Pro bukan sekadar HP kece baterai gede.

Agung Pratnyawan

Redmi 8A Pro. (HiTekno.com)
Redmi 8A Pro. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Review Redmi 8A Pro, HP murah meriah yang dihadirkan untuk kisaran harga Rp 1 jutaan. Berminat meminang perangkat dari Xiaomi Indonesia ini?

Meski murah meriah, Redmi 8A Pro ini memang tidak bisa dianggap remeh. Terutama dengan apa yang ditawarkan dengan harga murahnya.

Secara spesifikasi, HP murah ini terlihat sangat basic. Tidak masalah untuk penggunaan sederhana dari chatting hingga media sosial.

Namun dengan kesederhaannya ini, tetap membuat HP Redmi 8A Pro tetap percaya diri untuk bermain di kelas murah Rp 1 jutaan.

Seperti apa spesifikasi HP murah yang telah resmi dipasarkan Xiaomi Indonesia ini? Apakah sesederhana itu bersaing di harga Rp 1 jutaan?

Spesifikasi Redmi 8A Pro

OS: Android 9.0 (Pie); MIUI 11
Chipset: Qualcomm SDM439 Snapdragon 439 (12 nm)
CPU: Octa-core (4x1.95 GHz Cortex-A53 & 4x1.45 GHz Cortex A53)
GPU: Adreno 505
RAM: 2 GB atau 3 GB
Internal Memori: 32 GB
Layar: 6.22 inci, 720 x 1520 piksel, 19:9 ratio
Kamera utama: 13 MP, f/2.2 + 2 MP, f/2.4
Kamera depan: 8 MP, f/2.0
Baterai: 5.000 mAh
Konektivitas: USB type-C 2.0, Wi-Fi 802.11, Bluetooth 4.2, Jack Audio 3.5 mm
Sensor: Ambient Light Sensor, Proximity Sensor, Electronic Compass, Accelerometer
Jaringan: Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
Dimensi: 156.5 x 75.4 x 9.4 mm
Berat: 188 g
Warna: Sky White, Sea Blue, Midnight Grey

Cek harga Redmi 8A Pro terbaru di sini
Shopee 
Lazada 
Bukalapak 
Eraspace 

Redmi 8A Pro. (HiTekno.com)
Redmi 8A Pro. (HiTekno.com)

 

Andalan utama dari Redmi 8A Pro ini ada pada baterai jumbo yang diusungnya. Yakni memakai baterai berkapasitas 5.000 mAh membuatnya awet.

Ditambah lagi sudah memakai USB type-C, colokan yang makin lumrah digunakan HP Android sekarang. Bukan lagi Micro USB B yang sudah mulai ditinggalkan.

HP murah ini sudah mendukung fast charging 18 watt, namun sayangnya kepala charger bawaannya cuma 5V 2A alias 10 watt saja.

Secara fisik Redmi 8A Pro ini pada layarnya. Dengan ukuran 6,22 inci nampak tetap nyaman untuk berbagai keperluan sekarang.

Meski layar IPS ini cuma memiliki resolusi HD+ atau 720x1520 piksel saja, nampak tetap nyaman untuk main game maupun menonton video.

Layar Redmi 8A Pro ini juga telah mendapatkan perlindungan Corning Gorilla Glass 5. HP murah tapi sudah memakai Gorilla Glass.

Redmi 8A Pro. (HiTekno.com)
Redmi 8A Pro. (HiTekno.com)

 

Soal body HP ini memakai bahan pastik. Namun meski begitu, tetap terasa kokoh dalam genggaman. Hal ini karena bobot yang tidak terasa ringan.

Bentuk desain body belakang yang melengkung, membuatnya tidak terasa tebal untuk digenggam. Padahal terhitung cukup tebal karena baterai jumbonya.

Soal konektivias, cukup standar. Dari dual SIM yang mendukung 4G dan VoLTE HD. Juga ada Wifi 802.11 b/g/n dan bluetooth 4.2.

Redmi 8A Pro juga memiliki dedicated microSD slot. Bisa untuk menambah memori eksternal karena keterbatasan memori internal yang hanya 32 GB.

Untuk navigasi dan penentu posisi, HP Redmi ini memiliki GPS, AGPS, Glonass, dan paling baru BeiDou. Juga memiliki fitur Radio FM.

Sensor ada Ambient Light, Proximity, Electronic Compass, Accelerometer. Untuk harga Rp 1 jutaan segini wajah tidak memili Gyro Sensor.

Performa

Lalu bagaimana soal performa HP murah ini? Tim HiTekno.com mengujinya menggunakan dua software benchmark synthetic yakni AnTuTu Benchmark dan Geekbench.

AnTuTu Benchmark dipilih sebagai aplikasi yang populer, juga memberikan informasi di beberapa sisi. Dari CPU, GPU hingga Memori.

Sedangkan Geekbench dipilih untuk melakukan pengujian berfokus para performa murni dari prosesor atau CPU. Bagian yang paling banyak digunakan nantinya.

Dalam review Redmi 8A Pro ini, digunakan versi RAM 2 GB dan internal memori 32 GB. Varian terendah dari HP murah tersebut.

Tim HiTekno.com menggunakan pembanding Redmi 8A sebagai versi lebih murah dan Asus Zenfone Max Pro M2 menggunakan Snapdragon 660 yang banyak dipakai HP kelas menengah.

Pengujian Geekbench didapati Redmi 8A pro memiliki skor Single Core 147 dan Multi Core 492. Angka yang mirip dengan Redmi 8A Single Core 143 dan Multi Core 491.

Nampak keduanya punya performa CPU yang setingkat. Namun masih jauh dibandingkan Asus Zenfone Max Pro m2 yang mendapatkan Single Core 298 dan Multi Core 1154.

Geekbench Redmi 8A Pro. (HiTekno.com)
Geekbench Redmi 8A Pro. (HiTekno.com)

 

Sedangkan untuk AnTuTu Benchmark, didapati Redmi 8A Pro menghasilkan nilai 87200. Dibandingkan Redmi 8A yang hanya 84261.

Jika dibedah lagi, Redmi 8A Pro unggul tipis untuk urusan CPU, Memory, UX, dan kalah tipis di GPU dari Redmi 8A. Namun nilainya tidak terpaut jauh.

Sedangkan Asus ZenFone Max Pro M2 mendapatkan nilai 139200. Nampak Snapdragon 660 sudah dikejar Snapdragon 439 milik kedua HP murah tersebut.

AnTuTu Benchmark Redmi 8A Pro. (HiTekno.com)
AnTuTu Benchmark Redmi 8A Pro. (HiTekno.com)

 

Dari hasil pengujian ini, kita dapati performa Redmi 8A Pro tidaklah berbeda dibanding versi lebih murahnya yakni Redmi 8A. Tapi bagaimana untuk main game?

Pengalaman Main Game

Redmi 8A Pro. (Xiaomi)
Redmi 8A Pro. (Xiaomi)

 

Beberapa game yang tim HiTekno.com coba antara lain Call of Duty Mobile, Mobile Legends, dan Asphalt 9 untuk melakukan pengujian.

Mobile Legends dapat dimainkan dengan baik, lancar, dan tidak ada masalah. Terlebih game Android satu ini memang ringan untuk HP murah.

Berbeda dengan Call of Duty Mobile, game ini mengalami loading awal yang lamban. Namun setelah masuk ke permainan, dapat berjalan dengan baik.

Begitu juga dengan Asphalt 9 mengalami loading cukup lama untuk bisa masuk dalam game. Setelahnya, bisa berjalan dengan baik.

Lama loading awal ini diduga karena pemakaian internal memory yang bertipe eMMC v5.1. Kecepatan rendah dalam load file menghambat statup game.

Sayangnya Redmi 8A Pro yang diuji tim HiTekno.com adalah versi 2 GB. Sehingga game-game berat tidak bisa dimainkan dengan baik.

Soal kelancaran main game, hal ini ditunjang resolusi layar yang hanya HD+ saja. Karena game berjalan lebih ringan di resolusi yang rendah.

Dalam pengalaman main game, tidak beda jauh dengan Redmi 8A yang lebih murah. Karena memang chipset yang diusung sama, Snapdragon 439.

Kamera

Redmi 8A Pro. (Xiaomi)
Redmi 8A Pro. (Xiaomi)

 

Redmi 8A Pro memakai dua kamera belakang yang berisi 13 MP f/2.2 dan 2 MP f/2.4 depth sensor. Hasilnya? Cukup mengagumkan untuk HP murah Rp 1 jutaan.

Dibandingkan Redmi 8A, hasil kamera HP ini nampak sedikit lebih unggul. Bukan cuma soal resolusi dan jumlah kamera belakang, namun juga soal hasil fotonya.

Terutama untuk foto dalam ruangan dengan pencahayaan yang sedikit, Redmi 8A Pro nampak lebih diunggulkan. Terutama warna yang lebih terjaga dari noise.

Sample foto Redmi 8A Pro (atas), Redmi 8A (bawah) untuk indoor. (HiTekno.com)
Sample foto Redmi 8A Pro (atas), Redmi 8A (bawah) untuk indoor. (HiTekno.com)

 

Meski begitu, kedua HP murah ini kurang cukup akurat untuk white balance. Redmi 8A Pro terlihat lebih merah dan hangat di skin tone.

Sedangkan Redmi 8A seolah lebih natural, namun terasa lebih dingin. Pencahayaan lebih terang, namun kehilangan di bagian detail.

Sample foto Redmi 8A Pro (kiri), Redmi 8A (kanan) untuk outdoor. (HiTekno.com)
Sample foto Redmi 8A Pro (kiri), Redmi 8A (kanan) untuk outdoor. (HiTekno.com)

 

Untuk video, kamera belakang ini bisa merekam dengan resolusi 1080p 30 fps maupun 720p 30 fps. Cukup sederhana seperti harganya.

Untuk kamera selfie, Redmi 8A Pro memakai sensor 8 MP f/2.0. Untuk sekadar video call, kamera selfie ini tidak ada masalah berarti.

Sample foto Redmi 8A Pro (atas), Redmi 8A (bawah) untuk indoor. (HiTekno.com)
Sample foto Redmi 8A Pro (atas), Redmi 8A (bawah) untuk indoor. (HiTekno.com)

 

Harga

  • Redmi 8A Pro RAM 2 GB + 32 GB: Rp 1.599.000 (promo Rp 1.449.000)
  • Redmi 8A Pro RAM 3 GB + 32 GB: Rp 1.699.000 (promo Rp 1.549.000)

 

Cek harga Redmi 8A Pro terbaru di sini
Shopee 
Lazada 
Bukalapak 
Eraspace 

Kelebihan Redmi 8A Pro

  • Baterai jumbo
  • Kamera belakang andalan
  • Terasa solid digenggam
  • USB type-C

Kekurangan Redmi 8A Pro

  • Kepala charger bawaan cuma 10 watt
  • Memori internal lambat
  • Performa biasa saja

Kesimpulan

Meski nampak sederhana, Redmi 8A Pro merupakan salah satu HP murah terbaik di kelas Rp 1 jutaan. Kuat untuk berbagai sisi.

Performa yang cukup, kamera memuaskan di harganya, baterai jagoan, kamera bisa diandalkan, mantap digenggaman.

Dibanding Redmi 8A, HP Redmi 8A Pro punya performa setingkat, namun memberikan kelebihan lain di sisi kameranya.

Karena itu, HP murah ini sangat cocok untuk pengguna baru karena kesederhanaannya dan kehandalannya. Misal untuk orang tua, atau anak dan remaja.

Itulah Review Redmi 8A pro, HP murah meriah penuh kesederhanaan namun tetap bisa dihandalkan dalam berbagai keperluan.

Berita Terkait