Gadget

Ini 5 Fitur Baru yang Akan Hadir di Android 11

Keren, Android 11 kaya akan fitur baru. Paling tidak ini lima (5) di antaranya yang sungguh helpful.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi Android 11. (Shutterstock)
Ilustrasi Android 11. (Shutterstock)

Hitekno.com - Google merilis Android 11 versi beta pertamanya pada 10 Juni 2020. Pratinjau versi beta Android 11 untuk pengembang sebenarnya telah diluncurkan pada pertengahan Februari.

Siapa pun sekarang dapat mencoba versi terbaru sistem operasi ini. Banyak fitur-fitur baru yang ditemukan dalam Android 11. Dilansir dari Android Authority, berikut lima fitur baru di Android 11 yang harus diketahui:

  1. Membisukan pemberitahuan selama video recording
    Beberapa pengguna Android mungkin merasa terganggu dengan pemberitahuan yang muncul di layar ketika sedang merekam video. Dalam versi Android 11, pengguna akan dapat membisukan pemberitahuan saat merekam.
  2. Meningkatkan sensitivitas sentuhan.
    Pengguna yang menggunakan pelindung layar akan menyukai fitur ini. Google menambahkan opsi "Tambah sensitivitas sentuhan" ke menu Pengaturan yang memungkinkan pengguna meningkatkan sensitivitas layar sentuh perangkat.
Logo Android 11. (Android)
Logo Android 11. (Android)

 

  1. Bluetooth akan tetap menyala saat Airplane Mode
    Pada pengaturan sebelumnya, menyalakan Airplane Mode juga akan mematikan Bluetooth perangkat. Banyak pengguna yang tidak menyukai pengaturan ini karena sebagian besar pengguna telah menggunakan headphone Bluetooth yang terhubung. Dalam pembaruan Android 11, Bluetooth akan tetap menyala saat Airplane Mode diaktifkan.
  2. Mode gelap yang menyesuaikan waktu
    Mode gelap seluruh sistem yang diluncurkan di Android 10 sebelumnya akan mendapatkan pengaturan baru. Pada Android 11, mode gelap akan memiliki kemampuan secara otomatis aktif atau nonaktif tergantung pada waktu hari.
  3. Recycle bin
    Sesuai namanya, fitur ini dapat memulihkan file yang dihapus. Fitur ini bekerja persis seperti Windows Recycle Bin atau macOS Trash folder, di mana file dan foto yang pengguna hapus tidak sepenuhnya terhapus selama 30 hari dan memungkinkan pengguna untuk memulihkan file yang dihapus itu. Sebelumnya, ketika pengguna Android menghapus file dari penyimpanan lokal, itu akan segera dihapus dan tidak dapat dipulihkan.

Masih ada banyak sekali fitur-fitur yang hadir dalam versi beta Android 11. Namun, tidak ada jaminan bahwa Google akan menghapus atau mengubah fitur-fitur ini, ketika versi stabil Android 11 diluncurkan. Sistem operasi ini diprediksi akan dirilis pada akhir 2020.(Suara.com/ Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait