Gadget

Lebih Terbuka, Ini Cara Install Google Stadia di HP Android

HP Android, mulai dari versi 6.0 bisa menginstall dan menggunakan Google Stadia.

Agung Pratnyawan

Google Stadia. (Google)
Google Stadia. (Google)

Hitekno.com - Layanan clud gaming Google Stadia telah tersedia untuk HP Android. Namun sayangnya tidak semua bisa memakainya. Tapi ada cara install Google Stadia di HP Android.

Secara resmi, cloud gaming Google ini hanya bisa diakses untuk beberapa HP Android saja. Namun kini, telah makin banyak perangkat yang mendukungnya.

Dikabarkan pula, kini dukungan pada Google Stadia lebih luas lagi. Meski demikian cara install Google Stadia di HP Android tidak semudah mengunduh aplikasi lain.

Seperti dilansir The Verge pekan ini, platform game berbasis komputasi awan dari Google ini sudah bisa dipasang di hampir semua HP Android. Sebelumnya Stadia yang bisa dipasang di segelintir ponsel saja.

Ketika diluncurkan pada November 2019 lalu, Google Stadia hanya bisa digunakan pada ponsel Pixel buatan Google sendiri. Pada Februari kemarin Google menambahkan Samsung, Asus, dan Razer dalam daftar merek ponsel yang bisa menggunakan Stadia.

Google Stadia. (GSM Arena)
Google Stadia. (GSM Arena)

 

Kini hampir semua HP OnePlus bisa digunakan untuk mengakses Stadia. Tak hanya itu, Google juga mengatakan bahwa HP Android, mulai dari versi 6.0 bisa menginstall dan menggunakan Google Stadia secara gratis.

Lalu bagaimana cara install Google Stadia di HP Android? Berikut langkahnya:

  • Pertama, download aplikasi Stadia dan buatlah akun.
  • Setelah itu, masuk ke setting - klik Experiments -
  • Pilih opsi Play on this device

Meski demikian Google mengatakan bahwa pihaknya tidak menjamin Stadia akan berjalan mulus pada setiap HP Android.

"Ingat bahwa pengalaman bermain kamu mungkin akan berbeda-beda tergantung pada jenis perankat dan kecepatan internet," wanti-wanti Google dalam blog resminya.

Itulah cara install Google Stadia di HP Android yang kini tersedia lebih luas. Namun ingat belum semua perangkat sudah mendukung cloud gaming ini. (Suara.com/ Liberty Jemadu).

Berita Terkait