Gadget

Pengiriman Chipset 5G MediaTek Diperkirakan Lampaui 80 Juta Unit

Qualcomm dan MediaTek dirumorkan bersiap memproduksi chipset 5G entry-level.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

MediaTek Dimensity 800. (MediaTek Newsroom)
MediaTek Dimensity 800. (MediaTek Newsroom)

Hitekno.com - Jangkauan jaringan 5G yang semakin berkembang di beberapa negara membuat permintaan konsumen 5G juga terus meningkat. Banyaknya HP 5G yang meluncur di tahun 2020 juga mengerek pengiriman chipset 5G buatan MediaTek.

Sebagai informasi, MediaTek dan Qualcomm merupakan pemasok utama chipset 5G di HP pintar saat ini.

Meskipun Huawei dan Samsung memproduksi chipset internal, sebagian besar digunakan untuk HP produksi mereka sendiri.

Dalam kasus yang jarang terjadi, kita telah melihat beberapa model berjalan pada chipset Exynos 5G milik Samsung seperti Vivo Y70s 5G yang ditenagai Exynos 880.

Berdasarkan laporan dari DigiTimes, MediaTek diperkirakan akan mengirimkan lebih dari 80 juta unit chipset 5G untuk perangkat 5G di tahun 2020.

Qualcomm Snapdragon 865 vs MediaTek Dimensity 1000. (HiTekno.com)
Qualcomm Snapdragon 865 vs MediaTek Dimensity 1000. (HiTekno.com)

 

Laporan tersebut juga mengisyaratkan bahwa sebagian besar pengiriman akan dilakukan ke vendor perangkat China.

Hal ini selaras dengan pernyataan CEO MediaTek di tahun 2019.

Saat itu, CEO MediaTek, Cai Lixing memperkirakan bahwa HP 5G akan diproduksi secara masif di mana sebagian besar di antaranya berada di China.

Dikutip dari Gizmochina, meski terlihat mengesankan, tetapi jumlah ini lebih rendah dibandingkan ambisi MediaTek yang memproyeksikan pengiriman 200 juta chipset 5G untuk perangkat seluler di tahun 2020.

MediaTek Dimensity 820. (MediaTek)
MediaTek Dimensity 820. (MediaTek)

 

Namun mengingat kemerosotan penjualan HP pintar secara global terkait pandemi COVID 19, pengiriman 80 juta chipset tentunya cukup bagus.

Saat ini, MediaTek telah meluncurkan sejumlah chipset 5G termasuk Dimensity 1000 series, Dimensity 800 series, dan Dimensity 820 series.

Kebanyakan chipset 5G buatan Qualcomm dan MediaTek yang beredar di pasar menyasar segmen kelas menengah premium dan flagship.

Rumor terbaru menyebutkan bahwa MediaTek dan Qualcomm juga akan memperkenalkan chipset 5G entry-level pada kuartal ketiga tahun ini.

Berita Terkait