Berkat Fitur Jatuh, Apple Watch Selamatkan Penggunanya saat Pingsan

Lagi-lagi Apple Watch menyelamati nyawa penggunanya dengan fitur deteksi pingsan.

Dinar Surya Oktarini
Senin, 08 Juni 2020 | 12:15 WIB
Apple Watch Series 5. (Apple)

Apple Watch Series 5. (Apple)

Hitekno.com - Bukan kali ini saja Apple Watch menyelamatkan nyawa penggunanya degan fitur deteksi jatuh. Apple Watch seri 4 atau Seri 5 akan merasakan "ketukan" haptik jika arloji mendeteksi kondisi tubuh.

Alarm akan berdering dan layar pada perangkat akan menanyakan apakah pengguna baik-baik saja atau apakah layanan darurat diperlukan. Jika setelah satu menit arloji tidak mendeteksi gerakan apa pun dari pengguna, arloji itu akan memanggil layanan darurat dan kontak darurat pemilik perangkat.

Dilansir laman Phonearena, Senin (8/6/2020), Radio berita Arizona KTAR melaporkan (via 9to5Mac), panggilan telepon diterima oleh Departemen Kepolisian.

Baca Juga: Raisa Minta Edit Foto di GBK Pas Manggung, Hasilnya Malah Bikin Ngakak

Seorang juru bicara untuk departemen mengungkapkan bagaimana ia menerima panggilan telepon dari Apple Watch, yang menjelaskan bagaimana pemiliknya telah jatuh dan memberikan garis bujur dan garis lintang dari lokasi pengguna sehingga ia dapat ditemukan.

Pemilik arloji pingsan sehingga tidak dapat melakukan panggilan darurat. Apple Watch telah melakukan tugasnya tanpa pemiliknya tahu bahwa panggilan ke layanan darurat telah dilakukan.

"Dia tidak sadar ada bantuan yang datang sampai kita sudah ada di sana," kata juru bicara itu.

Baca Juga: Terlanjur Beli untuk Hadiah Ibu, Fungsi Bantal Kesehatan Ini Mengejutkan

Deteksi pingsan adalah salah satu dari tiga fitur yang menyelamatkan jiwa yang tersedia di Apple Watch. Monitor detak jantung arloji telah dikreditkan dengan menyelamatkan sejumlah nyawa karena memiliki fitur elektrokardiogram (EKG) yang telah tersedia di Apple Watch sejak model Seri 4.

Apa yang dilakukan monitor detak jantung cukup jelas. ECG memonitor irama jantung pengguna.

Setiap kelainan yang terdeteksi ditandai karena dapat menunjukkan bahwa pemilik perangkat memiliki atrial fibrilasi (AFib). Kondisi ini dapat menyebabkan pembekuan darah, stroke, dan masalah jantung.

Baca Juga: Spektakuler, Jepang Siapkan Hujan Meteor Buatan untuk Olimpiade 2021

Fitur lain yang menyelamatkan jiwa mungkin akan datang ke Apple Watch Series 6 yang diharapkan akan diperkenalkan pada September mendatang. Alat pulse oximeter baru seharusnya ditambahkan ke versi arloji berikutnya.

Alat ini mengukur jumlah oksigen yang dibawa oleh sel darah merah tubuh. Pembacaan oksigen darah 95% atau lebih tinggi dianggap normal sedangkan bacaan di bawah 90% abnormal.

Oksimeter denyut nadi menjadi berita utama pada April lalu, ketika seorang dokter menemukan bahwa pembacaan yang sangat rendah tanpa tanda-tanda kesedihan bisa menjadi sinyal peringatan awal dari virus corona.

Baca Juga: Layar Mikro LED Batal Disematkan di Apple Watch Series 6?

Persetujuan FDA diperlukan agar fitur tersebut dapat dinonaktifkan saat arloji mulai dikirimkan. Apple harus melakukan hal yang sama dengan fitur ECG ketika model Seri 4 dirilis.

Apple Watch berikutnya juga dapat memantau kesehatan mental pengguna dengan memperingatkan mereka tentang serangan panik yang akan terjadi. Arloji akan memonitor beberapa metrik fisik dan akan mengeluarkan peringatan jika mereka semua menunjuk pada awal serangan yang melemahkan.

Apple Watch Series 5. (Apple)
Apple Watch Series 5. (Apple)

Pemilik jam tangan juga akan memasukkan gejala secara manual untuk meningkatkan akurasi fitur dan jam tangan akan menyarankan latihan pernapasan untuk menangkal perasaan.

Apple Watch Series 6 juga dikabarkan akan hadir dengan fitur yang sudah lama diinginkan yang sudah dimiliki oleh banyak model jam tangan pintar lainnya, yakni aplikasi pemantauan tidur asli.

Selain itu, ada spekulasi bahwa Apple Watch Series 6 akan dilengkapi dengan baterai berkapasitas lebih besar dan chip baru. Menariknya, masa pakai baterai yang lebih lama memungkinkan Apple untuk menambahkan aplikasi tidur asli ke perangkat.

Dan Apple dilaporkan telah menambahkan beberapa teknologi baru ke smartwatch generasi berikutnya yang akan memungkinkan pengguna untuk menavigasi perangkat di bawah air atau ketika layar basah. Apple Watch Series 5 saat ini tahan air hingga 50 meter.(Suara.com/Dythia Novianty)

Berita Terkait
TERKINI

Cek apa yang ditawarkan Huawei MateBook D 14 sebagai laptop premium....

gadget | 20:25 WIB

Lonjakan signifikan dalam laba bersih tersebut melebihi harapan pasar dan menandai tingkat profitabilitas tertinggi kedu...

gadget | 16:03 WIB

Berapa harga Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition ini?...

gadget | 15:55 WIB

Catat tanggalnya, Xiaomi 14 siap rilis ke Indonesia....

gadget | 15:18 WIB

Berapa harga Samsung Galaxy A55 5G dan Samsung Galaxy A35 5G?...

gadget | 18:30 WIB

Dibekali kamera mumpuni, ini cara membuat konten sinematik dengan SamsungGalaxy S24 Series....

gadget | 12:19 WIB

Ini beberapa fitur unggulanPOCO M6 Pro yang diklaim memberikan pengalaman lebih bagi anak muda....

gadget | 12:00 WIB

Harga Samsung Galaxy A05s masih terjangkau, cek berapa sekarang....

gadget | 10:48 WIB

Jika Anda sedang mencari komputer tanpa CPU, Anda bisa cek 4 komputer dari Acer berikut ini....

gadget | 12:44 WIB

Mulai 2 Maret 2024, Vivo V30 sudah dapat diperoleh di seluruh gerai resmi dan mitra Vivo Indonesia....

gadget | 09:48 WIB

Cek seperti apa Huawei FreeBuds Pro 3 ini....

gadget | 18:50 WIB

Samsung akan terus mengembangkan Galaxy Buds Series untuk memberikan kualitas audio dengan kecerdasan dan konektivitas t...

gadget | 15:29 WIB

Redmi Note 13 Series resmi rilis, cek apa saja yang masuk....

gadget | 15:22 WIB

Cek dulu daftar harga Redmi Note 13 Series ini, resmi dihadirkan ke Indonesia....

gadget | 16:26 WIB

Laptop gaming bertema kucing, cek seperti apa Colorfire Meow....

gadget | 18:33 WIB

POCO Indonesia membekali HP baru ini dengan layanan after sales yang memadai....

gadget | 18:09 WIB

Redmi Note 13 Series dipastikan akan meluncur Februari 2024, cek apa yang ditawarkan....

gadget | 17:59 WIB
Tampilkan lebih banyak