Gadget

AMD Sarankan Upgrade Graphic Card ke 6 GB atau Lebih, 4 GB Tak Lagi Relevan

Baca ini dulu sebelum upgrade Graphic Card.

Agung Pratnyawan

AMD Radeon RX 5500 XT. (AMD)
AMD Radeon RX 5500 XT. (AMD)

Hitekno.com - Berapa VRAM graphic card atau kartu grafis kamu? 4 GB atau sudah 8 GB? AMD belum lama ini menyarankan kalau untuk upgrade setidaknya VRAM 6 GB.

Terlebih untuk kamu yang ingin memainkan game PC dengan performa terbaik. Terlebih game AAA baru yang makin berat seiring berjalannya waktu.

Kenapa begitu? Karena AMD menilai kalau game sekarang dan di masa depan membutuhkan lebih dari VRAM 4 GB. Buat kamu yang mau upgrade graphic card, disarankan 6 GB atau lebih.

Hal ini disampaikan Adit Bhutani, Product Marketing Specialist AMD lewat postingan di blog community AMD pada 6 Mei 2020 kemarin.

Disebutkannya, beberapa game PC AAA lebih mendapatkan manfaat dari pemakaian VRAM yang lebih besar. Karena membutuhkan tempat penyimpanan yang lebih memadai.

AMD Radeon VII. (AMD)
AMD Radeon VII. (AMD)

 

Game PC baru yang meluncur, akan mendukung resolusi yang lebih tinggi, dan membutuhkan ruang penyimpanan asset lebih besar, hingga effek visual lainnya.

AMD pun memberikan contoh hasil benchmark beberapa game PC AAA yang membandingkan antara graphic card dengan VRAM 4 GB dan 8 GB.

Hasilnya cukup signifikan, beberapa game ini mendapatkan peningkatan FPS hanya dengan memakai VRAM lebih besar padahal GPU mereka sama.

Pengujian ini dilakukan pada kartu grafis AMD Radeon RX 5500 XT dengan versi VRAM 4 GB dan VRAM 8 GB. Nampak Borderlands 3 mengalami peningkatan FPS sampai 12 persen.

Sedangkan Call of Duty Modern Warfare meningkat 22 persen FPS, dan Forza Horizon 4 mendapati peningkatan 18 persen. Peningkatan terbesar dialami Wolfenstein 2: The New Colossus yakni sampai 24 persen.

Hasil pengujian AMD Radeon RX 5500 XT VRAM 4 GB vs VRAM 8 GB. (AMD)
Hasil pengujian AMD Radeon RX 5500 XT VRAM 4 GB vs VRAM 8 GB. (AMD)

 

Adit Bhutani juga menyoroti beberapa masalah yang bisa terjadi dengan pemakaian VRAM kecil, bahkan untuk gamer yang bermain game PC di resolusi 1080p.

  1. Error Messages and Warning Limits
  2. Lower Framerates
  3. Gameplay Stutter and Texture Pop-in Issues

Belum lagi dengan game-game baru yang makin meningkatkan minimum spesifikasinya. Yang nantinya membuat Graphic Card makin kesulitan.

Seperti DOOM Eternal yang meminta VRAM 8 GB untuk meinkan di Ultra Nightmare dengan mendapatkan rata-rata 75 FPS di resolusi 1080p pada AMD Radeon RX 5500 XT.

Sedangkan Graphic Card VRAM 4 GB tidak bisa menjalankan setting terebut karena kekurangan memori grafis. Kasus ini bisa terjadi pula di game PC lainnya.

Karena itulah AMD menganggap kartu grafis VRAM 4 GB makin tidak relevan untuk game PC masa depan. Buat kamu yang ingin upgrade Graphic Card, disarankan setidaknya VRAM 6 GB atau lebih.

Berita Terkait