Gadget

Google Kembali Tunda Peluncuran Android 11 Beta, Kenapa?

Kapan peluncuran Android 11 Beta ini?

Agung Pratnyawan

Logo Android 11. (Android)
Logo Android 11. (Android)

Hitekno.com - Android 11, sistem operasi baru dari Google ini telah dinantikan kehadirannya. Namun sebelum versi final, pastinya akan ada Android 11 Beta.

Awalnya Google bakal meluncurkan Android 11 Beta dalam gelaran Google i/o yang dijadwalkan 12 Mei hingga 14 Mei 2020. Namun sayangnya gelaran ini dibatalkan.

Google i/o 2020 dibatalkan lantaran dampak dari pandemi COVID-19 yang melanda dunia. Google tidak bisa menyelenggarakannya, termasuk peluncurannya Android 11 Beta.

Tadinya Google menyiapkan peluncuran sistem operasi versi baru ini pada 1 Juni 2020. Namun lagi-lagi harus ditunda untuk beberapa hari.

Lewat akun Twitter resmi Android Developers, diumumkan kalau peluncuran ANdroid 11 beta akan dijadwalkan ulang pada 3 Juni 2020 mendatang.

Peluncuran Android 11 Beta tertunda. (Twitter/ AndroidDev)
Peluncuran Android 11 Beta tertunda. (Twitter/ AndroidDev)

 

"Kami senang untuk memberi tahu Anda lebih banyak tentang Android 11, tetapi sekarang bukan saatnya untuk merayakannya. Kami menunda acara 3 Juni dan rilis beta. Kami akan kembali dengan lebih banyak di Android 11, segera." tulis dalam pengumuman tersebut.

Akun Twitter resmi Android Developers ini menyampaikan kabar penundaan tersebut pada 30 Mei 2020 kemarin. Dan pastinya mendapatkan banyak respon.

Dengan kata lain, Google menunda peluncuran Android 11 Beta hingga 3 Juni 2020 mendatang. Bukan waktu yang lama untuk menantikan sistem operasi baru ini.

Sebelumnya Google sendiri telah meluncurkan Android 11 Developer Previews pada Februari. Lalu pada Juni seharusnya telah masuk tahap Beta.

Dalam rencana awal, final rilis dari sistem operasi Android 11 akan meluncur pada kisaran Juli dan telah stabil pada kuarta tiga 2020.

Timeline awal Android 11. (GSM Arena)
Timeline awal Android 11. (GSM Arena)

 

Namun rencana ini nampaknya terganggu dengan adanya pandemi COVID-19 yang melanda dunia. Google harus menunda peluncuran final rilis sampai waktu yang belum ditentukan.

Namun setidaknya kita mendapatkan tanggal rilis untuk Android 11 Beta pada 3 Juni 2020 mendatang. Google juga menjanjika akan mengungkap banyak hal soal sistem operasi ini.

Seperti apa nantinya Android 11 Beta ini, kita tunggu saja saat Google mengungkapnya. Apakah kamu ikut menantikan sistem operasi baru Google ini?

Berita Terkait