Gadget

Dijamin Terlindungi! Begini Cara Buat Password yang Aman

Pemilik akun harus memikirkan kata sandi yang tepat dan kuat demi menjaga keamanan akun.

Dinar Surya Oktarini

Ilustrasi password. (unsplash/Yura Fresh)
Ilustrasi password. (unsplash/Yura Fresh)

Hitekno.com - Salah satu hal terpenting dalam untuk melindungi dari informasi pribadi di ponsel adalah menerapkan password pada ponsel. Melindungi diri dari peretas, kata sandi juga harus tepat dan kuat demi menjaga keamanan akun. 

Namun, banyak pengguna pasti pernah bertanya-tanya seperti apa kata sandi yang aman. Dilansir laman India Times, Kamis (14/5/2020), berikut lima cara untuk membuat password yang aman dan terlindung dari peretas:

1. Pastikan dapat diingat dengan mudah

Pengguna harus memastikan bahwa kata sandi yang dibuat dapat diingat dengan mudah. Tidak ada gunanya menyulitkan kata sandi jika pengguna tidak dapat mengingatnya.

2. Jangan menggunakan istilah atau frasa umum

Beberapa pengguna mungkin ceroboh dan berpikir kata sandi 'Password' adalah pilihan terbaik. Tetapi peretas mengetahui hal yang telah menjadi rahasia umum itu dan akan membuat akun pengguna menjadi target yang mudah.

Ilustrasi password di smartphone. [Shutterstock]
Ilustrasi password di smartphone. [Shutterstock]

Disarankan untuk membuat kata sandi yang tidak masuk akal. Sebagai contoh, pengguna dapat menggunakan kata sandi dari bahasa Hindi alih-alih menggunakan kata bahasa Inggris biasa untuk menambahkan tingkat keamanan yang lebih tinggi.

3. Pastikan panjangnya minimal 12 karakter

Semakin panjang kata sandi, maka semakin baik. Kata sandi yang panjang akan menyulitkan para peretas, karena tidak hanya panjang tetapi peranti lunak peretasan akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk mencoba beberapa kombinasi. Jika waktu tunggu terlalu lama, peretas pada akhirnya akan menyerah.

4. Pastikan pengguna menggunakan kombinasi huruf besar dan kecil

Pengguna mungkin dapat mempertimbangkan untuk menggunakan kombinasi huruf besar dan kecil dalam satu kata sandi. Sebagai contoh, penggunaan kata sandi CoRnUcoPiA akan membuat perbedaan besar dibanding dengan Cornucopia. Penggunaan kombinasi ini juga membantu jika seseorang mendengar kata sandi pengguna.

Ilustrasi password smartphone. (unsplash/NeONBRAND)
Ilustrasi password smartphone. (unsplash/NeONBRAND)

5. Tambahkan angka dan karakter khusus

Angka dan karakter khusus akan menambahkan lapisan keamanan tingkat tinggi ke kata sandi. Ada alat peretasan yang menggunakan kamus untuk menghancurkan kombinasi kata sandi.

Tetapi saat pengguna menambahkan angka dan karakter khusus, alat peretas itu tidak akan berfungsi dengan benar sehingga dapat menjaga akun pengguna tetap aman.

Setelahnya, pengguna dapat menguji kekuatan kata sandi melalui situs web www.howsecureismypassword.net.(Suara.com/Lintang Siltya Utami)

Berita Terkait