Gadget

Manfaatkan Teknologi, 3 Tips Belajar Online dari Samsung

Orangtua harus pintar mencari cara agar belajar di rumah selalu menyenangkan bagi anak.

Agung Pratnyawan

Samsung Galaxy Tab A. (Samsung)
Samsung Galaxy Tab A. (Samsung)

Hitekno.com - Dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus corona, dikeluarkan imbauan untuk belajar dari rimuah bagi anak. Beberapa sekolah pun beberlakukan sistem belajar online dari rumah.

Buat anak, pasti akan merasa bosan untuk di rumah saja selama antisipasi peneybaran virus corona ini. Terlabih lagi harus belajar online di rumah.

Untuk itu, orangtua harus pintar mencari cara agar belajar di rumah selalu menyenangkan bagi anak.

"Samsung Galaxy Tab menyediakan berbagai fitur yang mendukung belajar dari rumah lebih menyenangkan. Dengan mengoptimalkan fitur Kids Home dengan berbagai konten yang menarik untuk anak 3-6 tahun belajar sambil bermain, aplikasi Pen Up untuk mengasah ketrampilan menggambar, hingga fitur AI Gaming Booster dan layar lebih luas untuk menikmati hiburan lebih seru," ujar Product Marketing Professional Samsung Electronics Indonesia, Elvira Anggraeni melalui keterangan resminya.

Inovasi pada Galaxy Tab, ditambahkannya, akan memberikan pengalaman belajar online yang menyenangkan di rumah.

Samsung Galaxy Tab memberikan 3 tips agar belajar dari rumah lebih menyenangkan, dengan mengoptimalkan inovasi yang tersedia di Samsung Galaxy Tab.

1. Membuat jadwal agar anak tetap aktif

Samsung Galaxy Tab A. (Samsung)
Samsung Galaxy Tab A. (Samsung)

 

Meski tidak sekolah, setiap sekolah telah memiliki jadwal pelajaran untuk anak-anak secara online. Salah satu yang bisa dimanfaatkan adalah fitur Samsung Notes.

Jika menggunakan S Pen, fitur handwriting to text dapat mengubah tulisan tangan menjadi teks dan jadwal belajar anak akan tersusun rapi.

Tapi, jangan lupa, ketika membuat jadwal libatkan anak, dengarkan masukan serta keinginan mereka untuk mengisi harinya dengan hiburan, selain mengikuti jadwal pelajaran yang ditentukan sekolah.

2. Belajar lebih menyenangkan dengan aplikasi belajar

Samsung Galaxy Tab S5e. (Samsung)
Samsung Galaxy Tab S5e. (Samsung)

 

Belajar dengan beberapa aplikasi belajar online akan menjadi pengalaman yang menyenangkan bagi mereka.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menyiapkan untuk anak Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Umum (SMU), aplikasi belajar online gratis, yaitu Rumah Belajar di laman belajar.kemdikbud.go.id, yang dapat dimanfaatkan oleh semua pelajar Indonesia, dari mana pun dan kapan pun.

Jika orangtua mempunyai anak berumur 3-6 tahun, Samsung Galaxy Tab menyediakan fitur Kids Home yang telah pre-loaded di Galaxy Tab A 2019 8.0 Inci, Galaxy Tab A 2019 with S-Pen 8.0 Inci, Galaxy Tab A 2019 10.1 Inci, Galaxy Tab S5e, dan Galaxy Tab S6.

Fitur Kids Home memberikan kontrol bagi orang tua untuk membatasi waktu penggunaan gadget dan aplikasi yang dapat diakses anak melalui fitur parental control, juga fitur daily usage, sehingga orangtua dapat mengetahui sudah berapa lama sang buah hati bermain gadget.

Dengan Kids Home, anak juga akan belajar sekaligus bermain, karena sudah dilengkapi dengan beberapa aplikasi, diantaranya aplikasi kamera, aplikasi menggambar, galeri foto, fitur karaoke, browser khusus untuk si kecil, hingga aplikasi musik, dan juga aplikasi menggambar yang dapat melatih kreativitas anak.

Aktifkan fitur Kids Mode melalui 4 langkah berikut: buka fitur quick settings, geser ke kiri, cari ikon kids home, dan aktifkan.

3. Luangkan waktu hiburan bersama

Samsung Galaxy Tab. [Samsung Indonesia]
Samsung Galaxy Tab. [Samsung Indonesia]

 

Berikan waktu untuk anak bermain setelah belajar. Jangan lupa, buat kesepakatan bersama lama waktu bermain, misal 1-2 jam. Layar Galaxy Tab S6 berukuran 10,5 inci dilengkapi fitur Adaptive Brightness, prosesor Snapdragon 855, dan AI Gaming booster.

Dengan adanya teknologi AI Gaming Booster Galaxy Tab S6 akan dapat mengenali semua tipe game yang sedang dimainkan, dan secara otomatis mengoptimalkan performanya sesuai dengan kebutuhan.

Fitur ini akan menganalisis apakah yang dimainkan berupa game berat atau kasual, lalu mengoptimalkan keseimbangan antara baterai, kinerja, dan suhu.

Ada pula aplikasi untuk mengasah kreativitas menggambar, yaitu aplikasi Pen Up. Menggunakan S Pen, anak akan diajak mulai dengan mewarnai (Colouring).

Minatnya menggambar dapat ditingkatkan dengan mencoba menu belajar menggambar (Live Drawing).

Di tingkat mahir, ayah/bunda dapat mendorong anak untuk mengikuti kompetisi menggambar (Challenges).

Itulah tips belajar online dari Samsung dengan memanfaatkan inovasi teknologi agar tetap seru dan asyik bagi anak. (Suara.com/ Dythia Novianty).

Berita Terkait