Gadget

Beda Sistem, Ditemukan Cara Menjalankan Android di iPhone

Anda kini bisa melihat iPhone yang menjalankan Android.

Agung Pratnyawan

Apple iPhone 7 Plus. (Apple)
Apple iPhone 7 Plus. (Apple)

Hitekno.com - Selama ini iPhone menjalankan sistem operasi iOS yang terkenal tertutup. Namun ini tidak membuat peneliti penasaran apakah bisan menjalankan Android di iPhone.

Tim peneliti di Project Sandcastle berhasil membuat iPhone 7 dan 7 Plus untuk menjalankan sistem operasi Android.

Melalui sebuah video, pengguna bisa melihat iPhone yang menjalankan Android. Anehnya, ini bukan pertama kalinya seseorang memindahkan Android ke iPhone.

Pasalnya, pendiri Proyek Sancastle sudah pernah melakukannya dengan iPhone edisi pertama sekitar 10 tahun yang lalu.

Meksipun ini merupakan penemuan yang mengejutkan, namun sebagaimana dilansir laman The Next Web,  Kamis (5/3/2020) bahwa pihak Apple tidak menyukai hal tersebut.

iOS 13. (Apple)
iOS 13. (Apple)

 

Bahkan, proyek Sandcastle yang dikembangkan oleh anggota tim startup cybersecurity Corellium, tersebut saat ini sedang dituntut oleh Apple.

Meskipun OS Android bisa berjalan di iPhone 7 dan 7 Plus, namun tidak semua fitur bisa bekerja dengan baik. Kabarnya, iPhone yang telah di root tersebut tidak bisa menjalankan audio, seluler, bluetooth, GPU, dan kamera.

Sedangkan untuk mengubah sistem operasi iPhone yang tadinya iOS ke Android, para penelitu dibantu oleh platform virtualisasi iPhone Corellium.

Karena platform itulah, Apple menuntut perusahaan tersebut ke jalur hukum karena dituding melakukan virtualisasi iPhone pada PC untuk menjalankan tes dan menemukan kerentanan keamanan tanpa merusak perangkat.

Itulah klaim peneliti yang disebutkan bisa menjalankan sistem operasi Android di iPhone. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Berita Terkait