Gadget

Samsung Galaxy S8 dan Galaxy Note 8 Tak Menerima Update Android 10

Meski tak mendapatkan Android 10, Samsung menjanjikan ketersediaan beberapa security patch pada kedua perangkat.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi Samsung Galaxy Note 8. (Amazon)
Ilustrasi Samsung Galaxy Note 8. (Amazon)

Hitekno.com - Pengguna Samsung Galaxy S8 dan Galaxy Note 8 sepertinya harus menerima kekecewaan setelah perangkat mereka dipastikan tidak akan mendapatkan update Android 10. Terdapat beberapa spekulasi sebelumnya mengenai apakah Samsung Galaxy S8 dan Galaxy Note 8 akan menerima update Android 10 atau tidak.

Namun setelah adanya konfirmasi langsung dari Samsung, pengguna kedua perangkat itu harus gigit jari.

Menurut laporan dari Sam Mobile, Samsung Galaxy S8 dan Galaxy Note 8 tak akan menerima update Android 10 dan One UI 2.0.

Meskipun banyak pengguna yang akan kecewa, sebenarnya Samsung sudah memberikan beberapa kali update cukup besar pada kedua perangkat itu.

Samsung Galaxy S8 dan Samsung Galaxy Note 8 datang di tahun 2017 dengan membawa Android 7.0 atau sering disebut Android Nougat.

Samsung Galaxy S8. (Samsung)
Samsung Galaxy S8. (Samsung)

 

Perangkat sudah mendapatkan dua update cukup besar yaitu peningkatan Android 8.0 (Oreo) hingga Android 9.0 (Pie).

Dikutip dari Slash Gear, pengumuman ini kemungkinan membuat penggemar yang menggunakan kedua perangkat di atas kecewa karena mereka pasti berharap smartphone flagship bisa mencicipi Android terbaru.

Meski begitu, Samsung menjanjikan ketersediaan beberapa security patch dalam beberapa update mendatang untuk Samsung Galaxy S8 dan Galaxy Note 8.

Pada informasi terbaru, Samsung memang bersiap meluncurkan update Android 10 ke lebih dari 30 perangkatnya di kelas entry-level hingga flagship.

Namun hanya beberapa smartphone flagship keluaran tahun 2018 hingga 2020 saja yang mendapatkan Android 10.

Smartphone Samsung dengan Android 10. (HiTekno.com)
Ilustrasi smartphone Samsung dengan Android 10. (HiTekno.com)

 

Beberapa smartphone flagship itu adalah Samsung Galaxy S10, Galaxy S10 5G, Galaxy S10+, Galaxy S10e, Galaxy Note 10, Galaxy Fold, Galaxy S9, Galaxy S9+, dan Galaxy Note 9.

Versi Android 10 Samsung akan jauh berbeda dari versi Google yang dirilis pada perangkat Pixel karena menggunakan One UI 2.0.

Update Android 10 pada lebih dari 30 perangkat Samsung sudah mulai bergulir pada bulan Februari.

Sebagian smartphone akan mendapatkan update Android 10 secara terpisah di bulan Maret dan April 2020.

Bagi pengguna Samsung Galaxy S8 dan Galaxy Note 8, mereka dipastikan tidak dapat mencicipi "euforia" update Android 10 di atas.

Berita Terkait