Gadget

Oppo Find X2 Dipastikan Pakai Layar 120 Hz, Ini Fungsinya

Dikonfirmasi resmi Oppo Find X2 akan pakai layar canggih ini.

Agung Pratnyawan

Teaser Oppo Find X2. (Weibo)
Teaser Oppo Find X2. (Weibo)

Hitekno.com - Oppo Find X2 dikonfirmasi memakai layar 120 Hz, refresh rate yang cukup tinggi untuk smartphone baru. Untuk apa pemakaian layar seperti ini?

Smartphone baru ini disebut-sebut akan meluncur dalam waktu dekat ini, dan dikonfirmasi resmi oleh Oppo Indonesia.

Aryo Meidianto A, PR Manager Oppo Indonesia sudah mengonfirmasi bahwa Find X2 akan menggunakan layar tersebut saat akan diluncurkan di Indonesia kelak.

"Wakil Presiden kami, Brian Shen mengatakan bahwa layar menjadi kunci utama dan nilai jual Find X2. Shen mengemukakan Find X2 akan membawa layar 2K dengan resfresh rate 120Hz dan bersanding dengan teknologi pengecasan cepat SuperVOOC 65 watt," kata Aryo di Jakarta, Jumat (31/1/2020).

Lalu, apa kegunaan layar 120Hz pada smartphone Oppo Find X2 ini?

Angka 120Hz sendiri mengambarkan refresh rate. Analis teknologi dari IHS Markit yang memiliki spesialisasi pada teknologi layar, Jerry Kang, mengatakan, angka refresh rate mengacu pada berapa kali layar berkedip dalam waktu satu detik.

Mata manusia mungkin tidak menyadarinya, tetapi layar smartphone pada umumnya berkedip 60 kali per detik.

Logo Oppo. (Oppo)
Logo Oppo. (Oppo)

 

Refresh rate layar Oppo Find 2X diklaim akan membuat gambar lebih halus, terutama saat bermain game dan menikmati video yang butuh frame rate tinggi.

Tetapi tingginya refresh rate selalu menguras baterai lebih cepat. Untuk mengakali masalah ini, Oppo Find X2 mengandalkan peranti lunak ColorOS yang punya manajemen daya lebih bagus.

"Find X2 juga akan membawa pengecasan SuperVOOC 65 watt yang dapat mengisi penuh perangkat dalam waktu 30 menit,” tutup Aryo.

Sebelumnya diwartakan bahwa Oppo Find X2 akan memiliki bebarapa fitur unik seperti layar lengkung, menggunakan sensor kamera Sony terbaru, serta penggunaan prosesor Oppo M1 sebagai penyokong Snapdragon 865 yang menjadi jantung dapur pacu gawai tersebut.

Belum diketahui kapan Oppo Find X2 meluncur dan berapa harganya saat diboyong ke Indonesia. Namun tunggu saja smartphone baru dengan layar 120 Hz ini. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Berita Terkait