Gadget

Wow, Xiaomi MIUI Sudah Tembus 279 Juta Pengguna!

Setelah meraih 279 pengguna MIUI, Xiaomi masih berambisi mengembangkan perangkat yang mendukung IoT.

Dinar Surya Oktarini | Rezza Dwi Rachmanta

Ilustrasi logo Xiaomi. [Shutterstock]
Ilustrasi logo Xiaomi. [Shutterstock]

Hitekno.com - Dibanderol dengan harga terjangkau namun dengan spesifikasi mumpuni membuat smartphone Xiaomi sangat populer di pengguna kelas menengah dan entry-level. Antarmuka khusus pengguna Xiaomi, MIUI telah meningkat cukup pesat di tahun 2019 ini.

Hari ini (19/11/2019) Xiaomi mengumumkan bahwa jumlah pengadopsi MIUI telah meningkat hingga mencapai 279 juta pengguna.

Lebih lanjut, perusahaan mengungkapkan bahwa lebih dari 3 juta pengguna MIUI memiliki lebih dari 5 perangkat yang terhubung dengan IoT (Internet of Things) yang mencakup Smart Cooker, Smart Door Lock, dan lain-lain.

Platform IoT Xiaomi telah terhubung ke sekitar 196 juta peralatan IoT.

Perangkat tersebut terdiri dari banyak produk Xiaomi yang mencakup smart TV, AC, Air Purifiers, Humidifier, sepatu pintar, bahkan hingga motor listrik.

Ilustrasi MIUI 11. (MIUI)
Ilustrasi MIUI 11. (MIUI)

 

Xiaomi juga mengungkapkan bahwa sudah ada lebih dari 49,9 juta pengguna yang memiliki smart speaker dari perusahaan sehingga dapat mengendalikan perangkat pintar lainnya.

Pengumuman ini datang beberapa bulan setelah Xiaomi meluncurkan antarmuka pengguna yang terkustomisasi, MIUI 11.

Antarmuka tersebut berdasarkan sistem operasi Android terbaru sehingga pengguna Xiaomi diharapkan memiliki pengalaman baru pada fitur-fitur anyar yang ditawarkan.

Dilansir dari Gizmochina, beberapa mode baru atau mode peningkatan yang sudah dibenamkan pada MIUI 11 termasuk Ultra Power Saving Mode, Kids Mode, Casting to External Display, Digital Wellbeing hingga Earthquake Alerts.

Fitur Casting to External Display memungkinkan smartphone yang menjalankan MIUI 11 secara nirkabel dapat mengirimkan konten pada layar yang mencakup game, video, dokumen, dan aplikasi lain ke smart TV Xiaomi.

Ilustrasi smartphone Xiaomi dengan MIUI 11. (HiTekno.com)
Ilustrasi smartphone Xiaomi dengan MIUI 11. (HiTekno.com)

 

Bahkan pada MIUI 11 juga sudah disiapkan peringatan gempa pada fitur Earthquake Alerts.

Perangkat yang menjalankan MIUI 11 dapat memberi tahu pemiliknya jika terjadi gempa bumi yang sedang berlangsung atau setelah terjadi gempa.

Terdapat notifikasi pusat bantuan terdekat dan layanan medis yang akan muncul di MIUI 11 setelah gempa jika fitur Earthquake Alerts diaktifkan.

Setelah mencapai 279 juta pengguna, Xiaomi masih berambisi mengembangkan peralatan lain terutama untuk mendukung ekosistem IoT milik perusahaan.

Berita Terkait