Gadget

Qualcomm Snapdragon 865 Punya Performa Tinggi, Lebih dari Snapdragon 855

20 persen lebih kencang dari Snapdragon 855, mantap!

Agung Pratnyawan

Qualcomm Snapdragon. (Qualcomm).
Qualcomm Snapdragon. (Qualcomm).

Hitekno.com - Chipset baru Qualcomm Snapdragon 865 bakal hadir sebagai penerus Snapdragon 855. Dan pastinya bakal memiliki performa yang lebih tinggi.

Qualcomm Snapdragon 865 ini juga memakai konfigurasi octa-core dengan pembagian yang mirip dengan Snapdragon 855 sebelumnya.

Yaitu memakai tiga tingkatan core sesuai dengan kebutuhan. Kabar ini muncul dari akun Weibo Digital chat station.

Disebutkannya kalau chipset ini hadir dengan konfigurasi 1x 2,84 GHz Cortex-A77 + 3x 2,4 GHz Cortex-A77 + 4x 1,8 GHz Cortex-A55.

Selain itu, chipset baru untuk smartphone flagship ini juga dilengkapi dengan GPU Adreno 650 yang berjalan di 578 MHz.

Menurut pembocor di Weibo ini, performa CPU Qualcomm Snapdragon 865 ini meningkat hingga 20 persen dibandingkan Snapdragon 855.

Selain itu, performa GPU chipset ini diklaim meningkat sekitar 17 hingga 20 persen dibandingkan Snapdragon 855.

Bocoran Qualcomm Snapdragon 865. (Weibo)
Bocoran Qualcomm Snapdragon 865. (Weibo)

 

Melihat bocoran chipset smartphone flagship ini, diperkirakan juga lebih tinggi performanya dibandingkan Snapdragon 855 Plus.

Sedangkan menurut GSM Arena, peningkatan performa ini salah satunya ditunjang oleh pemakaian proses fabrikasi 7 nm EUV dari Samsung.

Seperti diketahui, Qualcomm kembali mempercayakan proses produksinya kepada Samsung setelah perusahaan Korea Selatan ini bisa menguasai fabrikasi 7 nm.

Disebutkan pula kalau Qualcomm Snapdragon 865 ini akan hadir dalam varian 4G maupun 5G. Teknologi yang juga telah dikuasai Samsung.

Dipercayai juga kalau chipset baru ini juga telah mendukung pemakaian RAM LPDDR5. Tipe RAM ini juga jadi salah satu kunci performanya.

Ilustrasi chipset Snapdragon. (OnPhones)
Ilustrasi chipset Snapdragon. (OnPhones)

 

Diketahui pula, beberapa brand ternama tengah menyiapkan smartphone baru dengan chipset Qualcomm Qualcomm Snapdragon 865 ini.

Samsung, Xiaomi, dan Sony diketahui telah menyiapkan smartphone flagship mereka dengan chipset baru Qualcomm Snapdragon 865 tersebut.

Berita Terkait