Gadget

Realme Melesat, Langsung Masuk 5 Besar Kalahkan Oppo di Negara Ini

Pengiriman Realme langsung melesat hingga mencapai posisi empat dan berhasil mengalahkan Oppo.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Logo Realme. (Realme)
Logo Realme. (Realme)

Hitekno.com - Rajin dalam menghadirkan smartphone murah kekinian membuat Realme mendapatkan perhatian lebih dari generasi milenial. Setelah masuk dalam 7 besar merek smartphone global (riset Counterpoint), ternyata pengiriman smartphone Realme juga langsung melesat menembus 5 besar di negara ini.

Didirikan pada Mei 2018, perkembangan Realme termasuk sangat mengesankan sebagai "brand baru".

Perusahaan riset IDC baru saja merilis laporan terbaru mengenai pasar smartphone kuartal ketiga 2019 untuk India.

Laporan tersebut mencakup pengiriman sebanyak 46,6 juta unit smartphone pada periode antara Juli hingga September 2019 (Q3).

Pengiriman smartphone meningkat jika dibandingkan dengan kuartal kedua 2019 yang hanya mampu membukukan pengiriman total sebanyak 42,6 juta unit.

Lima produsen smartphone teratas dengan pengiriman unit terbanyak terdiri dari Xiaomi, Samsung, Vivo, Realme, dan Oppo.

Sangat menarik, mantan submerek dari Oppo tersebut justru berhasil mengalahkan perusahaan induk terdahulunya dengan meraih peringkat empat.

Pengiriman smartphone kuartal ketiga 2019 di India. (IDC)
Pengiriman smartphone kuartal ketiga 2019 di India. (IDC)

 

Sebagai referensi, Realme muncul pertama kali di China dengan merek "Oppo Real" di tahun 2010 dan mulai memisahkan diri dari Oppo di tahun 2018 dengan mendirikan perusahaan independen.

Realme membukukan pengiriman sebesar 6,7 unit smartphone sehingga mengalahkan Oppo di bawahnya dengan pengiriman sebesar 5,5 juta unit smartphone di kuartal ketiga 2019.

Performa Realme yang masuk lima besar di India cukup mengesankan karena brand tersebut tergolong masih baru.

Berdasarkan riset terbaru dari Canalys, Realme juga menduduki posisi lima pengiriman smartphone terbanyak kuartal ketiga 2019 di Indonesia.

Pencapaian menakjubkan Realme di India dan Indonesia menunjukkan bahwa perusahaan itu mampu menarik perhatian kelas menengah terutama generasi milenial.

Grafik pengiriman smartphone kuartal ketiga 2019 di India. (IDC)
Grafik pengiriman smartphone kuartal ketiga 2019 di India. (IDC)

 

Dikutip dari Gizmochina, IDC menjelaskan bahwa melesatnya Realme sebagai akibat dari suksesnya beberapa smartphone andalan mereka termasuk Realme C2, Realme 3 series, dan Realme 5 series.

Dalam kategori harga, sebanyak 80 persen dari semua pengiriman smartphone di kuartal ketiga 2019 didominasi oleh smartphone dengan harga kisaran 14 ribu rupee atau Rp 2,7 juta dan harga di bawahnya.

Itulah sebabnya Realme dan Xiaomi berhasil mendominasi di rentang harga tersebut sehingga Realme langsung masuk lima besar serta Xiaomi memimpin di posisi pertama.

Berita Terkait