Gadget

Xiaomi Kalahkan Samsung di Indonesia, Oppo Tetap di Puncak

Bukanya merebut posisi puncak dari Oppo, Samsung malah digusur Xiaomi.

Agung Pratnyawan

Ilustrasi Xiaomi vs Samsung. (HiTekno.com)
Ilustrasi Xiaomi vs Samsung. (HiTekno.com)

Hitekno.com - Perusahaan riset pasar Canalys, pada Kamis (7/11/2019), telah mengeluarkan hasil risetnya mengenai pasar smartphone Indonesia. Yang hasilnya, Oppo masih bertahan dipuncak.

Kabar mengagetkannya, Xiaomi berhasil menggusur Samsung di posisi kedua pasar smartphone Indonesia di kuartal ketiga 2019. 

Merek smartphone asal Korea Selatan ini belum berhasil kembali mengambil singgasana penguasa pasar smartphone Indonesia versi Canalys.

Bukan merebut dari Oppo, Samsung malah disusul oleh Xiaomi. Perusahaan asal China ini nampak bisa memperbaiki posisinya setelah mengalami pertumbuhan kurang mengenakkan pada kuartal sebelumnya.

Oppo masih kokoh di puncak daftar penguasa pasar smartphone Indonesia, dengan pangsa pasar 23 persen, naik 47 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Xiaomi di peringkat dua, demikian menurut Canalys, menguasai 22 persen pasar smartphone Indonesia.

Sementara Samsung, meski pengiriman smartphonenya naik 16 persen di kuartal ketiga ini, turun ke peringkat ketika dengan pasar sebesar 21 persen.

Hasil riset Canalys mengenai pasar smartphone Indonesia kuartal ketiga 2019. (Canalys)
Hasil riset Canalys mengenai pasar smartphone Indonesia kuartal ketiga 2019. (Canalys)

 

Penurunan pangsa pasar Samsung di Indonesia ini cukup signifikan, karena pada periode yang sama 2018 produsen smartphone terbesar di dunia ini masih berada di urutan pertama dengan pasar sebesar 23,6 persen.

Dari semua vendor, Vivo menjadi merek yang mengalami pertumbuhan secara signifikan karena mencapai 74 persen. Hasilnya, market share smartphone ini melambung ke angka 17 persen.

Sedangkan posisi lima besar ditutup oleh Realme. Meski baru berjualan di Indonesia pada Oktober tahun lalu, merek smartphone yang melekat dengan sosok Iqbaal Ramadhan ini ini sudah punya market share 11 persen.

Itulah hasil riset Canalys, siapa saja yang menguasai pasar smartphone Indonesia. Oppo bertahan dipuncak, Xiaomi menggusur Samsung. (Suara.com/ Tivan Rahmat).

Berita Terkait