Gadget

TCL Pamer Smartphone Lipat Ganda, Lebih Unik Dari Samsung Galaxy Fold

Beda juga dari smartphone lipat Xiaomi dan Huawei.

Agung Pratnyawan

Smartphone Lipat TCL. (CNet/ Tyler Lizenby)
Smartphone Lipat TCL. (CNet/ Tyler Lizenby)

Hitekno.com - Jika mendengar merek TCL, pasti yang terpikirkan adalah televisi. Namun ternyata merek China ini punya smartphone yang cukup unik.

Bukan sekadar smartphone, melainkan smartphone lipat. Meski baru prototipe, namun smartphone lipat TCL ini lebih menarik dari Samsung Galaxy Fold.

Karena konsep smartphone TCL ini mengusung lipat ganda, alias ada dua lipatan di layarnya. Bukan seperti Samsung Galaxy Fold yang cuma satu lipatan.

Begitu juga smartphone lipat yang sudah resmi dikenalkan, Huawei Mate X juga cuma satu lipatan. Namun beda dengan dua lipatan dari smartphone lipat Xiaomi.

Smartphone lipat memang sedang ramai dikembangkan. beberapa pabrikan seperti Xiaomi dan Huawei sudah mengenalkan produknya.

Bahkan Samsung sudah memasarkan Samsung Galaxy Fold. Namun Royole FlexPai menjadi yang pertama menghadirkan resmi smartphone lipat.

Lalu kini hadir TCL dengan prototipe yang berbentuk unik ini. Bentuk smartphone yang belum ada dari beberapa merek di atas.

Smartphone lipat TCL. (CNet/ Tyler Lizenby)
Smartphone lipat TCL. (CNet/ Tyler Lizenby)

 

Bentuk smartphone TCL ini melipat seperti huruf Z, atau membentuk zig-zag. Bentuk ini terpicta dari dua tipe lipatan yang digunakan.

Seperti dikutip dari CNet, TCL menggunakan dua tipe engsel dalam lipatannya yang dinamakan Dragon Hinge dan Butterfly Hinge.

Dragon Hinge ini mirip seperti engsel pada Samsung Galaxy Fold, yaitu engsel yang memungkinkan membuka seperti sebuah buku.

Sedangkan Butterfly Hinge berputar sebaliknya. Dengan dua engsel lipatan ini. Ukuran penuh layar smartphone TCL ini sebesar 10 inci.

Smartphone lipat TCL. (CNet/ Tyler Lizenby)
Smartphone lipat TCL. (CNet/ Tyler Lizenby)

 

Prototipe smartpone ini dilengkapi dengan empat kamera, juga disematkan port USB type-c, dan masih memiliki port audio 3,5 mm.

Sayangnya belum diketahui kapan smartphone lipat TCL akan diproduksi massal dan berapa harganya. Apakah kamu penasaran dengan smartphone TCL ini?

Berita Terkait