Gadget

Sebesar Butiran Pasir, Ini Kamera Terkecil di Dunia

Kamera ini jelas digunakan bukan untuk fotografi liburan, melainkan untuk penggunaan medis.

Dinar Surya Oktarini

OV6948 OmniVision. (OmniVision)
OV6948 OmniVision. (OmniVision)

Hitekno.com - Kamera biasanya datang dalam bentuk dan ukuran yang besar, sementara bagian terkecilnya biasanya tertanam di smartphone kita.

Namun tahukah kamu ada kamera terkecil di dunia yang digunakan untuk kepentingan medis. Kamera tersebut adalah OV6948 OmniVision.

Dilansir dari laman Ubergizmo, kamera ini dibuat khusus istimewa dan secara teknis luar biasa, namun uniknya ukuran kamera ini yaitu hanya sebesar butiran pasir.

Kamera OV6948 OmniVision berukuran 0,575 x 0,575 x 0,232mm dan mampu menghasilkan gambar berwarna 40.000 piksel dengan chip RGB-back-side-iluminated RGB Bayer.

OV6948 OmniVision juga menjadi pemenang Guinness World Record untuk "Sensor Gambar Terkecil Yang Tersedia Secara Komersial''

OV6948 OmniVision. (OmniVision)
OV6948 OmniVision. (OmniVision)

 

Kamera OV6948 memiliki format optik 1/36-inci dan array gambar yang mampu menangkap video resolusi 200 x 200 hingga 30 frame per detik (fps).

Untuk kegunaanya, tentu saja kamera ini jelas digunakan bukan untuk fotografi liburan, melainkan untuk penggunaan medis.

Ukurannya yang kecil digunakan untuk dipasang di alat bedah yang dapat dimasukkan ke dalam tubuh untuk operasi.

Sebelumnya, operasi tertentu akan membutuhkan ahli bedah untuk pergi dalam keadaan buta dan tergantung pada yang telah mereka pelajari dan pengalaman pribadi.

Namun dengan bantuan kamera, ahli bedah akan dapat melihat apa yang mereka akan lakukan.

Ukuran kamera dan konsumsi daya rendah yang akan membantu menghasilkan lebih sedikit rasa panas.

Hal ini juga berarti kamera kecil tersebut mempengaruhi ketidaknyamanan pasien lebih rendah dan memungkinkan ahli bedah mengambil waktu merawat pasien.

Berita Terkait