Gadget

Lolos Sertifikasi TKDN, Realme X2 Pro Siap Meluncur di Indonesia

Realme X2 Pro diharapkan akan menjadi smartphone flagship dengan harga miring di Indonesia.

Agung Pratnyawan | Rezza Dwi Rachmanta

Teaser terbaru Realme X2 Pro mengungkap desain bagian belakang. (Weibo)
Teaser terbaru Realme X2 Pro mengungkap desain bagian belakang. (Weibo)

Hitekno.com - Kabar gembira bagi pendamba smartphone berspesifikasi tinggi dengan harga miring di Indonesia. Bagaimana tidak, smartphone flagship anyar, Realme X2 Pro siap meluncur ke sini dan sudah lolos sertifikasi TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri).

Kabar di atas menyeruak setelah sebuah smartphone misterius Realme menampakkan diri di situs Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin).

Dalam kolom sertifikat TKDN, sebuah smartphone misterius Realme telah mengantongi nilai TKDN 31,15 persen sehingga siap dipasarkan di Indonesia.

Detail sertifikat tersebut diberikan kepada PT. Selalu Bahagia Bersama yang diketahui memegang dua merek smartphone di Indonesia yaitu Oppo dan Realme.

Merek dan tipe yang disebutkan di dalam daftar sertifikat TKDN adalah "realme RMX1931".

Smartphone yang diduga kuat merupakan Realme X2 Pro mengantongi sertifikat TKDN. (Kemenperin)
Smartphone yang diduga kuat merupakan Realme X2 Pro mengantongi sertifikat TKDN. (Kemenperin)

 

Setelah ditelusuri oleh tim HiTekno.com, kode "realme RMX1931" merupakan kode sama yang ada pada Realme X2 Pro.

Sebelumnya, kode tersebut (realme RMX1931) telah ada di TENAA (situs sertifikasi China), Bluetooth SIG, serta benchmark Geekbench dan merupakan kode dari Realme X2 Pro.

Gerak Realme dalam memasarkan smartphone flagship di Indonesia terbilang sangat cepat dan tentunya bisa memuaskan penggemar.

Seperti yang telah diketahui, Realme X2 Pro telah meluncur lebih dulu di China pada 15 Oktober 2019.

Sementara di Indonesia, sertifikat TKDN telah keluar pada 16 Oktober 2019.

Realme X2 Pro. (Realme China)
Realme X2 Pro. (Realme China)

 

Biasanya beberapa smartphone "populer" lainnya membutuhkan waktu dua minggu, sebulan atau bahkan 3 bulan dalam memasukkan produknya di TKDN setelah smartphone diluncurkan di India atau China.

Saat peluncuran di China, Realme mengklaim bahwa Realme X2 Pro adalah flagship yang dibanderol "cukup murah" jika dibandingkan flagship lainnya dengan spesifikasi yang mirip.

Beberapa spesifikasi Realme X2 Pro termasuk layar Super AMOLED 6,5 inci (refresh rate 90 Hz), chipset Snapdragon 855 Plus, RAM hingga 12 GB, memori internal hingga 256 GB, dan baterai berkapasitas 4.000 mAh (fast charging 50 W).

Realme X2 Pro. (Realme China)
Realme X2 Pro. (Realme China)

 

Smartphone dibekali 4 kamera belakang dengan konfigurasi 64 MP + 13 MP + 8 MP + 2 MP dan kamera depan sebesar 16 MP.

Di China, Realme X2 Pro varian memori terendah (6GB/64GB) dibanderol dengan harga 2.599 yuan atau Rp 5,2 juta dan varian tertingginya (12GB/256GB) dibanderol dengan harga 3.199 yuan atau Rp 6,4 juta.

Melihat harga dan spesifikasi Realme X2 Pro, smartphone flagship tersebut sangat menarik untuk dinantikan dan diprediksi bisa "merusak harga" di kelas premium.

Berita Terkait